fbpx
GameFever ID
Review

[Review] Dragon Raja – MMORPG Dengan Ragam Fitur Segar

Dalam beberapa bulan terakhir ini, pecinta game mobile kedatangan game-game MMORPG berkualitas super seperti game konsol. Contohnya seperti yang ditawarkan oleh Netmarble lewat Blade & Soul Revolution yang menawarkan tema seni bela diri dengan visual memesona. Kini Dragon Raja pun datang sebagai penantang dari Blade & Soul Revolution. Sama-sama memiliki visual menawan, apa saja yang ditawarkan oleh Dragon Raja?

Dalam artikel review kali ini, GameFever ID ingin sedikit mengulas Dragon Raja yang saat ini sudah tersedia di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Disimak ya!

 

Kualitas Visual Tingkat Tinggi

Kualitas visual yang ditawarkan Dragon Raja tidak perlu diragukan lagi.

Sebelum masuk ke wilayah Asia Tenggara seperti di Indonesia, Dragon Raja memang sudah dikenal sebagai game MMORPG mobile dengan kualitas visual tingkat tinggi. Bahkan tidak sedikit gamer mobile yang mengatakan kualitas grafis yang ditawarkan Dragon Raja nyaris seimbang dengan game-game yang ada di konsol rumahan. Semuanya disajikan dengan baik berkat kemampuan Unreal Engine 4 yang digunakan oleh developer.

Meski menyajikan kualitas visual yang memesona, sayang ada sedikit kekurangan yang kami rasakan. Salah satunya adalah animasi pertarungan yang tidak berimbang dengan kualitas visual yang ditampilkan. Sepanjang permainan, kami merasakan benar kakunya animasi petartarungan di Dragon Raja. Walaupun tidak berpengaruh banyak, tetap saja animasi terasa aneh dan tidak berimbang dengan visualnya.

Untungnya, tim developer melakukan hal yang menurut kami tepat dalam penentuan musik latar belakang. Tiap kondisi permainan atau area didukung oleh musik latar belakang yang berbeda. Misalnya ketika di sebuah area pertarungan, musik akan terdengar dengan tempo tinggi yang mampu membangkitkan gairah bertarung.

 

Tema Futuristik yang Bikin Betah Main

Tema futuristik terlihat dari mount atau tunggangan yang tersedia

Sedikit berbeda dengan Blade & Soul Revolution, Dragon Raja mengusung futuristik sebagai tema utamanya. Perpaduan kualitas visual dengan tema futuristik yang diusung Dragon Raja, bisa membuat pemain betah. Berlatar belakang dunia pasca kiamat,masa depan digambarkan dengan sangat modern. Kalian juga bisa menemukan sentuhan tema cyberpunk yang sangat segar untuk MMORPG mobile. Tema futuristik pasti memberikan pengalaman bermain yang jauh berbeda dengan kebanyakan game MMORPG mobile lainnya. Apalagi, saat ini masih sedikit MMORPG yang mengusung latar masa depan.

Fitur Segar Untuk Pecinta Game MMORPG di Mobile

Di area Funfair kalian biasa menaiki wahana seperti komidi putar.

Menurut kami, tema futuristik yang diusung Dragon Raja justru mampu membawa fitur yang jarang ditemui di game MMORPG mobile. Salah satu fitur yang sangat terasa di Dragon Raja adalah area yang bernama Funfair. Area Funfair ini mirip seperti tempat hiburan yang dipenuhi dengan ragam wahana atau permainan. Serunya lagi, pemain bisa melakukan semacam mini game di area Funfair. Seperti mendapatkan hadiah lewat mesin pencapit (UFO Catcher) atau menaiki wahana yang tersedia seperti bianglala, roller coaster, hingga komidi putar.

Meski tidak masuk dalam cerita utama, area Funfair masih menjadi tempat yang menarik. Sama seperti tempat hiburan lainnya, Funfair bisa menjadi lokasi untuk melepas penat pemain ketika sudah bosan atau lelah menyelesaikan misi.

Pilihan karir yang bisa kalian geluti di Dragon Raja.

Fitur yang menjadi ciri khas lainnya dari Dragon Raja adalah fitur karir. Di dalam permainan, kalian bisa memilih karir yang bisa digeluti. Saat ini ada tiga karir yang bisa kalian geluti, koki, idol, hingga pemilik toko. Kalian dapat memilih satu satu karir yang tersedia dan semuanya didesain dengan banyak progres permainan yang layak untuk dicoba. Misalnya bila memilih karir sebagai koki, kalian nantinya dapat mengumpulkan bahan makanan, menciptakan resep, atau menjual hasil makanan yang telah dibuat.

 

Kustomisasi Seru yang Membuat Permainan Makin Hidup

Mulai dari fisik hingga sifat karakter, kalian bisa tentukan sendiri lewat fitur kustomisasi.

Fitur kustomisasi memang menjadi salah satu aspek utama yang ada di game MMORPG. Namun kustomisasi yang ditawarkan Dragon Raja membuatnya berbeda dengan game MMORPG lainnya yang ada di platform mobile. Ada dua jenis kustomisasi di Dragon Raja, fisik dan juga watak atau sifat karakter.

Kustomasi fisik tentu mempengaruhi penampilan luar sang karakter. Pemain bisa menciptakan karakter sesuai selera dengan mengatur tubuh misalnya warna kulit, tinggi badan, bentuk rambut, mata, mulut dan lainnya. Selain itu, kustomisasi fisik juga meliputi opsi kostum yang bisa digunakan karakter. Pemain juga dapat menentukan warna kostum yang digunakan oleh karakter mereka.

Namun, yang menjadi perhatian kami justru ada di kustomisasi sifat atau watak karakter. Sifat karakter terbentuk bersamaan dengan jalan cerita yang ada. Dalam sebuah dialog atau cerita, pemain akan dihadapkan dengan opsi percakapan yang bisa dipilih sebagai respon. Setiap respon yang kalian pilih dapat menentukan seperti apa sifat karakter kalian. Sejauh ini, kami baru menemukan beberapa sifat yang dapat terbentuk, seperti Conqueror, Hot-blooded, ataupun Romatic.

Untuk pengembangan kekuatan karakter, Dragon Raja masih menganut fitur dari kebanyakan game MMORPG. Kekuatan karakter ditentukan oleh level, jenis senjata, skill, ally, hingga pet yang digunakan. Semua elemen tersebut dihitung sedemikian rupa menjadi rating karakter. Semakin tinggi rating, karakter dianggap semakin kuat.

***

Dragon Raja memang membawa kesegaran bagi pecinta game MMORPG di mobile. Fitur yang ditawarkan Dragon Raja memang terbilang baru dan segar. Ini tentu menjadi hal yang wajib kalian coba dan sayang untuk dilewati begitu saja. Dragon Raja server SEA (Asia Tenggara) sudah resmi diluncurkan dan sudah bisa kalian mainkan. Dragon Raja bisa dimainkan lewat platform Android dan juga iOS.

Menurut kalian yang sudah mencoba memainkan Dragon Raja, bagaimana menurut kalian game ini? Apakah Dragon Raja pantas disandang gelar sebagai game MMORPG mobile terbaik tahun ini? Sampaikan pendapat kalian lewat kolom komentar ya!

Related posts

Netmarble Jadi Pemilik Baru RF Online?

MongJi

[Genshin Impact] Tips Maksimalkan Serangan Lewat Elemen

MongJi

Genshin Impact Resmi Dirilis, Tersedia di PS4, PC, Android dan iOS

MongJi