fbpx
GameFever ID
  • Home
  • Review
  • [Review] Pokemon Sword dan Shield – Tidak Seburuk yang Orang Bilang
Review

[Review] Pokemon Sword dan Shield – Tidak Seburuk yang Orang Bilang

Pokemon Sword dan Pokemon Shield (kami menyebutnya Pokemon SWSH di artikel ini) merupakan seri ke-8 dari waralaba game Pokemon buatan Game Freak. Seri ini juga menjadi generasi ke-8 dunia Pokemon yang memasuki tahun ke-13. Perilisan Pokemon SWSH bisa dibilang memecah dua kubu penggemarnya. Sebagian penggemar kecewa yang mengklaim Game Freak menipu karena masalah model yang gunakan. Belum lagi materi konten yang bocor sebelum game-nya rilis juga membuat sebagian penggemarnya. Sedangkan sebagian lagi pasti mendukung kerja keras Game Freak.

Lalu apakah Pokemon SWSH sejelek itu hingga Game Freak mendapat serangan dari para fanboy setianya? Dalam kesempatan kali ini GameFever ID ingin sedikit mengulas Pokemon SWSH. Jadi buat kalian yang masih ragu untuk membelinya, semoga artikel review ini bisa memberikan pertimbangan tambahan.

Selamat datang di Galar!

Galar menjadi taman bermain utama di Pokemon SWSH. Sama seperti bentuk Alolan di Pokemon Sun dan Moon, Pokemon SWSH juga mempunyai Pokemon dengan bentuk Galar. Selain bisa menambah koleksi Pokemon kalian, bentuk Galar ini juga bisa menjadi meta baru untuk pertandingan Pokemon profesional.

Mungkin kalian adalah salah satu penggemar Pokemon yang kecewa karena tidak adanya National Pokedex di Pokemon SWSH. Tetapi sebenarnya bentuk Galar ini bisa mengobati rasa kecewa kalian. Apalagi Game Freak menyisipkan pesan penting ke bentuk Galar ini yang berhubungan dengan perubahan iklim dunia yang ekstrim.

Beberapa Pokemon yang mendapatkan bentuk Galar terselip pesan mengharukan. Sebagai contoh bentuk Galar Corsola yang ada di Pokemon Shield. Dulunya Corsola merupakan Pokemon batu koral yang cantik berwarna pink. Namun dalam bentuk Galar, penampilan Corsola terlihat menyedihkan. Bahkan tipenya berubah dari tipe Rock/Water menjadi tipe Ghost. Dalam Pokedex pun dijelaskan bahwa populasi Corsola terganggu akibat perubahan iklim yang terjadi. Bagi penulis, ini menjadi poin tambah buat Game Freak yang peduli dengan iklim dan disampaikan di karya mereka lewat Pokemon SWSH.

Kembali lagi ke Galar, desain Pokemon SWSH kami rasa juga kami apresiasi dengan baik. Game Freak semakin kreatif dalam membangun dunia Pokemon yang baru. Banyak bangunan-bangunan tinggi dan besar yang bisa ditemukan di Pokemon SWSH. Apalagi ada beberapa bangunan ala cyberpunk yang kami rasa itu sangat keren. Belum lagi Gym yang memakai format ala stadion besar. Dari luar, Gym terlihat sangat besar dan elegan. Penampilan Galar yang dikemas dengan baik lewat tema ala bangunan Inggris. Tentu saja ini bisa meningkatkan gairah kalian untuk menjelajahi tiap sudut wilayah Galar di Pokemon SWSH

Wild Area, rumahnya Pokemon liar

Dalam Pokemon SWSH, Game Freak memperkenalkan mekanisme untuk menemani para trainer berpetualang yaitu Wild Area. Bila kalian mengikuti seri Pokemon sejak lama, Wild Area merupakan hal yang baru. Di Pokemon SWSH, Wild Area merupakan sebuah area open world. Sama seperti game open world kebanyakan, pemain bisa menjelajahi area ini sesuka hati baik dengan berjalan kaki atau dengan sepeda.

Pokemon SWSH masih menyediakan transportasi yang bisa pemain gunakan untuk bepergian di Galar. Sepeda di Pokemon SWSH terbilang cukup unik karena dikombinasikan dengan Rotom, Pokemon yang terkenal dapat berubah bentuk menjadi peralatan rumah tangga. Selain dapat berjalan di darat, Rotom Bike di Pokemon SWSH juga bisa digunakan untuk mengarungi wilayah air. Penampilan karakter kalian ketika mengendarai sepeda juga bisa diganti lewat seragam yang bisa diubah sesuai selera. Rotom Bike juga bisa kalian upgrade untuk meningkatkan kecepatan sehingga pemain semakin mudah mengelilingi area khususnya Wild Area yang sangat luas.

Hal yang menarik dari Wild Area di Pokemon SWSH adalah adanya perubahan kondisi cuaca di sana. Beberapa wilayah di Wild Area mempunyai cuaca yang dapat berubah-ubah yang diatur oleh sistem. Terkadang di satu wilayah sedang hujan deras, badai salju yang sangat dingin, hingga badai pasir yang dapat mengganggu jarak pandang kalian. Kondisi cuaca yang berubah-ubah ini juga mempengaruhi jenis Pokemon yang berdiam di sana.

Wild Area memang menjadi tempatnya Pokemon liar dengan tingkat level yang bervariasi. Pokemon yang berada di Wild Area memang bisa dipengaruhi oleh kondisi cuaca di suatu wilayah di sana. Semakin jauh Wild Area yang kalian jelajah, semakin kuat level Pokemon di sana. Pokemon di Wild Area juga bisa kalian temui tidak hanya di wilayah rumput-rumput seperti game Pokemon sebelumnya. Ada beberapa Pokemon yang bakal muncul di hadapan kalian. Bahkan mereka sangat kuat dengan level yang tinggi pula.

