fbpx
GameFever ID
Tips and Tricks

Cara Memainkan Game-Game PS2 Lewat PC atau Laptop

Download PCSX2 Gratis Indonesia

Game-game konsol PlayStation 2 banyak sekali yang populer pada masa jayanya di awal 2000-an. Banyak gamer rela berjam-jam berada di rental PS untuk memainkan game kesayanganya. Sayangnya kini banyak rental PS yang tidak lagi menyediakan PS2 dan lebih memilih konsol PS3 maupun PS4. Alasannya adalah PS2 dirasa sudah ketinggalan jaman dan mempunyai grafis yang kurang bagus. Padahal banyak juga gamer yang ingin bernostalgia memainkan game PS2 kesayangannya dahulu. Dengan kecangihan teknologi, sebetulnya para pemain saat ini sudah bisa memainkan game PS2 lewat PC atau laptop mereka menggunakan emulator.

Berikut ini cara memainkan game PS2 melalui PC atau laptop mereka menggunakan emulator:

Download Emulator PCSX2

Salah satu emulator yang digunakan untuk memainkan game PS2 lewat PC adalah PCSX2. Kalian dapat men-download emulator ini di website PCSX2. Setelah di-download, aplikasi ini tentunya harus di-instal terlebih dahulu. Emulator PCSX2 tidak mempunyai ukuran yang besar, yaitu hanya sekitar 10MB saja. Spesifikasi PC yang dibutuhkan juga cukup dengan processor Intel pentium 4 / AMD Athlon 64 dengan RAM serta penyimpanan 2 GB pemain sudah dapat menggunakan PCSX2.

Tutorial menggunakan PCSX2
  • Install PCSX2-setup.exe
  • Pilih normal instalation lalu klik next
  • Klik next sesuai petunjung deflaut instalasi dan klik install
  • Setelah selesai klik finish instalation dan jalankan PCSX2
  • Selanjutnya kita dihadapkan dalam menu knofigurasi penggunaan PCSX2
  • Setelah memilih bahasa yang diinginkan lalu klik next
  • Pada menu konfigurasi pertama kali pada menu GS pemain dapat memilih GSdx32-SSE4 atau GS deflaut
  • Letakan bios (informasi mengenai bios ada di tahap selanjutnya) pada folder dokuments\PCSX2\bios lalu klik akhiri dan restart emulator PCSX2
  • Selanjutnya pemain dapat mengatur konfigurasi grafik dan kontroler pada menu konfigurasi sebelum memainkan game
  • Untuk memulai memainkan game pemain dapat memilih menu system > Boot ISO (full) > pilih game yang ingin dimainkan (file .iso) lalu klik open
  • Selamat memainkan game Play Station 2 kesukaan kalian

Download BIOS PS 2

Bios PS2 dapat dikatakan sebagai mesin untuk mejalankan game-game yang akan kita mainkan di emulator nantinya. BIOS PS2 di-download terpisah dan mempunyai beberapa versi tergantung seri PS2 yang ada saat ini. Pemain dapat mencarinya di internet atau download langsung di sini (by tasikgames)

Download Game PS 2

Setelah meng-install PCSX2 dan memuat bios PS2, langkah selanjutnya adalah men-download game PS2 yang ingin dimainkan. Kalian dapat mencari dan men-download game-game PS2 yang ingin dimainkan melalui internet dengan format file .iso. Banyak tempat untuk mencari game-game PS2 seperti di website Romsgames dan Coolrom contohnya.


Itulah tadi cara memainkan game-game PS2 di PC dengan emulator PCSX2. Dengan adanya emulator ini, kalian dapat bernostalgia memainkan game-game kesukaan tanpa harus mencari konsol PS2 yang saat ini sudah mulai langka.

Kalian dapat memainkan game-game seperti Grand Theft Auto – San Andreas, Resident Evil 4, Bully, hingga Downhill Domination dengan duduk manis di depan PC. Game-game PS2 yang ada juga tidak mempunyai ukuran yang besar yaitu mulai dari 100MB hingga 2GB saja.

Penulis sendiri sudah mencoba emulator PCSX2 ini dan berhasil digunakan dan memainkan game-game PS2. Jika kalian mengalami kesulitan atau kendala dalam menggunakan emulator PCSX2 ini bisa bertanya di kolom komentar.

Leave a Comment