fbpx
GameFever ID
  • Home
  • Review
  • [Review] Star War Jedi: Fallen Order – Campuran Dark Souls dan Uncharted
Review

[Review] Star War Jedi: Fallen Order – Campuran Dark Souls dan Uncharted

Star Wars Jedi: Fallen Order mengambil latar waktu di antara episode 3 dan 4 dari seri film Star Wars. Segala sesuatu memasuki masa paling suram untuk para Jedi dan juga galaksi karena harus kabur untuk bersembunyi dari buruan Order 66.

Di Jedi: Fallen Order, kalian akan bermain sebagai Cal Kestis. Ia adalah seorang Jedi Padawan (pemula) di cerita kelanjutan dari Star Wars Episode III: Revenge of the Sith. Di episode ini para Jedi ini memang diburu di manapun mereka berada. Entah bagaimana, Cal bisa bertahan dari buruan dan permainan dimulai.

Tapi layaknya permainan pada umumnya, identitas Cal sebagai seorang Jedi akhirnya terungkap dan memaksanya lari untuk bertahan hidup. Di saat bersamaan, Cal berusaha mencari tahu keberadaan mengenai Jedi yang lain. Perjalanannya menuntun Cal untuk bertemu banyak kawan baru yang bisa menolongnya ketika menjelajahi galaksi baru.

Campuran antara Dark Souls dan Uncharted

Bagi yang mungkin tidak asing dengan seri Dark Souls, pasti dengan cepat akan mengerti mekanik dari permainan ini. Jedi: Fallen Order memiliki mekanik yang mirip dengan seri Dark Souls terlebih ketika bertarung. Pemain harus bersabar ketika melawan boss atau musuh berukuran besar untuk mencari blindspot dari boss tersebut.

Kalian akan diberikan barang untuk healing bernama Stim yang mirip dengan Estus Flask dari Dark Souls. Awalnya kalian hanya memiliki dua buah (nantinya akan bertambah seiring berjalannya permainan) dan akan diisi kembali ketika kalian berada di tempat pemain menyimpan permainan (Save). Ketika kalian beristirahat di tempat Save, seluruh monster yang sudah kalian kalahkan akan hidup kembali. Mekanik ini mirip dengan yang ada di Dark Souls.

Sejujurnya saya sendiri bukan orang yang gemar dengan seri Dark Souls karena permainannya cukup sulit. Tetapi tidak dengan Jedi: Fallen Order. Ketika mati yang disebabkan oleh serangan musuh, kalian tidak perlu secara khusus menekan tombol tertentu untuk mengambil XP, Force, HP kalian yang hilang. Cukup dengan memukul musuh tersebut sekali, maka itu semua akan kembali ke kalian tanpa harus menghilangkan momentum kalian ketika bertarung. Cukup unik bukan?

Selain itu, Jedi: Fallen Order juga memaksa pemain untuk berpikir dalam melanjutkan permainan karena akan banyak puzzle di dalam permainannya. Jujur saja, beberapa kali saya dibuat kebingungan karena tidak adanya petunjuk untuk berbuat apa. Ini juga saya temukan di game lain, seperti Uncharted. Di Uncharted, Drake memiliki buku petunjuk yang mempermudah pemain. Tapi tenang saja, ketika kalian benar-benar kebingunan, permainan akan memberikan kalian ‘bantuan’ walaupun tidak di tunjuk secara langsung.

Eksplorasi, eksplorasi, dan eksplorasi

Pemain yang berperan sebagai Cal akan mengunjungi banyak planet dan tidak sedikit dari planet tersebut menyimpan banyak hal untuk ditemukan. Petualangan Call akan ditemani oleh BD-1. Robot kecil ini sangat serba guna. Ia bisa memberikan Stim, menjadi zip-line, melihat peta, melihat taktik dan sebagainya. Bersama dengan BD-1, Cal dipaksa untuk menjelajahi setiap planet hingga ke ujungnya agar bisa mendapatkan barang terbaik untuk membantu pemain dalam melanjutkan permainan.

Pemain akan menemukan beberapa jalan yang tidak bisa dilewati sementara hingga kalian melanjutkan cerita permainan. Alasannya terkadang jalan tersebut bisa dibuka setelah pemain mendapatkan kemampuan baru yang hanya bisa diperoleh dengan mengikuti progress permaianan. Saya tidak akan banyak membahas kemampuan tersebut. Ketika kalian merasa tertahan, bisa saja itu cara developer untuk memberi tahu kalau kalian dijalan yang salah atau kalian belum mendapatkan kemampuan baru untuk membukanya.

Awalnya saya merasa eksplorasi seperti hal yang cukup aneh untuk dilakukan di Jedi: Fallen Order. Tetapi seiring berjalannya permainan, saya merasa sangat tertarik untuk mengunjungi tempat baru ketika kemampuan baru. Hal sepele seperti Lore bisa saja menjadi hal yang paling kalian gemari juga karena memberikan XP yang cukup besar. Tapi sekali lagi, ini hal yang tidak perlu kalian lakukan apabila kalian tidak tertarik tapi di mana letak kesenangannya?

Tingkatkan terus kemampuan Cal

Layaknya Dark Souls, kalian bisa menaikkan jumlah HP dan Force karakter dengan skill point. Setiap planet menyediakan Echo yang bisa digunakan pemain untuk menaikkan jumlah Force atau HP karakter. Pemain cukup mengumpulkan tiga buah untuk masing-masing poin. Tapi dari pengalaman saya ketika bermain, Echo ini selalu dijaga oleh Mid Boss yang tidak mudah untuk dikalahkan ataupun puzzle yang tidak biasa. Jadi persiapkan waktu dan juga mental kalian ya.

Merasa bosan dengan warna BD-1, warna Light Saber atau warna pakaian kalian? Tidak perlu khawatir! Kalian bisa membuka itu semua. Ketika menjelajahi sebuah planet, kalian bisa menemukan kotak yang berisikan hartu karun! Jujur hal ini menjadi favorit saya. Karena setiap kali menemukan kotak ini, saya selalu berharap untuk bisa mendapatkan material baru untuk mengubah warna Light Saber.

Kesimpulan

Bagi orang awam akan Star Wars seperti saya, Star Wars Jedi: Fallen Order benar-benar bisa membuat kalian tertarik untuk mencari tahu mengenai seri Star Wars.

Percampuran gaya bermain seperti Uncharted (mengandung banyak puzzle) dan juga Dark Souls (pintar-pintar mengalahkan musuh) membuat game ini sangat menarik untuk dimainkan. Kalian tidak akan merasa cepat bosan berkat puzzle yang ada ataupun gregetan ketika kalah terus melawan boss misalnya. Saya yakin betul mungkin tidak akan memainkan game ini selama beberapa bulan bahkan satu tahun berikutnya.

Beberapa puzzle dari game akan membuat kalian bingung dan juga beberapa mini boss bisa membuat kalian sedikit frustasi. Tapi apabila kalian suka dengan tantangan, game ini cocok untuk kalian karena semua musuh bisa saja mengalahkan kalian (termasuk Stormtrooper yang bidikan tembakannya sangat buruk).

Related posts

Star Wars: Jedi Fallen Order Luncurkan Photo Mode

clauscj

Sony Siapkan Trailer Baru Ghost of Tsushima di The Game Awards 2019

MongJi

Predator: Hunting Grounds Umumkan Tanggal Rilis

MongJi

Leave a Comment

Leave a review

  • Overall