fbpx
GameFever ID
Tech

[Review] Redragon G812 Ceres Gamepad – Bisa untuk Smartphone dan PC

Kebanyakan developer game sudah semakin sadar bahwa semua orang pasti punya smartphone. Bila dulunya video game dibuat untuk PC dan konsol aja, sekarang sudah banyak developer beralih ke pasar mobile dan membawa game mereka ke smartphone baik Android maupun iOS.

Enggak mau kalah dengan para developer, produsen penyedia peralatan gaming pun ikut nimbrung ke pasar mobile. Tujuannya tentu untuk mendukung gamer yang lebih banyak bermain game lewat smartphone kesayangan. Salah satunya yang dilakukan oleh Redragon. Perusahaan peralatan gaming tersebut memperkenalkan sebuah gamepad yang bernama Ceres G812.

Penasaran seperti apa gamepad Ceres G812 dari Redragon yang satu ini? Yuk simak review dari GameFever ID ini.

Baca Juga: Battle Grip Ares & Zeus – Penyempurnaan Versi Sebelumnya

Sangat Mudah Dikoneksikan ke Smartphone

Saat di-unboxing, Ceres G812 ini terlihat biasa saja dan isinya pun bisa dibilang standar seperti gamepad pada umumnya. Di dalam kotak kemasan, kalian bisa menemukan 1 unit gamepad Ceres G812, 1 unit kabel USB dan juga buku panduan. Karena bisa digunakan ke smartphone, Ceres G812 juga dilengkapi dengan alat tambahan sebagai tempat untuk meletakan smartphone kalian.

Untuk kabelnya, Ceres G812 dilengkapi dengan USB to micro USB sepanjang 1 meter. Kabel ini bisa kalian untuk mengisi baterai apabila sedang tidak digunakan. Untuk panjang kabelnya sendiri sudah lebih dari cukup untuk mengisi baterai Ceres G812.

Bila digunakan untuk smartphone Android, Ceres G812 ini sangat mudah dikoneksikan. Cukup menyalakan Bluetooth di smartphone kalian, secara otomatis Ceres G812 akan dikenali dan bisa langsung dikoneksikan. Saya pribadi sama sekaili tidak menemukan adanya masalah ketika mengoneksikan Ceres G812 ke smartphone.

Sayangnya, kalian harus menggunakan aplikasi tambahan agar Ceres G812 bisa digunakan untuk bermain game. Saya sendiri menggunakan aplikasi bernama Octopus sebagai keymapper agar Ceres G812 bisa digunakan saat ingin bermain game yang kalian inginkan. Bagi kalian yang ingin menggunakan Ceres G812 ini di PUBG Mobile maupun Call of Duty, sangat disarankan agar menggunakan aplikasi sejenis Octopus yang tidak diblokir oleh kedua game tersebut.

Memudahkan Pemain dengan Smartphone Berlayar Kecil

Selama penggunaan, saya benar-benar merasa seperti membawa konsol saya ke manapun berada. Saya pun bukan gamer yang suka bermain via smartphone. Tetapi ketika menggunakan Ceres G812, saya sangat betah bermain game lama-lama di smartphone. Alasannya karena Ceres G812 mempermudah saya dalam bermain video game di smartphone.

Saya juga sempat mencoba memainkan game-game ramah seperti Brawl Stars dan selama permainan, saya merasa memudahkan untuk menekan tombol yang saya inginkan tanpa takut menekan tombol lainnya. Karena biasanya gamer seperti saya selalu salah menekan tombol yang ada di layar sentuh saat bermain video game.

Tombol-tombol lain seperti volume yang tersedia di Ceres G812 juga mempermudah saya saat ingin mengatur besar suara dari smartphone. Saya tidak harus repot-repot menekan tombol volume yang ada di smartphone saat ingin mengatur besar suara yang dihasilkan dari game.

Bisa Digunakan Juga di PC

Tidak hanya untuk smartphone, Ceres G812 juga bisa digunakan saat kalian bermain game di PC. Layaknya gamepad pada umumnya, Ceres G812 mudah dikenali oleh PC dan juga Steam. Saya pun tidak menemukan masalah saat mengoneksikan Ceres G812 ke PC. Sayangnya, Ceres G812 tidak menyertakan receiver bluetooth di dalam paket penjualan. Sehingga bila PC tidak didukung fitur bluetooth, kalian harus menggunakan kabel untuk menggunakan Ceres G812.

Penggunaan Ceres G812 di PC dengan kabel pun saya rasakan sangat baik dengan kabel bawaan yang ada di paket penjualan. Saat saya mencoba kabel lain, koneksi Ceres G812 ke PC justru sering mati hidup.

Untuk fitur getaran yang dihasilkan, Ceres G812 sudah cukup baik walaupun tidak sebaik controller dari konsol. Menurut saya gamepad ini berhasil menghasilkan sebuah getaran yang cukup presisi di titik seharusnya pemain merasakan getaran. 

Kesimpulan

Gamepad Ceres G812 dari Redragon ini memiliki banyak fungsi. Penggunaan yang sangat mudah, terutama saat mengoneksikannya ke smartphone dan juga PC. Saat digunakan untuk bermain di smartphone, gamepad ini sangat nyaman digunakan. Meskipun kalian membutuhkan aplikasi keymapper tambahan untuk menggunakannya.

Saat digunakan di PC pun kalian harus menggunakan receiver tambahan untuk menggunakan Ceres G812 via bluetooth. Sayangnya, kalian tidak mendapatkan receiver bluetooh di paket penjualan. Fungsi getaran yang dihasilkan juga cukup baik walaupun tidak sebaik yang dimiliki oleh controller milik konsol.

Apakah gamepad Ceres G812 ini jadi rekomendasi yang cocok untuk kalian? Jawabannya antara iya dan tidak. Bagi yang memang ingin mencari gamepad khusus untuk PC, kalian bisa mencari produk lain yang harganya ada di bawah Ceres G812. Tapi kalau kalian juga gamer mobile dan PC, Ceres G812 benar-benar menjadi jawabannya.

Gamepad Ceres G812 dari Redragon ini dibanderol seharga Rp 730.000 dan kalian bisa membelinya di Official Online Store resmi Redragon Indonesia.

Related posts

Steelseries Resmi Umumkan Mouse Rival 5

MongJi

Razer Umumkan Hammerhead True Wireless X

MongJi

Razer Mengumumkan Kursi Gaming Terbaru, Iskur X

MongJi

Leave a Comment