fbpx
GameFever ID
Tech

[Review] Keyboard Gaming Redragon K596 Vishnu

Di zaman modern seperti sekarang ini, sudah banyak barang elektronik yang bisa dioperasikan tanpa kabel alias wireless. Bahkan periperal PC seperti mouse dan keyboard pun sudah banyak yang menggunakan teknologi wireless. Salah satu alasan gamer untuk menggunakan periperal wireless adalah terbebas dari masalah kabel yang semrawut.

Seperti yang akan GameFever ID bahas kali ini, sebuah mechanical keyboard gaming yang menggunakan teknologi tanpa kabel. K596 Vishnu adalah produk keyboard dari Redragon yang didesain untuk gamer. Lalu apa saja yang mereka bisa tawarkan ke para gamer?

Berikut review kami untuk Mechanical Keyboard Gaming Redragon K596 Vishnu:

Baca Juga: Mouse Gaming Redragon M607 Griffin

Didesain untuk Gamer

Dalam kotak paket penjualan, kita bisa mendapatkan 1 buah mechanical keyboard, 1 buah kabel USB Type C, 1 buah Keycap Puller, 1 buah Arm Rest, dan 8 buah mechanical switch cadangan. Menariknya, mechanical switch cadangan ini tersedia 4 warna dengan jumlah masing-masing 2 buah. Hal ini tentu menjadi nilai positif dari saya karena kita bisa menyesuaikan sendiri mechanical switch tergantung kebutuhan.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, K596 Vishnu sengaja didesain untuk gamer yang terbiasa dengan sesi gaming dalam waktu yang lama. Mempunyai dimensi 17,52 x 5,22 x 1,1 inch, ukuran K596 Vishnu memang sangat pas dan tidak memakan banyak tempat. Keyboard ini juga dilengkapi dengan tombol-tombol shortcut untuk media yang bisa dimanfaatkan gamer.

Ditambah lagi, K596 Vishnu menyediakan Arm Rest yang memiliki magnet sehingga mudah dalam pemasangannya. Kehadiran Arm Rest di K596 Vishnu tentu sangat berguna untuk gamer yang suka main dalam waktu yang lama agar pergelangan tangan tidak mudah lelah.

Untuk isian dari kotaknya, Redragon sudah menyiapkan beberapa barang standar seperti kabel USB Type C dengan panjang 1,8m untuk mengisi baterai dari Vishnu, 8 buah tambahan mekanikal switch yang terdiri dari warna Merah, Biru, Coklat, dan Hitam dengan masing-masing 2 buah, dan juga alat untuk mengangkat mekanikal switch tersebut, dan juga arm rest. Kalau kalian pecinta game FPS, pasti extra tambahan mekanikal switch ini jadi nilai plus karena bisa langsung diganti.

Tahan Hingga 10 Jam di Mode Wireless

Mechanical Keyboard K596 Vishnu menyediakan dua jenis mode koneksi yang bisa kalian gunakan, yaitu wired (dengan kabel) dan wireless (tanpa kabel). Maka dari itu, dalam paket penjualan kita mendapatkan sebuah kabel USB Type C sepanjang 1,8 meter yang bisa digunakan untuk koneksi atau mengisi daya baterai. Namun sayangnya, ujung USB tidak berlapis emas (gold-plated) dan jenis kabel biasa, bukan jenis braided yang jadi favorit saya.

Bicara soal baterai, K596 Vishnu ini memiliki kapasitas yang cukup besar yakni 2400 mAh. Dengan begitu, keyboard ini bisa bertahan hingga 10 jam pemakaian di mode wireless dengan kondisi semua lampu RGB menyala. Kalau digunakan dalam mode wireless dan mematikan semua lampu RGB, saya berani jamin keyboard ini bisa bertahan jauh lebih lama dari 10 jam.

Kabar baiknya, Redragon juga menyertakan dongle di paket penjualan K596 Vishnu. Penggunaan dongle pun juga sangat mudah dan tanpa kendala. Dengan dongle di mode wireless, kalian bisa mendapatkan koneksi latensi rendah tanpa gangguan hingga 10 meter.

