fbpx
GameFever ID
Tips and Tricks

[Genshin Impact] Tips Maksimalkan Serangan Lewat Elemen

Sama seperti game RPG pada biasanya, di Genshin Impact juga mengusung sistem elemental di mekenik serangan. Sistem elemen di Genshin Impact ternyata menjadi sangat penting karena sangat bermanfaat ketika kita ingin mengalahkan monster atau musuh. Oleh karena itu, GameFever ID ingin membahas sistem elemen di Genshin Impact dan memberikan tips untuk memaksimalkan serangan atau damage lewat sistem elemen.

7 Elemen di Genshin Impact

Kiri ke kanan: Pyro – Hydro – Ameno – Electro – Dendro – Cyro – Geo

Di Genshin Impact, ada 7 jenis elemen yang bisa kalian temui. Ketujuh elemen tersebut adalah Pyro (Fire), Hydro (Water), Anemo (Wind), Electro (Lightning), Dendro (Grass), Cryo (Ice), and Geo (Rock). Sistem elemen adalah aspek terpenting dalam Genshin Impact dan setidaknya kalian punya pemahaman dasar agar serangan yang dihasilkan bisa lebih efektif.

Di dalam permainan ada dua jenis serangan. Pertama serangan fisik yang ditandai dengan angka berwarna putih dan serangan elemen yang ditandai dengan warna masing-masing tipe. Musuh pun dibagi menjadi dua jenis, typeless dan element type. Untuk melihat tipe elemen di musuh, kalian bisa lihat simbol elemen di atas kepalanya. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan fitur Element Sight dengan menekan dan tahan scroll mouse di PC atau ketuk ikon di mobile.

Kombinasikan Elemen Agar Tercipta Interaksi

Sumber: genshin-impact.fandom.com

Inilah kenapa sistem elemen di Genshin Impact sangat penting dan harus dipahami oleh para pemainnya. Dengan penggabungan elemen kalian bisa memberikan damage tambahan ke musuh setelah terciptanya interaksi elemen yang tercipta.

Misalnya bila kalian menyerang musuh typless dengan elemen Dendro dan kemudian menyerangnya lagi dengan Pyro, akan tercipta interaksi elemen bernama Burning. Saat mendapatkan interaksi elemen Burning, musuh akan mendapatkan damage tambahan dan ini sangat membantu sekali.

Hal ini juga berlaku saat kalian menyerang musuh dengan elemen tertentu. Misal kalian menyerang musuh dengan elemen Cyro ke musuh bertipe Hydro akan terjadi interaksi elemen Frozen. Musuh akan membeku beberapa saat dan saat itulah musuh tidak akan menyerang kalian.

Baca Juga: [Genshin Impact] Elemental Mastery dan Tips Meningkatkannya

Interaksi Elemen dan Efeknya

Setelah membahas dasar-dasar elemen, kami akan memberikan kesimpulan tentang kemungkinan interaksi elemen yang terjadi dan efeknya:

Burning: Dendro + Pyro

Efek: Menimbulkan efek DoT Pyro DoT selama beberapa detik. Ini jauh lebih kuat daripada efek DoT Pyro normal.

Burning menimbulkan debuff Damage-over-Time yang konstan pada musuh yang hanya dapat dipadamkan dengan masuk ke sumber air atau dengan elemen es. Efek dari Burning juga bisa terjadi di objek kayu seperti perisai dan tongkat musuh yang terbakar.

Burning juga memiliki kegunaan penting dalam eksplorasi. Saat membakar rumput di peta akan menghasilkan arus anging ke atas sehingga karakter dapat terbang untuk mencapai ketinggian tertentu.

Frozen: Hydro + Cryo

Efek: Membekukan target, tidak bisa bergerak / bertindak dalam beberapa detik.

Frozen akan mengakibatkan musuh tidak dapat melakukan interaksi apa pun. Musuh yang beku akan rentan terhadap semua serangan dan akan tetap membeku untuk waktu yang singkat sebelum mereka kembali normal. Frozen dapat diterapkan berulang kali tanpa cooldown yang berarti memungkinkan untuk mengunci satu musuh dalam waktu yang lama.

