fbpx
GameFever ID
Review

[Review] Sackboy: A Big Adventure – Platformer Yang Menyenangkan

Game ini direview menggunakan PlayStation 4 Pro

Buat para pemain era PlayStation 3 tentunya kenal dengan karakter utama Sackboy dari seri game LittleBigPlanet. Seri game ini merupakan salah satu andalan Sony PlayStation, menghasilkan 2 sequel utama dan berbagai macam seri spin-off. Karakter Sackboy pun sering muncul di beberapa game first party PlayStation lainnya, seperti PlayStation All-Stars Battle Royale dan Hot Shot Golf sebagai karakter DLC. Dalam rangka peluncuran konsol PlayStation 5, akhirnya protagonis LittleBigPlanet ini memiliki game petualangan tersendiri, berjudul Sackboy: A Big Adventure. Tim GameFever ID diberikan kesempatan untuk memainkan game platformer terbaru buatan developer Sumo Digital untuk dijadikan ulasan.

Selamatkan Craftverse!

Seperti rata-rata game genre platformer lainnya, kisah utama tidaklah terlalu penting atau menjadi fokus utama. Begitu juga dengan Sackboy: A Big Adventure, kita memulai permainan dengan dunia LittleBigPlanet, Craftverse didatangi oleh kekuatan jahat bernama Vex. Vex menangkap para penduduk kecuali Sackboy yang berhasil kabur, dan bertujuan ingin menyelamatkan teman-temannya dengan keliling dunia Craftverse. Walau terlihat sederhana kisahnya, namun kita tetap terhibur dengan tampilan Sackboy yang polos dan imut, sehingga kita dengan senang hati ingin membantu dia mengalahkan Vex.

Platformer Yang Nyaman Dan Menawan

Sackboy: A Big Adventure merupakan game spin-off LittleBigPlanet pertama yang memiliki tampilan 3 dimensi. Jika kalian pernah memainkan seri Super Mario Bros. maka akan mengenali tampilan utama level-level game yang berbentuk lingkaran-lingkaran terhubung oleh garis. Kalian harus melewati dan menyelesaikan 1 level game untuk dapat berlanjut ke level berikutnya. Level tertentu memerlukan kita mengumpulkan Dreamer Orbs dengan jumlah tertentu untuk dapat mengaksesnya.

Untuk tiap desain level gamenya, kalian akan dihibur dengan nuansa LittleBigPlanet yang ceria dan warna-warni. Banyak terlihat karakter binatang yang terbuat dari kertas ditempel di bagian dinding belakang, seperti buatan prakarya anak sekolah. Terkadang Sackboy harus memanjati tumpukan buku-buku dan melewati koleksi mainan anak-anak. Hal ini membuat Sackboy dapat dimainkan oleh segala umur, karena visual game yang menawan dan memanjakan mata.

Untuk permainannya sendiripun tidaklah susah, bahkan untuk para gamer yang kurang menggemari genre platformer. Sackboy dapat berlari, bergulir, lompat dan berpengangan pada bagian berbentuk seperti spons saat sedang menyelesaikan tiap level game. Dia juga dapat menarik, mengangkat dan melempar item tertentu untuk melewati rintangan. Dan untuk mengalahkan para musuh Sackboy dapat menampar, berputar, menampar sambil terbang, dan juga menghindar dari para musuh jika diperlukan. Seluruh gerakan Sackboy terasa nyaman dan cukup presisi tiap saat kalian menekan tombol tertentu, sehingga kalian tidak perlu ragu akan terasa delay.

Tantangan Yang Tidak Terlalu Susah

Seperti game platformer lainnya tentunya tiap level memiliki tantangan yang berbeda-beda. Selain kita harus mengumpulkan seluruh Dreamer Orbs tiap level, terdapat juga kostum pakaian yang dapat kita kenakan di Sackboy agar berganti penampilan. Jika kalian hanya ingin menyelesaikan tiap level dengan cepat juga bisa, namun buat para “completionists” tentunya ingin menyelesaikan seluruh level lengkap dengan tiap collectibles tersedia. Yang terpenting adalah Dreamer Orbs, dimana untuk membuka level terakhir di satu dunia kita harus mengumpulkannya semua.

Dengan desain tiap level yang lumayan singkat membuat “ketagihan” dan segera ingin melanjutkan level berikutnya. Namun seperti halnya game platformer, beberapa level cukup memberikan tantangan yang beragam. Para musuh pun sangat banyak variasinya, dan semakin jauh level yang kita jelajahi maka semakin memerlukan strategi untuk melewati atau mengalahkan mereka.

Soundtrack Yang Selalu Membikin Semangat

Dengan desain tiap level Sackboy: A Big Adventure yang ceria dan warna warni, ditemani dengan musik soundtrack tiap level yang selalu memberi kita semangat juga. Tiap musik disesuaikan dengan tema dan tempo tiap level, sehingga kita bisa mengikuti suara musik untuk menentukan kapan untuk melewati rintangan. Beberapa lagu terkenal juga dimasukkan seperti “Uptown Funk” dan “Material Girl” membuat kita dapat bermain sambil bernyanyi jika kalian inginkan.

Lebih Seru Dimainkan Secara Co-Operative

Dari level pertama yang kita mainkan, sudah terlihat bahwa Sackboy: A Big Adventure didesain untuk dapat dimainkan oleh 2 pemain. Kalian dapat bermain secara lokal bersama teman atau anggota keluarga, menggunakan 2 controller, atau secara online yang baru akan tersedia di akhir tahun ini menurut Sony Interactive Entertainment. Dengan bermain co-op maka kalian dapat mengkoleksi seluruh bubbles dan collectibles di level tersebut secara lengkap jika diinginkan. Dan juga terdapat beberapa level yang khusus untuk co-op, sehingga untuk para trophy hunter harus siap-siap bermain dengan 2 controller sekaligus saat ini.

Kesimpulan

Sackboy: A Big Adventure merupakan game platformer first party Sony PlayStation yang ramah untuk segala umur, seperti Astro’s Playroom yang tersedia secara gratis di tiap konsol PlayStation 5. Jika kalian ingin mengenalkan salah satu game menghibur untuk keluarga dan anak kecil di konsol PlayStation, maka game ini sangatlah cocok. Sayang sekali game ini dibuat untuk co-op tapi fitur onlinenya tidak langsung tersedia saat gamenya rilis.

Related posts

Genshin Impact Bocorkan Karakter Dari Inazuma

MongJi

Rainbow Six Extraction Siap Diungkap di Ubisoft Forward

MongJi

Prince of Persia: The Sands of Time Remake Siap Rilis di 2022

MongJi

Leave a Comment