fbpx
GameFever ID
Tech

[Review] NYK Nemesis S-80 BlackShark – Mouse Gaming Wireless RGB

Untuk terus mengikuti pasar, NYK meluncurkan mouse gaming NYK Nemesis S-80 BlackShark. Ingat, BlackShark di sini bukanlah smartphone dari Xiaomi yang ditujukan buat gamer. Mouse dari NYK ini sengaja dibuat untuk kalian yang mengaku gamer khususnya yang sering main game di PC kesayangan. Kami pun diberi kesempatan untuk mencoba mouse gaming yang satu ini dan bagaimana review dari kami?

Ukuran yang Pas Untuk Tangan Kecil

Begitu sampai ke tangan penulis, tentu saya sendiri lumayan antusias untuk mencoba S-80 BlackShark ini. Mempunyai ukuran layaknya mouse untuk kegiatan di luar gaming, S-80 BlackShark terasa sangat pas ketika menggenggamnya karena tangan saya yang memang tergolong kecil ini. Untuk beratnya sendiri, S-80 BlackShark termasuk cukup standar yaitu di angka 96 gram.

Bila dibanding dengan mouse lainnya, S-80 BlackShark termasuk ringan bila digunakan untuk bermain game. Walaupun saya pribadi lebih suka menggunakan mouse yang beratnya hanya di sekitar angka 20-30 gram, berat S80 BlackShark masih bisa diterima.

Untuk kualitas build, S-80 BlackShark menggunakan bahan dominan plastik. Warnanya yang Black-Matte membuat kalian harus berhati-hati ketika menggunakan S-80 BlackShark. Sebab bila tangan kalian kotor atau berminyak,noda bakal mudah tertinggal di mouse dan membuat S-80 BlackShark cepat kotor.

Untuk tombol, S-80 BlackShark menyediakan tujuh tombol yang bisa kalian gunakan. Di antaranya adalah Left Click, Right Click, Scroll, tombol pengatur DPI, Forward Click, Backward Click dan tombol pengatur level di bawah mouse. Melihat game-game sekarang yang tidak membutuhkan banyak tombol shortcut di mouse, saya rasa jumlah tombol S80 BlackShark sudah cukup. Namun di tombol Left Click dan Rigth Click agak sedikit keras ketika mengklik. Setidaknya itu yang penulis rasakan karena sebelumnya membandingkannya dengan produk lainnya, Sades Axe.

Dual Mode yang Bisa Dipilih

NYK Nemesis S-80 BlackShark menyediakan dua mode yang bisa kalian pilih, Wired atau Wireless. Jadi, S-80 BlackShark bisa digunakan tanpa kabel ataupun dengan kabel. Mouse ini juga menyediakan tiga level atau mode yang bisa kalian atur lewat tombol yang ada di belakang mouse. Mode pertama bisa dibilang mode murni alias menggunakan kabel tanpa menggunakan USB Wireless Receiver. Dan sayangnya, ketika kalian mengaktifkan level 1 dengan kabel ini, lampu RGB tidak akan menyala.

Untuk menyalakan lampu RGB di S-80 BlackShark, kalian harus menggunakan mode Wireless di level 2 atau level 3. Di level 2 kalian bakal mengaktifkan lampu RGB yang ada di logo dan scroll button dan di level ini daya baterai yang digunakan tidak terlalu besar. Sedangkan di level 3, semua lampu RGB di S-80 BlackShark akan menyala dan ada 9 warna berbeda. Jadi, soal penggunaan baterai tentunya akan boros saat menggunakan level 3.

Bicara kapasitas baterai, S-80 BlackShark menggunakan 600mAh dan jenis yang digunakan adalah Lithium Battery. Untuk pengisian daya, dibutuhkan waktu sekitar 180 menit atau 3 jam sampai baterai terisi penuh. Sedangkan untuk kabel, S-80 BlackShark menggunakan jenis Paracord dan USB Type-C serta panjang 1,5 meter. Bagi penulis sendiri sangat menyukai kabel Paracord karena tipe ini tidak mudah rusak atau putus. Sedangkan sinyal yang bisa terima di mode wireless juga cukup jauh, yaitu sampai 10 meter.

Menggunakan sensor PMW 3325, DPI yang bisa kalian gunakan di S-80 BlackShark tersedia di range 400 hingga 10.000. Kalian juga bisa mengaturnya dengan mudah lewat tombol yang berada di belakang tombol Scroll.

Nah, NYK juga menyediakan aplikasi untuk memudahkan penggunaan S-80 BlackShark. Di aplikasi atau driver ini, kalian bisa membuat beberapa profile dengan pengaturan DPI sesuai penggunaan. Jadi kalian tidak usah repot untuk mengatur satu persatu. Cukup membuat beberapa profile dengan DPI yang sesuai untuk penggunaan tertentu. Selain itu, kalian juga bisa mengatur lampu RGB di software ini serta melihat status penggunaan baterai.

Spesifikasi Teknis dari NYK Nemesis S-80 BlackShark
  • Main IC: PMW 3325
  • Wireless:2,4G
  • DPI: 1600-10000 DPI
  • Switch Life: 20 Million
  • Cable: Type-C Cable Paracord
  • Button: 7 Button
  • Weight: 96 gram

Kesimpulan

Setelah cukup lama menggunakan, kami meyimpulkan bahwa NYK Nemesis S-80 BlackShark lumayan nyaman digunakan. Dengan harga di range sekitar Rp250.000 – Rp300.000, kalian bisa mendapatkan mouse gaming dengan dua mode penggunaan sekaligus yaitu dengan kabel atau tanpa kabel. Selain itu, hadirnya lampu RGB juga memberikan S-80 BlackShark penampilan oke layaknya mouse gaming kebanyakan. Tak hanya untuk main game saja, mouse ini juga nyaman digunakan untuk keperluan lainnya.

Saat digunakan untuk bermain game, penulis juga tidak menemukan masalah yang sangat berarti. Komputer pun dengan mudah menangkap sinyal yang diberikan oleh S-80 BlackShark baik dalam mode wired dan juga wireless. Tidak ada delay input yang penulis rasakan saat menggunakan mouse ini di game FPS seperti Apex Legends atau CS:GO. Saat bermain Dota 2 pun, dua tombol tambahan di samping mouse juga bisa dijadikan tombol macro.

Dengan range yang bisa ditangkap hingga jarak 10 meter membuat mode wireless di S-80 BlackShark menjadi andalan penulis ketika digunakan saat bermain game. Meski kalian harus terus memantau penggunaan baterai, setidaknya kabel tidak akan mengganggu gerakan kalian ketika menggunakan S-80 BlackShark.

Secara keseluruhan, NYK Nemesis S-80 BlackShark masuk sebagai kategori mouse gaming mid tier di range harga di bawah Rp500.000. Meskipun begitu, S-80 BlackShark menawarkan kualitas yang sesuai di range harga tersebut, bahkan bisa dibilang terbaik di antaranya.

Buat yang tertarik NYK Nemesis S-80 BlackShark, kalian bisa mendapatkan informasi lengkapnya di sini. Dan bila tertarik membelinya, NYK Nemesis S-80 BlackShark tersedia Official Online Store dan di berbagai toko e-commerce kesayangan kalian.

Related posts

Razer Mengumumkan Kursi Gaming Terbaru, Iskur X

MongJi

[Review] Mouse Pad Gaming RGB Redragon Epeius P009

Bartholomew

[Review] Earphone Gaming Dareu EH728

Bartholomew

Leave a Comment