fbpx
GameFever ID
List

6 Alasan Final Fantasy VII Jadi Game RPG Terbaik di Era PS1

Final Fantasy VII (FFVII) merupakan game RPG yang pernah dirilis Square Soft (sekarang Square Enix) di tahun 1997. Sejak itu, FFVII menjadi salah satu seri Final Fantasy dan game RPG terbaik di era konsol PS1. Kurang dari sebulan lagi, para penggemar Final Fantasy akhirnya bisa bernostalgia sekali lagi lewat versi remake yang siap memberikan pengalaman baru.

Lalu, kenapa sih FFVII disebut-sebut menjadi game RPG terbaik di zaman PS1? Bahkan ketika game ini hadir dalam bentuk remake, orang-orang sangat antusias menyambutnya. Maka dari itu, GameFever ID punya beberapa alasan kenapa FFVII menjadi game RPG di era PS1.

 

Deretan karakter dengan kisah menarik

Karakter utama di Final Fantasy VII

Karakter-karakter yang ada di FFVII memang memiliki kisah yang sangat menarik.Kalian yang pernah memainkan game-nya dulu, di awal permainan mungkin merasa karakter yang hadir sangat klise. Namun seiring waktu, kalian akan menyadari betapa menariknya karakter-karakter tersebut. Mereka memiliki kisah-kisah yang menari, tragis dan menjadikan motivasi mereka pun jadi masuk akal. Peran mereka di FFVII dibangun di atas cerita-cerita tersebut. Potongan-potongan dari masing-masing karakter juga diungkap secara perlahan di sepanjang permainan. Dan di akhir, kalian bisa mengetahui betul setiap karakter yang menjadi anggota party, karakter sekunder hingga musuh yang ada di FFVII.

 

Sistem pertarungan unik dengan Materia

Sistem Materia yang membuat Final Fantasy VII beda dari game RPG lainnya.

Sistem Materia FFVII menambahkan lapisan strategi yang tidak ada di sebagian besar game RPG lainnya. Dengan Materia di setiap senjata karakter, sistem pung terikat baik dari aspek fisik atau pun magic. Berkat sistem Materia, pemain harus berpikir lebih matang untuk meng-upgrade senjata. Bagaimana jika senjata lebih kuat tetapi tidak memiliki slot Materia yang cukup? Bagaimana jika ada banyak slot, tetapi tidak ada yang terhubung? Meskipun butuh beberapa waktu untuk belajar dan menguasainya, sistem Materia menjadi penting. Apalagi pemain juga diharuskan memilih Materia yang tepat untuk dapat mengalahkan boss tertentu.

 

Peta dunia yang besar dan penuh dengan tempat untuk dijelajahi

Peta dunia di Final Fantasy VII tergolong luas dan banyak tempat yang bisa dijelajah

Di awal permainan pemain lebih banyak berada di Midgar, berjalan dari satu distrik ke distrik yang kumuh lainnya. Ketika Cloud dan yang lainnya bebas, pemain akhirnya dapat pergi ke peta dunia yang luas. Selepasnya ke world map, pemain dapat mengunjungi tempa-tempat baru. Selain berjalan kaki, pemain juga dapat menggunakan Chocobo, mobil buggy, Tiny Bronco, dan Highwind yang memberi lebih banyak kebebasan untuk mengeksplorasi.

Baca Juga: 5 Story Boss Tersulit di Final Fantasy VII

Mini Games yang menyenangkan

Salah satu mini game di Gold Saucer.

FFVII juga memiliki variasi mini game yang bisa pemain coba ketika ingin sekedar beristirahat dari permainan yang intensif. Tidak hanya Gold Saucer yang menyediakan mini game beragam, pemain bisa menemukannya di tempat lain. Sebut saja seperti mini game Snowboarding di Icicle Inn, kompetisi squat di gym yang ada di Wall Market, atau game tower defense Fort Condors. Meski tidak semua wajib dimainkan wajib atau sukarela, mini game di FFVII memberikan gameplay yang segar dan tidak membosankan.

 

Soundtrack yang sangat luar biasa

Soundtrack Final Fantasy VII jadi salah satu yang terbaik hingga saat ini.

Buat penggemar Final Fantasy, nama Nobuo Uematsu tentu bukanlah asing. Berkat kejeniusannya, FFVII terasa mengagumkan lewat soundtrack yang diciptakannya. Lagu tema boss yang membuat segala sesuatu seperti kenyataan, diikuti oleh kemeriahan kemenangan yang memuaskan. Atau musik tema Aerith yang menguras air mata hingga musik One Winged Angel yang menggambarkan betapa mengerikannya Sepiroth. Setiap nada yang dimainkan sepanjang permainan membuatnya berbeda dari game lainnya. Bahkan kalian bisa terjebak semala bertahun-tahun.

 

Spoiler!

Game yang bisa membuat pemainnya menangis

Momen “menyakitkan” di Final Fantasy VII

Banyak gamer di luar sana yang mengategorikan FFVII sebagai game tersedih dan kami rasa itu sangat benar. Kematian Aerith di FFVII merupakan salah satu momen yang mengejutkan dalam sejarah video game. Meski dianggap klise, namun tetap saja itu benar-benar tak terduga.Apalagi Aertih merupakan salah satu karakter utama di permainan dan bisa digunakan. Momen di mana Sephiroth menusuk Aerith dengan pedangnya merupakan momen yang tak terlupakan. Belum lagi sentuhan musik tema Aerith yang membuat air mata tak terasa jatuh di pipi. Adegan memilukan di City of the Ancients menggunakan semua elemen lain yang membuat FFVII begitu hebat. Menggabungkannya untuk membuat momen yang benar-benar tak terlupakan yang mungkin membuat banyak dari pemainnya menangis.

***

Bagaimana menurut kalian? Apa yang membuat Final Fantasy VII jadi game RPG terbaik di PS1? Jangan lupa juga Final Fantasy VII Remake bakal dirilis pada 10 April 2020.

Related posts

WWE 2K Battlegrounds Tetapkan Tanggal Rilis Pasti

MongJi

7 Game Multiplayer Offline Terbaik Saat Ini

clauscj

(Tips) Menangkap Deep-sea Creature – Animal Crossing: New Horizons

MongJi