fbpx
GameFever ID
Review

[Review] Ragnarok M: Eternal Love 2.0 – Makin Menawan

Ragnarok Online (RO) memanglah sebuah nama yang sangat populer di kalangan gamer. Khususnya mereka yang mengalami indahnya masa-masa warnet yang populer di era 2000-an. Nama RO tidak mudah hilang dari ingatan, apalagi semenjak mereka mulai menuju game mobile. Salah satunya lewat Ragnarok M: Eternal Love (ROM) yang rilis 2018.

Sudah hampir 3 tahun eksis di pasar game mobile, kini ROM hadir dengan membawa perubahan besar. Dengan mengganti nama RO 2.0, update dan perubahan baru siap menyambut gamer veteran dan juga yang baru bergabung.

Guide, Tips dan Trick Lengkap Ragnarok M: Eternal Love

Sebagai gamer ROM veteran, saya sangat menyukai update RO 2.0 ini meski jujur saja sudah lama tidak memainkannya. Lalu apa saja hal yang suka dari RO 2.0. Berikut ulasan dari saya berdasarkan dari pengalaman pemain veteran yang kembali.

Peningkatan Visual yang Memesona

Hal yang menarik perhatian saya dari RO 2.0 tentu adalah peningkatan visual yang ditawarkan. Saat selesai melakukan update, saya cukup bersemangat untuk membuka kembali aplikasi yang sudah sangat jarang disentuh. Sesampainya di dalam permainan, kebetulan karakter yang terakhir saya mainkan berada di Prontera. Kota yang sebenarnya tidak asing, namun terasa sangat berbeda. Peningkatan visual di RO 2.0 ternyata juga membawa perbedaan untuk kota-kota di game ini. Termasuk Izlude, Morroc, Payon dan map-map lainnya.

Paling dengan adanya pembahuan ini, beberapa NPC yang kebetulan saya hafal lokasi sudah pindah tempat. Jadi mau tidak mau, saya harus mencari lokasi NPC yang dimaksud. Tidak menjadi beban berat memang, hanya memakan waktu saja untuk mencarinya kembali.

Selain perubahan kota yang membuat saya takjub, pengingkatan dari sisi User Interface (UI) juga nampak berbeda. UI yang sekarang lebih tertata rapi dan makin nyaman dilihat. Saya tidak mengalami gangguan saat bermain. Ukuran UI yang terbilang cukup sangat membuat pemain veteran seperti saya masih nyaman bermain. Apalagi buat pemain baru yang saya yakin mereka juga tidak mengalami kesulitan mengakses UI.

Ada lagi yang membuat saya senang dari update RO 2.0 ini, yaitu dari aspek kamera. Di update ini kita bisa memilh satu dari tiga opsi kamera yang menjadi sudut pandang kita di permaianan. Fixed kamera membuat sudut pandang yang tidak bisa di ubah, 2,5D kamera hanya bisa di zoom in dan zoom out.

Sedangkan 3D kamera, kalian tidak hanya bisa zoom in dan zoom out tetapi juga memutar kamera sehingga sudut pandang menjadi lebih luas. Kehadiran 3D kamera ini tentu akan membantu kalian menikmati perubahan visual yang di tawarkan di RO 2.0.

Makin Bersahabat dan Ninja!

Banyaknya perubahan yang ditawarkan RO 2.0 memang tidak hanya di visual saja, namun juga di sisi gameplay. Hadirnya Cryptura Academy, map baru yang sangat berguna untuk para pemain veteran ataupun baru. Di sini, kalian bisa menaikan level karakter kalian dengan cepat. Di RO 2.0 kalian memang bisa mencapai level 120 hanya dalam waktu 30 menit saja.

Di percobaan pertama dengan karakter lama, saya bisa menaikkan level karakter dari 90 ke 120 dalam sekejap. Hanya butuh waktu kurang dari 20 menit, karakter lama saya yang sebelumnya masih sebagai Sniper langsung berubah menjadi Ranger, lengkap dengan level 120 dan job level maksimal.

