fbpx
GameFever ID
Tech

[Review] NYK Nemesis HS-P18 Banshee – Headset Gaming Murah yang Dukung Surround Sound

NYK Nemesis kembali merilis produk headset gaming terbaru mereka yang bernama HS-P18 Banshee. Bila dilihat sebentar, headset ini terlihat cukup mewah. Lengkap dengan mic dan lampu RGB di kiri dan kanan, memberikan kesan yang ‘premium’. Lalu apa saja fitur yang dtitawarkan oleh HS-P18 Banshee dari NYK Nemesis ini? Apakah kualitasnya setara dengan harga yang ditawarkan?

Simak ulasan kami mengenai NYK Nemesis HS-P18 Banshee berikut ini:

Bantalan empuk dan kabel yang panjang!

HS-P18 Banshee dilengkapi dengan kabel yang lumayan panjang, yaitu 2.2 meter yang menurut saya sangat lebih dari cukup untuk digunakan. Semenjak lebih sering berkerja dari rumah (WFH), saya PC agar lebih banyak digunakan sehari-hari. Panjang kabel HS-P18 Banshee yang lebih dari 2 meter ini benar-benar lebih dari cukup untuk menjangkau PC saya yang berada di bawah meja. Untuk bahan kabelnya sendiri, jujur ini bukan jadi favorit saya. Alasannya karena ukuran bahan kabel dari HS-P18 Banshee terlalu tebal bila dibandingkan dengan headset yang sudah saya review sebelumnya.

HS-P18 Banshee juga sudah menggunakan USB Gold Plated. Jadi bila tertarik untuk beli, pastikan kalian menyediakan satu slot tambahan untuk HS-P18 Banshee di PC. Bila slot USB PC kalian terbatas, kalian juga bisa menggunakan Headset Stand T-10 Luminate dari NYK Nemesis. Selain bisa memberikan slot USB tambahan, kalian bisa menggantukannya di stand headset tersebut.

Untuk earmuff atau bantalan headset, menurut saya inilah yang paling juara dari HS-P18 Banshee. Earmuff terasa sangat empuk dan besar, sehingga memberikan kenyamanan di telinga. Dengan kualitas earmuff yang empuk, HS-P18 Banshee bisa kalian gunakan ketika bermain video game atau mendengarkan musik sambil bekerja dalam waktu yang lama. Penggunaan kulit tipis di bagian headband-nya juga tidak membuat kepala kalian cepat panas. Dan tentunya, bisa kalian atur sedemikian rupa untuk menjaga HS-P18 Banshee agar tetap terjaga di kepala.

Fitur Lengkap tapi Sangat Standar

Untuk fitur sendiri, menurut saya HS-P18 Banshee cukup lengkap. Namun terlalu standar karena beberapa di antaranya dimiliki oleh headset-headset lain seperti Sades Wand yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya. Di HS-P18 Banshee, kalian akan diberikan tombol tambahan untuk mengatur volume, mematikan dan menyalakan mic, tombol untuk menyalakan atau mematikan LED RGB , dan juga tombol berbentuk V untuk mengatur suara bass yang keluar.

Buat pecinta headset yang mengedepankan suara bass, HS-P18 Banshee ini cocok sekali buat kalian. Tetapi, saya memilih untuk tidak menggunakannya karena suara bass yang dihasilkan terdengar mendam (seperti memiliki peredam).

HS-P18 Banshee juga dilengkapi dengan fitur Electronic Noise Cancelling (ENC) yang membuat telinga kalian tidak terganggu dengan suara dari luar. Jadi, telinga kalian akan lebih fokus dengan suara yang dihasilkan oleh HS-P18 Banshee tanpa mendapat gangguan suara dari luar. Sangat pas buat kalian yang sering menggunakan headse gaming untuk mendeteksi lawan saat bermain game FPS misalnya.

Untuk mic, NYK Nemesis memberikan sebuah lampu indikator sebagai penanda bahwa mic menyala atau tidak, Meskipun mic HS-P18 Banshee tidak bisa dicopot, bahannya yang fleksibel membuat kalian lebih mudah mengaturnya. Selain itu, HS-P18 Banshee juga memiliki fitur yang sangat menarik bagi saya. Apa itu? Aplikasi yang dapat mengubah suara kalian.

Aplikasi Pengubah Suara!

Headset gaming HS-P18 Banshee memiliki fitur yang cukup unik dan menarik bagi saya. NYK Nemesis menyediakan sebuah software atau aplikasi untuk menunjang fitur HS-P18 Banshee. Software tersebut menawarkan beragam pengaturan, salah satunya adalah pengubah suara yang dihasilkan. Saat menggunakan fitur tersebut, suara kalian bisa diubah. Mulai dari suara yang nge-bass, cempreng, dan masih banyak lagi. Pokoknya, kalian bisa berkreasi dengan suara kalian menggunakan software yang disediakan NYK Nemesis untuk HS-P18 Banshee.

Lewat software yang dibagikan, kalian juga bisa mencicipi teknologi virtual 7.1 Surround Sound di HS-P18 Banshee. Teknologi ini membantu kalian untuk mendengar sumber suara dari tujuh titik yang berbeda, sehingga kalian akan merasakan pengalaman nyata saat bermain video game lewat suara.

Belum cukup puas dengan kegunaan software penunjang HS-P18 Banshee? Tenang masih ada lagi kok! Software yang diberikan oleh NYK Nemesis ini juga memberikan kemudahan bagi kalian untuk mengatur efek suara yang masuk ke telinga. Jadi, bila merasa belum puas dengan kualitas suara yang keluar secara default, kalian dapat mengaturnya sedemikian rupa lewat software tersebut. Misalnya kalian menginginkan suara yang muncul di kamar tidur atau di lapangan terbuka.

Kesimpulan

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, HS-P18 Banshee memang cukup lengkap sebagai headset gaming. Kenyamanan dari empuknya earmuff membuat HS-P18 Banshee dapat digunakan sehari-hari atau sesi gaming yang sangat panjang. Lampu RGB di kedua sisi juga menambahkan estetika ala gaming gear meski warnanya tidak bisa diubah. Sayangnya meski cukup lengkap, fitur-fitur sebenarnya juga sering saya temui di headset-headset yang harganya masih di range yang sama.

https://www.youtube.com/watch?v=jprLcMBk76s

Hal yang saya suka dari HS-P18 Banshee adalah software penunjang yang diberikan oleh NYK Nemesis. Dengan software ini, kalian dapat “bermain-main” dengan suara yang dihasilkan oleh mic atau mengubah suara yang masuk ke telinga. Sementara itu, virtual 7.1 Surround Sound dan ENC juga membantu kalian untuk fokus saat bermain video game.

Apakah HS-P18 Banshee ini layak untuk dibeli? Jawabannya lagi-lagi tergantung kebutuhan kalian. Kalian bisa menyesuaikan dana yang dipunya. Namun bila berbicara di range harga yang mirip, saya mungkin memilih HS-P18 Banshee karena dilengkapi software pendukung dan fitur virtual 7.1 Surround Sound yang ada.

Headset gaming NYK Nemesis HS-P18 Banshee ini dibanderol dengan harga Rp275.000. Buat yang tertarik, kalian bisa membelinya lewat Official Online Store NYK Nemesis.

Related posts

Steelseries Resmi Umumkan Mouse Rival 5

MongJi

Razer Umumkan Hammerhead True Wireless X

MongJi

Razer Mengumumkan Kursi Gaming Terbaru, Iskur X

MongJi

Leave a Comment