fbpx
GameFever ID
Tips and Tricks

(Tips) 11 Hal Yang Wajib Dilakukan Setelah Menamatkan Pokemon Sword Dan Shield

Bila kalian sudah mendapatkan semua badge dan mengalahkan para gym leader, itu artinya kalian sudah menyelesaikan Pokemon Sword dan Shield. Tapi apakah gamenya berakhir begitu saja? Tentu tidak. Masih banyak yang bisa kalian lakukan dan raih di game ini.

Berikut adalah semua hal yang bisa kalian lakukan setelah menyelesaikan cerita di Pokemon Sword dan Shield.

1. Dapatkan Master Ball

Seperti halnya di game Pokemon sebelumnya, Master Ball juga ada di Pokemon Sword dan Shield. Untuk mendapatkannya cukup mudah. Setelah kalian selesai menonton credit dari gamenya, masuk lagi ke dalam gamenya. Kalian akan melihat cutscene di mana professor Magnolia akan mendatangi rumah kalian dan memberikan Master Ball.

2. Dapatkan Gigantamax Charmander

Enggak pernah tolak Pokemon gratis

Iri lihat Gigantamax Charizard punya Leon? Tenang, kalian juga bisa mendapatkannya. Gigantamax Charizard bisa kalian dapatkan setelah menyelesaikan permainan. Pergi ke rumahnya Hop, naik ke lantai 2, dan di kamar Leon kalian akan menemukan Pokeball berisi Charmander beserta pesan dari Leon.

3. Dapatkan Beast Ball

Apakah ini adalah tanda Ultra Beast bakal hadir di Pokemon Sword dan Shield?

Masih ingat dengan Ultra Beast dari Pokemon Sun dan Moon? Meski kalian tidak bisa menjumpainya di Pokemon Sword dan Shield, kalian bisa mendapatkan Beast Ball setelah menjadi juara. Untuk mendapatkannya pergi ke Stow-on-side dan bicaralah dengan salah satu pria yang berjualan di sana. Dia akan memberikan kalian sebuah Beast Ball. Keterangan Beast Ball tersebut menyebutkan bahwa kemungkinan menangkap Pokemon dengan bola itu sangatlah kecil. Karena cuma satu, lebih baik kalian simpan dulu.

4. Lanjutkan Cerita dan Dapatkan Pokemon Legendaris

Minta sama teman untuk mendapatkan versi yang kalian tidak punya.

Kalau kalian sudah tamat, harusnya tidak asing lagi dengan Zacian dan Zamazenta. Dua Pokemon legendaris ini bisa kalian tangkap. Tapi untuk menangkapnya ada misi yang harus kalian jalankan. Pergilah ke Slumbering Weald setelah kalian menamatkan gamenya. Cari tempat kalian menemukan Rusted Sword dan Rusted Shield. Di sana akan ada cerita baru akan dimulai.

5. Pergi Ke Battle Tower

Berlokasi di Wyndon, kota terkahir di Pokemon Sword dan Shield

Ingat Rose Tower tempat kalian melawan Oleanna? Setelah kalian menamatkan gamenya, gedung tersebut diubah menjadi Battle Tower. Battle Tower adalah fitur kompetitif di mana kita bisa bertarung dengan para trainer lainnya dalam mode turnamen. Semua level pokemon akan disetarakan menjadi level 50. Kalau kalian kurang percaya diri dengan tim sendiri, kalian juga bisa menyewa satu set Pokemon dengan combo yang sudah disesuaikan. Ingin mencoba tim yang kokoh? Pilih kategori Tough Team. Atau ingin tim yang lambat tapi pasti? Pilih kategori Slow Team. Kalian juga bisa belajar dari setup-setup ini untuk mendapatkan lebih banyak ilmu kompetitif kalian. Di sini kalian juga bisa membeli item Mint yang bisa digunakan untuk mengubah Nature Pokemon kalian lho.

6. Unlock Judge Function

Cukup menang 6 kali guys! Tapi tak semudah yang kalian kira lho.