Pemain yang terkena Frozen dapat berulang kali mengetuk tombol gerakan untuk mencairkan diri lebih cepat. Perlu diingat bahwa musuh yang beku jangan diserang dengan elemen Pyro karena jelas mereka akan mencair dan dapat menyerang kalian lagi.

Vaporize: Hydro + Pyro

Efek: Menghilangkan kedua efek elemen dan memberikan kerusakan x2 jika Hydro adalah elemen pemicunya atau x1.5 kerusakan jika Pyro adalah elemen pemicunya.

Vaporize digunakan untuk menghilangkan elemen Pyro dari musuh seperti slime api. Vaporize juga menyebabkan kerusakan tambahan pada musuh Hydro tetapi tidak menghilangkan elemen mereka. Musuh yang kehilangan elemen Pyro melalui Vaporize akan meregenerasinya dari waktu ke waktu, karena mereka tidak terkena kerusakan Hydro berikutnya. Vaporize juga akan menghilangkan status Burning, artinya kalian dapat mencari sumber air untuk menghilangkan Burning.

Melt: Cryo + Pyro

Efek: Menghilangkan kedua efek elemen dan memberikan kerusakan x2 jika Pyro adalah elemen pemicunya atau kerusakan x1.5 jika Cryo adalah elemen pemicunya.

Melt akan menghapus status Frozen dari musuh atau pemain. Sebagian besar efeknya mirip dengan yang terjadi saat Vaporize.

Electro-charged: Hydro + Electro

Efek: Menyebabkan (?)% Damage Electro per detik (DoT). Berlangsung 1 detik (DoT berdetak dua kali selama durasi ini).

Musuh yang terkena Electro-charged akan terus-menerus tersentak, mengganggu serangan mereka dan mengatur ulang serangan atau gerakan apa pun. Ini juga terjadi pada karakter pemain, jadi pastikan kalian tidak berdiri di air saat menghadapi musuh Electro di sekitar. Musuh yang terkena Electro-charged juga akan mentransfer efek status ini ke musuh yang di sekitarnya.

Overload: Pyro + Electro

Efek: Menyebabkan damage AoE elemen kerusakan Pyro.

Musuh yang Overload akan meledak dan terbang ke udara jika ukuran mereka kecil. Ledakan yang terjadi juga bisa memberikan damage ke musuh di sekitarnya. Kami sendiri belum pernah melihat interaksi ini pada karakter pemain.

Superconduct: Cryo + Electro

Efek: Menimbulkan damage AoE elemen Cyro dan mengurangi physical defense target sebesar 50% * selama 8 detik (* belum terkonfirmasi).

Efek yang ditimbulkan dari Superconduct sama seperti Overload. Ledakan di sini tampaknya dapat memicu Superconduct di musuh terdekat juga.

Swirl: Anemo + Hydro/Pyro/Cryo/Electro

Efek: Menyebarkan efek elemen yang digunakan untuk Swirl.

Swirl tidak memberikan efek tambahan apa pun namun memberikan bonus damage yang sangat besar pada musuh target. Hal ini membuat Anemo menjadi jenis elemen yang cukup bagus karena tidak mengganggu atau menangkal interaksi elemen lain yang mungkin terjadi.

***

Itulah sedikit pembahasan mengenai sistem elemen serta interaksi elemen di Genshin Impact. Maksimalkan serangan kalian dengan interaksi elemen yang terjadi. Jadi, kalian tidak hanya terpaku dengan karaktek atau equipment bagus untuk mendapatkan damage yang besar saat melawan musuh.

Related posts

Gelaran MSC 2021 Ditonton Hingga 2,2 Juta Penonton Bersamaan

Roni Istianto

5 Fakta Menarik Battlefield 2042 yang Wajib Kalian Ketahui

Roni Istianto

Jujutsu Kaisen akan Segera Diadaptasi Jadi Game Mobile

Roni Istianto

Leave a Comment