fbpx
GameFever ID
Review

[Review] Nioh 2 – Lebih “Mudah” Dari Seri Sebelumnya

Game ini direview menggunakan PlayStation 4 Pro

Saat Nioh rilis tahun 2017 lalu langsung menjadi salah satu genre game Souls-like paling sukses, baik dalam review dan penjualan. Dengan tingkat kesusahan dan tantangan mirip dengan Dark Souls dan Bloodborne, membuat Nioh menjadi salah satu game yang sangat menantang saat rilis. Koei Tecmo dan Team Ninja mengumumkan bahwa dalam 2 minggu pertama setelah rilis, Nioh terjual sebanyak 1 juta copy. Kesuksesan ini tentu membuat franchise Nioh dilanjutkan, dan 3 tahun kemudian Nioh 2 rilis pada tanggal 13 Maret 2020.

Kembali ke Zipangu era Sengoku

Nioh 2 merupakan kisah prequel, berdasarkan dunia fiksi era Sengoku tahun 1555, 45 tahun sebelum Nioh pertama. Sang protagonis yang tidak memiliki nama adalah setengah manusia dan setengah Yokai, makhluk supernatural dalam cerita rakyat Jepang. Dalam perjalanannya memburu para Yokai dan mencari tahu siapa pembunuh orang tua nya, karakter kita bertemu dengan Tokichiro, seorang pemburu Spirit Stones. Dengan tujuan yang sama mereka berdua melakukan petualangan bersama keliling daratan Jepang.

[Review] Nioh 2 - Lebih "Mudah" Dari Seri Sebelumnya

Dalam hal cerita, Nioh 2 dibagi menjadi berbagai mission dan sub mission, dengan total 6 region. Tampilan utama game adalah sebuah peta salah satu region, dimana tugas kita adalah menyelesaikan setiap misi utama terdahulu. Setelah menyelesaikan 3 misi utama, kita dapat memilih untuk menyelesaikan semua sub mission terdahulu, atau langsung ke region berikutnya untuk melanjutkan cerita. Namun terkadang level rekomendasi antara tiap misi utama cukup jauh, sehingga terkadang kalian akan merasa cukup berat untuk menyelesaikannya.

Oleh karena itu sub mission disediakan untuk kalian menaikkan level terdahulu, agar lebih kuat saat lanjut ke misi utama berikutnya. Beberapa sub mission memiliki cerita yang berhubungan dengan misi utama, beberapa lainnya hanyalah permintaan tolong dari para NPC. Jika kalian pernah memainkan seri sebelumnya maka akan sangat mudah mengenali sistem permainan Nioh 2.

Sistem Kustomisasi Karakter yang Lebih Luas

Kali ini karakter yang kita mainkan adalah buatan sendiri saat memulai permainan, dan dapat memilih antara gender lelaki atau perempuan juga. Sistem kreasi karakter di Nioh 2 cukup memacu kita untuk membuat  muka karakter mirip dengan karakter game/film favorit kita. Dan yang paling menarik adalah kita dapat meng-share kreasi karakter kita secara online agar dapat digunakan oleh pemain lain jika mereka suka.

[Review] Nioh 2 - Lebih "Mudah" Dari Seri Sebelumnya

[Review] Nioh 2 - Lebih "Mudah" Dari Seri Sebelumnya

[Review] Nioh 2 - Lebih "Mudah" Dari Seri Sebelumnya

Untuk sistem battle, Nioh 2 memiliki beberapa pilihan weapon baru, seperti Switchglaive dan Hatchet yang memberikan pilihan gaya permainan yang baru. Dengan total 9 jenis weapon sebagai pilihan, Nioh 2 terasa lebih luas dan “dalam” dibanding seri sebelumnya. Tiap jenis weapon memberikan daya serang yang berbeda, tergantung dari 1 dari 3 “stance” yang tersedia: Low, Mid dan High. Dengan 3 pilihan stance ini kalian dapat bereksplorasi gaya serangan yang sesuai dengan weapon favorit, agar lebih unggul saat bertaung.