Salah satu hal yang saya senangi dari K596 Vishnu adalah tidak langsung mati saat AFK. Banyak keyboard gaming wireless yang saya gunakan suka mati sendiri saat AFK. Dan harus menekan satu tombol agar keyboard ini aktif kembali. Namun, K596 Vishnu berbeda karena tetap stand by walau ditinggal AFK cukup lama selama baterai masih ada tentunya.

Tombol G Function yang Memudahkan Pemakaian

Mechanical Keyboard K596 Vishnu memiliki 104 buah tombol yang keycaps-nya dicetak dengan teknologi injeksi. Selain itu, seluruh tombol juga 100% anti konflik dan tentu anti-ghosting. Semua tombol berada di sebuah frame atau rangka yang dibuat menggunakan bahan utama ABS yang kuat sehingga keyboard ini kuat dan kokoh.

Dilengkapi dengan switch Red Linear jenis OUTEMU dan dengan gaya hingga 40cN memungkinkan tekanan mudah dan ringan di jari pengguna. Titik aktuasi di 2mm juga memungkinkan respons yang cepat dan bagus untuk game ber-genre FPS dan MOBA.

Klaim mengenai desain untuk gamer pun tersampaikan dengan baik lewat 10 tombol macro yang disebut sebagai G Function. Lima tombol bisa kalian temukan di sisi sebelah kiri dan 5 sisanya berada di atas.

Tombol-tombol macro ini bisa kalian program sendiri sesuai kebutuhan lewat aplikasi yang tersedia. Tiap tombol macro atau G Function ini bahkan bisa diatur untuk lebih dari satu tombol saja. Tentu ini menjadi keuntungan tersendiri untuk gamer yang suka menggunakan tombol-tombol macro saat bermain video game. Kalau kalian pecinta game MMORPG seperti Final Fantasy XIV, tambahan 10 tombol macro ini tentu membantu kalian mengingat banyaknya tombol skill yang harus ditekan di dalam permainan.

Red Switch menjadi hal favorit saya disini, mengingat mekanikal jenis ini benar-benar membutuhkan tenaga yang sedikit untuk bisa ditekan dan sama sekali tidak berisik seperti Blue Switch. Untuk urusan pekerjaan, dikarenakan keyboard ini Ten-keyless, dipastikan kalian akan sedikit kesulitan untuk mengerjakan pekerjaan yang mengharuskan banyak mengetik banyak angka, tapi bisa menghemat tempat bukan di meja kalian?

Untuk RGB, K596 Vishnu menyediakan 18 efek backlighting dengan 9 warna yang berbeda. Lampu-lampu penghias ini juga dilengkapi dengan 5 level brightness yang berbeda dan berbagai mode breathing yang mempercantik keyboard ini. Hasil warna yang sangat tajam juga membuat K596 Vishnu makin premium sebagai mechanical keyboard untuk gaming.

Kesimpulan

Redragon K596 Vishnu memang benar-benar didesain untuk gamer sesuai klaim mereka. Saya pun bisa merasakannya saat menggunakanya bermain game di PC. Koneksi wireless dengan dongle yang mudah dipasang dan bisa tersambung hingga 10 meter menjadi poin tambah dari saya. Ditambah dengan tetap stand by meski ditinggal AFK cukup lama. Inilah yang seharusnya mulai dicoba oleh kompetitor lain agar pengguna jadi tidak perlu menekan tombol atau mencolok ulang dongle-nya.

Adanya 10 tombol macro yang tersedia juga membuat K596 Vishnu bisa digunakan oleh gamer dengan genre game apapun. Tombol macro pun bisa diprogam hingga dengan beberapa tombol lainnya yang memudahkan gamer.

Dengan harga yang dibanderol dengan Rp 969.000, tentu saya akan merekomendasikan K596 Vishnu bagi kalian yang sedang mencari mechanical keyboard baru. Apalagi dari semua yang ditawarkan oleh K596 Vishnu, saya rasa harga tersebut masih sangat pantas dan masuk akal.

Mechanical Gaming Keyboard Redragon K596 Vishnu ini bisa kalian beli di Official Online Store Redragon Indonesia atau di toko-toko kesayangan kalian.

Related posts

Steelseries Resmi Umumkan Mouse Rival 5

MongJi

Razer Umumkan Hammerhead True Wireless X

MongJi

Razer Mengumumkan Kursi Gaming Terbaru, Iskur X

MongJi

Leave a Comment