fbpx
GameFever ID
Tips and Tricks

(Guide) – Segala Sesuatu Tentang EV di Pokemon Sword dan Shield

EV atau Effort Value merupakan nilai usaha sebuah Pokemon di dalam permainan. Angka ini menentukan jumlah status yang meningkat saat sebuah Pokemon naik level. Ada cukup banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk menaikan EV Pokemon.

Setiap Pokemon memiliki EV maksimal sebanyak 510 poin yang bisa dibagi ke setiap status. Satu status hanya bisa menampung 252 EV poin. Setiap 4 EV poin sama dengan 1 poin status. Berati bila satu status yang menampung 252 EV poin, status tersebut bisa bertambah sebanyak 63 poin statu saat Pokemon tersebut mencapai level 100.

Sebagai contoh Solrock dengan EV 252 di status Sp.Def akan mendapatkan 63 point lebih banyak di stat Sp.Def saat mencapai level 100.

Untuk kepentingan kompetitif, kebanyakan trainer biasanya hanya meningkatkan 2 jenis EV ke satu pokemon. Sisa EV akan didistribusikan ke status ketiga untuk peningkatan yang minim. Pokemon dengan fokus EV yang sesuai bisa menyerang dengan lebih kuat, bergerak lebih cepat dan bertahan lebih lama di arena pertarungan.

Cara mengecek EV pokemon

Untuk melihat seberapa besar EV yang sudah dikumpulkan oleh Pokemon kalian, berikut adalah langkah – langkahnya:

  1. Tekan X untuk membuka menu
  2. Pilih Pokemon
  3. Pilih Check Summary
  4. Pilih layar Status
  5. Tekan X
  6. Lihat bagian status berwarna abu-abu.

Melatih EV dengan Cara Manual

Cara ini bisa dibilang punya proses paling lama, tapi tidak membutuhkan uang. Pemain cukup mengalahkan Pokemon tertentu untuk mendapatkan EV. Berikut daftar Pokemon dengan EV tiap status.

EV yang diperolehPokemonLokasi
HP + 1SkowvetRoute 1
HP + 2WobbuffetRoute 5
ATTACK + 1ChewtleRoute 2, Lakeside
ATTACK + 2Bewear, MachokeAxew’s Eye, Wild Area
DEFENSE + 1RolycolyGalar Mine 1
SP.ATK + 1 Gastly Watchtower Ruin, Wild Area(Foggy)
SP.DEF + 1 Nikkit Route 1
SPEED + 1 Rookidee Route 1
SPEED + 2 Ninjask Stony Field, Wild Area (Normal, Rain)

Menaikan EV dengan Vitamin

Vitamin adalah cara paling cepat untuk menaikan EV. Akan tetapi kalian membutuhkan uang untuk melakukannya. Pokemon Center di kota Wyndon, pegawai toko kedua akan menjual Vitamin yang bisa kalian pakai untuk meningkatkan EV Pokemon. Masing-masing Vitamin dijual dengan harga 10.000 Pokemon Dollars.

VitaminEV
HP UpHP+10
Protein Attack +10
IronIron+10
CalciumSp.Attack+10
Zinc Sp.Defence+10
CarbosSpeed+10

Menggunakan Wings

Item bisa kalian dapatkan di jembatan yang memisahkan Route 5 dengan Hulbury, Motostoke dengan Motostoke Outskirts. Wings akan terlihat berkilau dilantai yang bisa kalian pungut. Semua Wings hanya memberikan 1 EV poin saja.

WingsEV
Health WingsHP+1
Muscle WingsAttack+1
Swift WingsDefense+1
Clever WingsSp.Attack+1
Genius WingsSp.Defense+1
Resist WingsSpeed+1

Menenal Pokerus

Pokerus atau Pokemon Virus adalah salah satu fitur paling langka di seri ini. Virus hanya menjangkit Pokemon liar dan hanya bisa ditemui di alam liar. Tapi berkat fitur Y-Comm dan Trading di Pokemon Sword dan Shield, virus ini bisa menyebar dengan lebih baik.

Pokerus sangat berguna dalam proses menaikan EV. Virus akan melipatgandakan jumlah EV yang kalian dapatkan dari semua sumber, kecuali Vitamin dan Wings.

Lewat Power Item

Power Item bisa digenggam oleh Pokemon yang bisa meningkatkan jumlah EV yang mereka dapatkan setelah pertarungan dan juga seminar. Setelah dipakai, semua EV yang didapat akan ditambah 8 poin. Hanya Pokemon yang memakai Power Item dan memenangkan pertarungan tersebut yang mendapatkan EV. Pokemon lain dalam Party tidak akan mendapatkan EV atau efek dari Power Item.

Power Item bisa kalian beli menggunakan BP di NPC yang berada di dalam Pokemon Center Hammerlocke.

Power ItemEV+8
Power weighHP
Power BracerAttack
Power BeltDefense
Power LensSp.Attack
Power BandSp. Defense
Power AnkletSpeed

Poke Jobs – Hammerlocke University Seminars

Mendaftarkan Pokemon ke sebuah seminar di PokeJobs adalah cara paling murah dan paling mudah untuk meningkatkan EV dan termasuk yang paling lama. Untungnya kalian bisa langsung memasukan 10 Pokemon langsung ke dalam 1 seminar. Kalian akan langsung membuka akses fitur ini setelah berhasil mendapatkan Badge ke-4.

Berbeda dengan PokeJobs lain, saat memilih sebuah Poke Seminar kalian tidak hanya memilih Pokemon apa saja yang akan didaftarkan, tapi juga berapa lama Pokemon tersebut akan mengikuti seminarnya. Semakin lama durasi seminar yang diikuti, semakin tinggi EV yang didapatkan.

Keterangan DurasiDurasiEV yang DidapatDengan Power Item
A Little While1 Jam412
Very Short2 Jam824
Short3 Jam1236
Long4 Jam1648
Very Long8 Jam3296
Half Day12 Jam48144
Whole Day24 Jam96252

Cara Reset EV

Setiap Pokemon yang menyelesaikan sebuah pertarungan pasti akan mendapatkan EV. Hal ini akan menjadi buruk saat Pokemon kalian mulai mengumpulkan EV yang malah merusak potensi Pokemon tersebut. Solusi untuk ini adalah dengan memberikan Pokemon tersebut Berry.

BerryEV
Pomeg-10 HP
Keplsy-10 Attack
Qualot-10 Defense
Hondew-10 Sp. Atk
Grepa-10 Sp.Def
Tamato-10 Speed

Itulah semua cara yang bisa lakukan untuk meningkatkan EV Pokemon kalian. Untuk kalian berjiwa kompetitif dan ingin mencoba bertanding di arena Galar, kalian bisa langsung mencoba tips-tips di atas.

Related posts

Mengenal Kartu Tag Team di Pokémon TCG

MongJi

Pokemon TCG Ekspansi Tag Team Sudah Meluncur di Indonesia!

MongJi

(Tips) Menangkap Deep-sea Creature – Animal Crossing: New Horizons

MongJi