fbpx
GameFever ID
Tech

[Review] Dareu A840 – Keyboard Gaming Premium yang Minim Fitur

Sebagai seorang gamer, pastinya kalian memperhatikan betul periperal yang digunakan. Mulai dari yang primer seperti keyboard dan mouse hingga perlengkapan estetik lainnya. Apalagi bila kalian benar-benar memfokuskan diri dan menjadi seorang pelaku esports profesional.

Kali ini, GameFever ID akan kembali mengulas salah satu periperal utama sebagai gamer PC, yaitu keyboard gaming. Kami akan mengulas keyboard gaming, yaitu Dareu A840. Seperti apa ulasan kami untuk keyboard gaming dari Dareu ini? Berikut ulasan atau review kami untuk Dareu A840.

Terlihat Standar Padahal Keyboard Premium

Saat pertama kali mengeluarkannya dari kotak kemasan, Dareu A840 ini benar-benar terlihat biasa saja. Kenapa saya bilang begitu? Alasannya karena Dareu tidak menambahkan apapun di keyboard gaming ini. Misalnya kalau saya bandingkan dengan KX-1000 Venom Pro dari NYK Nemesis, A840 dari Dareu ini sangat sederhana sekali. Keyboard gaming ini tidak menambahkan fungsi-fungsi lainnya.

Dari segi fisiknya sendiri, Dareu A840 hanya menyediakan satu buah kabel USB to USB Type C dalam kemasannya. Panjangnya cukup untuk keyboard seperti biasanya, yaitu sekitar 1,5 meter. Meski terlihat sederhana, saya justru sangat menyukai desain dari Dareu A840. Saya suka dengan barang-barang yang terlihat simpel tapi bisa memperlihatkan sisi mewahnya. Namun tetap, tiap orang mempunyai selera berbeda. Bila menyukai keyboard gaming sederhana tanpa embel-embel fungsi lain, saya yakin kalian akan suka dengan Dareu A840.

Untuk bahan keyboard-nya sendiri, Dareu A840 menggunakan material campuran plastik dan metal. Material metal menjadi dasar keyboard sedangkan material plastik menjadi pembungkus alas dan keycaps-nya. Keycaps Dareu A840 juga dilapisi material plastik bertekstur matte. Sehingga mempunyai daya tahan yang baik. Sementara itu, Dareu A840 juga sudah memakai USB Type C dan Gold Plated. Makin terasa premium, ya?

Nah, salah satu fitur unik dari Dareu A840 adalah bingkainya yang bisa dilepas. Jadi, kalian bisa mengkustomisasi Dareu A840 secara sederhana. Cukup melepas bingkainya, kalian bisa mendapatkan penampilan lain dari Dareu A840. Mencopot bingkainya ini kalian juga tidak harus membukanya menggunakan alat tambahan karena bingkai tambahan dan keyboard disatukan dengan magnet.

Perlu diingat bahwa Dareu A840 adalah keyboard gaming full size. Selain besar, Dareu A840 juga lumayan berat. Buat kalian yang tidak membawa keyboard kemana-mana, seharusnya hal ini tidak menjadi masalah besar.

Switch Cherry MX yang Tahan Hingga 50 Juta Klik

Meski terlihat sederhana, Dareu A840 merupakan keyboad gaming mekanik yang menggunakan komponen Cherry MX pada Keycaps-nya. Untuk jenis Switch yang digunakan, Dareu A840 memberikan dua opsi yang bisa kalian pilih, yaitu Brown Switch dan Red Switch. Namun untuk unit yang saya review ini adalah Brown Switch yang menjadi favorit. Lagi-lagi, setiap orang memiliki switch kesukaan masing-masing.

Dareu A840 juga yang ketahanan hingga 50 juta klik, jadi kalian tidak usah ragu untuk menggunakan keyboard ini di luar sesi gaming. Selama proses review, saya juga menggunakan Dareu A840 untuk mengerjakan pekerjaan kantor dan juga main game.Karena Brown Switch menjadi favorit saya, baik saat bermain game atau bekerja semua bisa dilakukan dengan baik.

Sederhana Keyboard-nya, Sederhana Juga Fiturnya

Seperti yang saya sempat bilang di awal, Dareu A840 benar-benar keyboard gaming sederhana baik dari desain dan fiturnya. Sebagai pembanding, saya menggunakan keyboard gaming yang ragne harganya hampir sebanding dengan Dareu A840.

Entah kenapa fitur yang ditawarkan Dareu A840 benar-benar lebih sedikit. Keyboard gaming yang saya gunakan terdapat tambahan tombol scroll untuk mengatur volume suara atau informasi yang diberikan di tombol F9 hingga F12 untuk mengganti atau mengatur lampu Backlight yang ada.

Meskipun sederhana dan tidak ada petunjuk, namun lampu-lampu di bawah keycaps bisa diatur. Meski warna yang ditawarkan banyak ala lampu RGB, Backlight bisa kalian atur efek-efeknya sesuai dengan selera. Jadi, Dareu A840 bisa membantu menaikan nilai estetika gaming gear di PC kesayangan kalian.

Kesimpulan

Buat kalian yang suka dengan keyboard gaming sederhana tanpa ada tambahan, Dareu A840 bisa menjadi opsi tambahan. Meski harganya agak kurang cocok dengan pencinta kere hore, Dareu A840 menawarkan banyak hal layaknya keyboard gaming kebanyakan. Seperti sudah menggunakan komponen Cherry MX, bingkai keyboard yang bisa dilepas, atau ketahanan hingga 50 juta klik. Sayangnya tidak banyak fitur yang ditawarkan oleh Dareu A840 meski harganya termasuk golongan keyboard gaming premium. Namun dari segi kualitas, Dareu A840 bisa bersaing dengan keyboard gaming lain di kelasnya.

Dari sisi fungsi, Dareu A840 juga bisa melibas berbagai macam jenis game hingga pekerjaan sehari-hari. Dareu A840 mampu menyampaikan perintah kalian dari tiap ketikan yang masuk sebagai input utama.

Dareu A840 sendiri dibanderol dengan harga Rp1.250.000. Kalian yang tertarik meminangnya, Dareu A840 sudah bisa dibeli di official store Dareu Indonesia dan marketplace kesayangan kalian.

Related posts

[Review] Dareu A960 – Mouse Gaming Super Ringan

Bartholomew

[Review] Dareu EH925S – Headset Empuk Cocok Untuk Wanita

Bartholomew

[Review] Dareu EM901 – Mouse Wireless yang Tahan Lama!

Bartholomew

Leave a Comment