fbpx
GameFever ID
Review

[Review] One Piece: Pirate Warriors 4 – ONE PIECE!

Direview oleh Kenrick Wangkawinata (Freelance Kontributor)

Di awal, saya sempat mengira akan merasa bosan dengan gameplay yang mirip dengan seri sebelumnya. Namun secara mengejutkan, justru tidak sama sekali. One Piece: Pirate Warriors 4 benar-benar bisa membuat saya merasakan kembali masa-masa senang dan sedih ketika menonton adegan penting dalam seri anime One Piece.

One Piece: Pirate Warriors 4 merupakan game dengan genre action-adventure, beat ’em up dan mosou ala Dynasty Warrior. Pemain dapat menggunakan karakter favorit, baik protagonis maupun antagonis dan mengalahkan beribu-ribu musuh. Penggunaan aset dari seri sebelumnya juga masih ada dan terasa, jadi jangan berharap terlalu lebih Bandai memoles karakter menjadi lebih baik dari seri sebelumnya.

Penasaran dengan kesan dan ulasan kami? Inilah review dari kontributor kami untuk One Piece: Pirate Warriors 4.

Walaupun begitu, One Piece: Pirate Warriors 4 benar-benar bisa membuat saya takjub. Dengan lebih dari 40 karakter yang bisa digunakan dan juga cara menyampaian cerita One Piece yang sangat indah. Saat ini One Piece: Pirate Warriors 4 sudah tersedia untuk PS4, Xbox One, Switch dan juga PC via Steam.

Atmosfer anime yang masih terasa

Cerita utama dari One Piece: Pirate Warriors 4 yang disebut Dramatic Log, mencangkup lebih dari 900 episode One Piece ke dalam game yang berdurasi kurang lebih 15 jam. Sejenak, hal tersebut cukup sulit dilakukan karena terlalu banyaknya adegan penting, sedih, dan lucu di dalam anime One Piece. Namun tentu saja hal ini bisa ditaklukkan dan jadi sebuah game yang menceritakan seperti sebuah buku yang sangat informatif dan bisa dibilang menyenangkan.

Saya yakin betul, fans yang ‘die hard‘ pasti akan melewatkan beberapa cutscene karena sudah bosan. Kecuali (SPOILER) adegan Zoro memotong patung Pika menjadi setengah ketika Dressrosa Arc. Satu hal yang yang tetap membuat saya menyukai seri One Piece: Pirate Warriors adalah pengisi suara yang masih original. Yup, suara Luffy dan kru Straw Hat Pirate di game ini diisi oleh para aktor suara (seiyuu) original yang ada di versi anime.

ONE PIECE: PIRATE WARRIORS 4

One Piece: Pirate Warriors 4 ini berisikan 6 kejadian utama besar  yang berada di manga maupun animenya, yaitu: Alabasta, Enies Lobby, Paramount War, Dressrosa, Whole Cake Island, dan yang terakhir sedikit dari Wano. Para fans One Piece pasti sudah mengetahui bahwa Arc Wano sendiri belum selesai. Maka dari itu, Omega Force selaku developer belum berani mengambil bagian-bagian penting yang terdapat di Wano. Sehingga pemain tidak bisa menggunakan King, Queen, maupun Jack karena pengembangan game yang dilakukan sebelum kekuatan mereka diberitahu di komik maupun di film animasinya. Apa mungkin Omega Force akan membuat DLC Character Pass untuk karakter penting yang ada di Arc Wano?

Harta, Tahta, dan Kekuatan?

Berbeda dengan Pirate Warriors 3, di seri ini pemain bisa mengubah skill yang ada pada setiap karakternya. Seperti Luffy bisa menggunakan skill Gear 2 dan Gear 4 tanpa adanya penggunaan Gear 3. Dan apabila masuk ke Gear 4, pemain akan memiliki skill yang hanya bisa digunakan Luffy di Gear 4 tanpa digabungkan dengan skill lainnya.

Terdengar cukup kompleks memang, tapi ini benar-benar mengubah gameplay yang ada selama ini. Walaupun kalian akan tetap hanya akan menekan tombol yang itu-itu saja, karena ini memang game Beat ’em Up. Masih hampir mirip dengan Pirate Warriors 3, kalian tetap bisa meng-upgrade skill-skill tersebut. Tetapi kali ini kalian membutuhkan uang dan juga Coin untuk per karakter untuk bisa meng-upgrade skill karakter tersebut. Setidaknya kita mempunyai alasan untuk tetap bermain game ini walaupun sudah menyelesaikan semua Dramatic Log.

Berbicara soal konten yang bisa dimainkan setelah menyelesaikan Dramatic Log, Omega Force sudah menyiapkan Treasure Log dimana pemain bisa menggunakan siapapun hanya untuk sekedar mencari uang dan mencari koin. Tentu saja, kalian bisa bermain secara lokal yang dimana layar kalian akan dibagi menjadi dua, maupun online yang bisa menampung hingga 4 pemain. One Piece: Pirate Warriors 4 sangat cocok untuk bisa dimainkan secara online mengingat game ini hanya mengalahkan musuh dimana-mana.

Lompat?

Yup, membutuhkan hingga seri ke-4 yang memutuskan Omega Force membuat karakter One Piece bisa melompat diudara dan melakukan serangan. Awalnya ini terdengar menyenangkan, tapi untuk beberapa karakter tentu saja tidak. Seperti misalnya Sanji, bagi para fans pasti sudah tahu bahwa Sanji bisa terbang dan melakukan banyak serangan fatal di udara. Tapi hal ini tidak berlaku bagi karakter seperti Jinbe. Fans pasti tahu kalau Jinbe merupakan karakter dari ras manusia ikan yang berarti dia sangat kuat di air maupun di tanah. Hal ini membuat Jinbe sangat tidak berguna ketika melakukan serangan di udara.

Omega Force juga menambahkan kemampuan untuk terbang bagi beberapa karakter. Tapi percayalah, terbang di Pirate Warriors 4, benar-benar tidak se-enak yang dipikirkan karena kontrolnya yang bisa dibilang berantakan. Kalian tidak bisa mengatur seberapa tinggi dan ini menjadi sulit untuk mengalahkan musuh yang pendek dan harus cepat dikalahkan.

Kesimpulan

Walaupun terlihat tidak siap, Omega Force tetap membuat saya semakin gemar dengan seri One Piece. Uniknya skill tree membuat saya jadi sedikit berpikir skill mana yang saya rasa sesuai dengan cara saya bermain. Selain Dramatic Log yang membutuhkan 15 jam, Treasure Log pasti akan membuat pemain sibuk selama beberapa jam berikutnya, dan juga beberapa karakter yang mau tidak mau hanya bisa didapatkan apabila kalian mendapatkan Rank S di misi tertentu. Bisa dikatakan One Piece: Pirate Warriors 4 akan membuat saya tidak merasa bosan selama masa WFH ini.

Related posts

Captain Tsubasa: Rise of New Champions Tetapkan Tanggal Rilis

MongJi

Scarlet Nexus Juga Tuju PS4, PS5 dan Juga PC

MongJi

Bandai Namco Umumkan Game RPG Baru Berjudul Scarlet Nexus

MongJi

Leave a review

  • Gameplay
  • Graphic
  • Story