Burst Counter Memberikan Pengalaman Bermain yang Baru

Yang menarik adanya fitur baru bernama Burst Counter, mirip dengan sistem parry attack di Dark Souls dan Bloodborne. Saat kalian menangkis serangan musuh yang di-charge (berwarna merah) dengan tepat, musuh akan menjadi stagger dan kehilangan Ki cukup banyak. Fitur ini sangat berguna tapi memerlukan latihan untuk menguasainya dengan lancar, karena tiap musuh memiliki waktu serangan charge yang berbeda-beda. Sangat puas rasanya setiap kali Burst Counter kita berhasil saat sedang melawan musuh biasa ataupun boss, karena ada animasi dan suara khusus saat berhasil.

[Review] Nioh 2 - Lebih "Mudah" Dari Seri Sebelumnya

Untuk fitur co-operative di Nioh 2, jumlah pemain random atau teman yang dapat dipanggil dinaikkan menjadi maksimum 2 pemain sekaligus. Dengan tiga orang bermain berbarengan bukanlah berarti permainan menjadi lebih gampang, HP dan serangan musuh juga ditingkatkan. Terkadang beberapa misi terasa lebih mudah dilakukan kita sendiri, dan ada beberapa sub mission yang harus dilakukan secara solo juga.

Dan beberapa misi juga kita terkadang ditemani oleh seorang NPC yang tidak dapat mati, hanya jika terkena serangan bertubi-tubi mereka akan menjadi stagger untuk beberapa waktu. Dan juga saat dalam misi kita melihat berbagai pedang berwarna biru di lantai yang dapat kita summon untuk membantu kita, namun mereka memiliki batas waktu dan dapat mati.

Sesuatu yang Baru… dan Lama

Mengenai NPC, musuh hingga boss yang tersedia, beberapa kembali dari Nioh pertama, dan ada juga beberapa yang baru. Sama seperti seri sebelumnya, jika kita mengalahkan boss yang memiliki Yokai, maka Yokai tersebut akan bergabung dengan kita untuk kita gunakan sebagai Guardian Spirit.

Beberapa misi dan sub mission menggunakan area dari Nioh pertama, memberikan unsur nostalgia kepada para pemain seri sebelumnya. Namun area-area lama ini cukup banyak yang dikembalikan, sehingga membuat Nioh 2 menjadi seperti Nioh versi 1,5. Memang Nioh 2 merupakan prequel, sehingga beberapa beberapa karakter, musuh, dan area terasa pas dikembalikan agar sesuai dengan alur cerita. Namun dengan jarak rilis kedua seri selama 3 tahun, seharusnya Team Ninja dapat memberikan nuansa yang cukup baru dan berbeda.

[Review] Nioh 2 - Lebih "Mudah" Dari Seri Sebelumnya

Dalam segi grafis dan engine, terlihat juga bahwa Nioh 2 menggunakan engine game Nioh pertama. Selain sistem kreasi karakter, saat di dalam game tidak terlihat sesuatu yang baru. Gerakan dan animasi karakter kita dan musuh tidak berbeda dengan Nioh pertama. Kembali, mungkin karena prequel jadi tidak ingin terlalu melenceng atau modern dari seri sebelumnya. Semoga saja jika ada seri Nioh berikutnya akan 100% menggunakan engine, grafik, dan asset game yang baru juga.

Apakah Nioh 2 Lebih Susah dari Seri Sebelumnya?

Dengan tidak adanya misi solo melawan 2 boss sekaligus dan fitur baru Burst Counter membuat Nioh 2 terasa lebih dapat dimainkan dari sebelumnya. Namun bukanlah berarti menjadi lebih gampang, Nioh 2 tetap menantang, baik untuk pemain baru dan veteran genre Souls-like. Musuh biasa dapat 2-3 hit KO jika kita lengah atau meremehkan, ditambah dengan adanya serangan charge yang terkadang dikeluarkan pada saat yang tidak tepat. Dalam segi cerita, di region terakhir kita akan diberikan suatu kejutan, jika kalian memainkan seri sebelumnya. Namun jika kalian langsung memainkan Nioh 2, tidak harus mengetahui cerita Nioh pertama terdahulu. Karena inti dari Nioh 2 adalah battle, dan tiap battle terasa seru, menantang dan memuaskan, dari awal hingga akhir cerita.

[Review] Nioh 2 - Lebih "Mudah" Dari Seri Sebelumnya

Related posts

5 Game Samurai yang Wajib Dicoba di Tahun 2020

MongJi

Seri Dark Souls Telah Terjual Lebih Dari 27 Juta Copy

clauscj

“Advent Children” Merupakan Inti Desain Final Fantasy VII Remake

clauscj