Penasaran kenapa orang-orang bisa liat IV sama EV pokemon mereka? Judge Function jawabannya. Fitur ini hanya terbuka setelah kalian memenangkan enam pertarungan di Battle Tower. Lawan terakhir kalian adalah Leon dan ia punya tim sama dengan yang kalian lawan dulu. Setelah mengalahkan Leon, fitur ini akan terbuka dengan sendirinya. Untuk menggunakannya, cukup tekan tombol + saat kalian di dalam box.

7. Dapatkan Type:Null

Tambah lagi Pokemon gratis.

Pokemon unik satu ini awalnya hadir di Pokemon Sun dan Moon. Namun ternyata Type: Null bisa kalian dapatkan gratis di game ini. Untuk mendapatkannya, cukup berbicara dengand NPC yang ada di Battle tower. NPC tersebut akan menyerahkan Pokemon ini beserta item yang bisa mengubah tipe dari Type: Null. Pokemon ini bisa berevolusi menjadi Silvally saat status affection-nya sudah maksimal.

8. Lawan Programmer Game Freak dan Dapatkan Oval Charm

Cocok buat kalian yang gemar beternak Pokemon.

Item ini sangat penting untuk kalian yang gemar berternak Pokemon. Oval Charm dapat meningkatkan peluang kalian untuk mendapatkan telur di Daycare. Cara mendapatkannya cukup mudah. Cukup kalahkan Shigeki Morimoto, programmer Game Freak, dalam pertarungan ganda. Pergi ke Circhester dan masuk ke sebuah hotel yang ada di sebelah kiri. Naik ke lantai 2 melalui elevator dan masuk ke kamar di sebelah kiri elevator. Di sana kalian akan menemukan seorang NPC berbaju polisi. Ajak dia bicara. Saat mengetahui bila sudah menjadi juara di Galar, dia akan menantang kalian. NPC tersebut akan bertarung menggunakan Pokemon level 65.

9. Dapatkan Shiny Charm

Bakal butuh perjuangan buat mendapatkannya.

Item yang satu ini cukup sulit untuk didapatkan karena butuh usaha lebih. Untuk mendapatkan Shiny Charm, kalian harus melengkapi Galar Pokedex. Setelah menemukan dan menangkap 400 Pokemon di Pokemon Sword dan Shield, pegilah ke Circhester dan cari hotel yang sama dengan Morimoto. Masuk ke kamar yang paling kiri dan di dalam sana kalian bisa menjumpai NPC dengan pakaian dokter. Dia akan memberikan kalian Shiny Charm apabila kalian berhasil melengkapi Pokedex.

10. Pelajari Move Steel Beam

Move gratis!

Steel Beam merupakan jurus spesial bertipe Steel. Jurus (Move) ini memiliki damage yang super besar (140 poin) dan akurasi yang cukup tinggi (95 poin). Move ini tidak bisa kalian dapatkan dari TM atau TR. Steel Beam juga hanya cocok untuk Pokemon bertipe Steel yang punya status Special Attack tinggi seperti Duraludon. Untuk mendapatkanya kalian cukup pergi ke Motostoke dan temukan NPC yang berada di area yang penuh dengan kontainer. Steel Beam bisa dipelajari berkali-kali. Jadi bisa digunakan ke semua Pokemon tipe Steel kalian.

11. Jelajahi Wild Area dan Temukan Pokemon Baru

Setelah menjadi juara, kalian akan menemukan banyak Pokemon baru yang belum pernah kalian temukan sebelumnya. Beberapa di antaranya adalah Obstagoon atau Grimmsnarl. Level-level Pokemon yang ada di Wild Area sudah meningkat menjadi 60.

Itulah 11 hal yang kalian bisa kalian lakukan pasca menamatkan Pokemon Sword dan Shield. Ada yang sudah melakukannya?

Related posts

Sony Siapkan Trailer Baru Ghost of Tsushima di The Game Awards 2019

MongJi

Predator: Hunting Grounds Umumkan Tanggal Rilis

MongJi

Square Enix Akhirnya Perlihatkan Gameplay dari Babylon’s Fall

MongJi

Leave a Comment