Bagi kami Wild Area merupakan tempat yang baik untuk melatih Pokemon kalian. Pokemon dengan level tinggi akan menghasilkan poin experience yang banyak pula. Semakin banyak experience poin yang didapat, semakin cepat juga Pokemon di Party kalian naik level. Apalagi di Pokemon SWSH, item Exp. Share sudah menjadi permanen. Jadi tiap Pokemon di dalam Party akan mendapatkan experience poin meski tidak dipakai untuk bertarung.

Raid Battle yang masih belum maksimal

Selain menjadi rumah Pokemon liar, di Wild Area kalian juga bisa menjumpai Raid Battle. Di Pokemon SWSH, Game Freak memang memasukan mode cooperative bernama Raid Battle. Sama seperti di Pokemon GO, Raid Battle di Pokemon SWSH juga memungkinkan untuk mengalahkan Pokemon bersama dengan pemain lainnya lalu kemudian menangkapnya. Setiap Raid Battle di Pokemon SWSH hanya bisa diisi oleh empat pemain termasuk kalian. Tentu saja fitur ini membutuhkan layanan Nintendo Switch Online untuk dapat berpartisipasi.

Kalian bisa menjumpai Raid Battle di Wild Area yang ditandai oleh batu berbentuk bunga yang memancarkan cahaya merah ke atas langit. Tiap Raid Battle berisikan Pokemon acak yang sudah diatur oleh sistem. Ada hadiah menarik bila kalian berhasil mengalahkan Pokemon di Raid Battle selain kesempatan untuk mendapatkan Pokemon tersebut. Selain item yang dapat digunakan, kalian juga akan mendapatkan Watts selesai melakukan raid.

Watts di Pokemon SWSH merupakan mata uang lainnya selain Pokemon Dollar. Watts bisa kalian gunakan untuk membeli barang atau meng-upgrade Rotom Bike. Kalian juga bisa mendapatkan Watts dari batu Raid Battle yang berwarna merah tanpa memancarkan cahaya ke atas.

Sayang menurut kami Raid Battle di Pokemon SWSH masih kurang maksimal. Bukan kontennya, melainkan sistem yang digunakan untuk merekrut pemain lainnya. Di Raid Battle kalian memang bisa merekrut pemain lain lewat fitur bernama Y-Comm. Kami tidak mengira bahwa notifikasi Y-Comm tidak akurat. Beberapa kali kami menemukan undangan Raid Battle dari pemain lainnya yang ternyata sudah kadaluarsa. Mungkin ke depannya, Game Freak bisa sedikit mengutak-atik Y-Comm agar pemain bisa menikmati Raid Battle lebih menyenangkan lagi.

Sensasi Dynamax dan Gigantamax yang kurang greget

Pertama kali diperkenalkan, kami memang belum yakin dengan kedua fitur ini. Dalam cerita Pokemon SWSH, Dynamax dan Gigantamax merupakan sebuah fenomena aneh yang mengubah Pokemon menjadi berukuran besar. Hadirnya keduanya justru menghapus fitur Mega Evolution dan juga Z-Moves yang diperkenalkan di Pokemon Sun dan Moon.

Setelah mencobanya langsung ketika Pokemon SWSH rilis, kami masih juga belum menemukan sensasi yang ditawarkan lewat Dynamax dan Gigantamax. Pemakaian keduanya sangat terbatas, hanya bisa digunakan sekali dalam satu pertempuran dan bisa dilakukan di Raid Battle ataupun Gym Battle. Inilah yang membuat kami menganggap Dynamax dan Gigantamax yang kurang greget. 

Bila boleh dibandingkan, kami lebih suka adanya Mega Evolution dan Z-Moves. Memang Gigantamax dapat mengubah bentuk Pokemon-nya seperti Mega Evolution dan Dynamax juga mengadaptasi jurus seperti Z-Move, tetapi kami rasa Mega Evolution dan Z-Moves lebih memberikan sensasi yang berbeda. Game Freak mungkin ingin menggabungkan keduanya lewat fenomena Dynamax dan Gigantamax yang berhubungan langsung dengan cerita utama. Semoga ke depannya Game Freak mau memoles kedua fitur ini di game-game Pokemon selanjutnya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Pokemon SWSH tidak terlalu mengecewakan bila melihat aksi para penggemar beberapa lalu. Kami masih menemukan kesenangan di dalamnya. Bicara mengenai tampilan, Pokemon SWSH memang menawan dengan keadaan kota yang ada di wilayah Galar. Tetapi bila berkaca dari game Switch lainnya seperti The Legend of Zelda: Breath of the Wild misalnya, Pokemon SWSH masih terlihat kurang.

Kami memberikan apresiasi lebih untuk Game Freak untuk gameplay dan mekanisme serta fitur yang ada di Pokemon SWSH. Terlepas dari masalah National Dex yang sempat ramai, banyak perubahan dan hal baru yang bisa kalian jumpai di Pokemon SWSH. Perubahan ini sangat terasa bila kalian merupakan pemain lama.

Pokemon SWSH memberikan pengalaman yang baik sebagai game original Pokemon pertama yang dirilis untuk Switch. Tetapi kami rasa Game Freak juga tidak boleh berhenti melakukan perubahan. Mereka juga harus melakukan evaluasi dari Pokemon SWSH untuk menciptakan game Pokemon selanjutnya yang lebih baik lagi.

Related posts

Creature Inc Hilang Dari Daftar Partner Game Freak

Aldurrr

Overwatch 2 Sudah Dipastikan Rilis Untuk Nintendo Switch

Aldurrr

10 Pokémon yang Menjadi Santapan Favorit Manusia

MongJi

Leave a Comment