Di percobaan kedua saya membuat karakter lagi di server baru, dan fitur ini pun bisa diakses kembali. Kalian tidak perlu membunuh monster atau grinding mati-matian. Cukup menjalankan misi singkat di Cryptura Academy, karakter baru kalian bisa mencapai level 120 dan langsung ke job T3. Waktu yang dibutuhkan pun singkat, hanya 30 menit saja.

Kehadiran Cryptura Academy tentu memberikan kemudahan untuk para pemain veteran dan juga pemain baru. Mereka semua tidak perlu grinding berhari-hari untuk mencapai level 120 dan ke job 3. Untuk pemain veteran, fitur ini cukup membantu saya untuk mencoba beberapa konten baru khususnya yang membutuhkan level tinggi.

Hal lainnya yang menarik dari RO 2.0 bagi saya adalah hadirnya job Ninja. Job yang satu ini sebenarnya sudah pernah saya coba di zaman RO versi PC beberapa tahun lalu. Tetapi kehadirannya di versi mobile ini masih menarik untuk saya. Untuk penampilan, Ninja di RO 2.0 terlihat keren, lengkap dengan animasi idle yang menarik. Selain itu, job ini juga memiliki tiga jalur gaya bermain yang bisa kalian pilih sesuka hati.

Fitur baru yang hadir di RO 2.0 adalah Offline Grinding. Fitur ini membantu karakter kalian untuk tetap bertualang mengumpulkan EXP dan loot selama AFK. Sayangnya, saya belum mencoba banyak fitur ini karena membutuhkan BCC yang mengharuskan saya untuk Top-up terlebih dahulu.

Area Baru yang Makin Menantang

RO 2.0 juga tidak hanya membawa perubahan, namun juga tantangan dan petualangan baru untuk para pemain. Setidaknya, ada beberapa area yang menjadi poin utama di RO 2.0 selain Cryptura Academy, yaitu Eclage, Time Garden, Floating Star Rock dan Palace of Beauty. Semuanya hadir dengan tantangan baru untuk pemain veteran dan juga pemain baru.

Saya memang belum dapat menjelajahi semua area baru tersebut. Tetapi area-area di atas tadi memang sangat menantang. Apalagi area yang bernama Palace of Beauty. Di sini kalian harus berhadapan dengan monster yang sangat kuat. Kalian dipaksa membentuk tim dengan anggota guilde atau pemain lainnya untuk mengalahkan monster tersebut demi mengungkap rahasia yang sangat gelap.

Kesimpulan

Banyak perubahan yang saya rasakan di RO 2.0 sebagai pemain veteran. Visual baru membuat game ini menjadi berbeda, namun masih ada kesan lama yang masih menempel di otak. Saya bisa menikmati alunan musik khas Prontera dengan tampilannya yang makin menawan. Petualangan pun semakin menarik dengan UI yang makin nyaman dan kehadiran Ninja sebagai job baru yang bisa kalian coba.

Kehadiran Cryptura Academy juga sangat membantu untuk para pemain veteran yang kembali. Apalagi yang belum sempat mencicipi karakter di level 120 dan sudah mencapai job T3. Fitur ini juga sangat berguna untuk pemain baru. Tetapi saat rasanya ada “petualangan” yang hilang saat mencapai level 120.

Konten baru lewat hadirnya map menantang juga menjadi dorongan untuk pemain veteran kembali berpetualang. Apalagi mereka sudah dibantu lewat Cryptura Academy. Sayangnya saya belum bisa mencoba lebih dalam karena level karakter saya belum cukup memadai.

RO 2.0 sudah bisa kalian mainkan secara gratis di Android dan iOS.

Related posts

5 Game Mobile Ragnarok Seru yang Bisa Dimainkan Saat Ini

MongJi

Ragnarok M: Eternal Love 2.0 Siap Meluncur Besok!

MongJi

Ragnarok M: Eternal Love 2.0 Buka Pendaftaran Tahap Beta untuk Veteran dan Pemain Baru

MongJi

Leave a Comment