fbpx
GameFever ID
Review

[Review] Nier Replicant ver. 1.22474487139 – Game yang Seharusnya Rilis di 2021

Pertama kali masuk ke dalam permainan dan melihat aksi dari Nier, saya teringat akan 2B, A2, dan juga 9S dari Nier: Automata. Hal yang membuat teringat akan Nier: Automata adalah design karakter yang menjadi salah satu favorit saya. Setiap karakter dibuat layaknya karakter anime yang pasti kalian sudah tidak merasa asing lagi.

Hal berikutnya yang membuat saya teringat dengan Nier: Automata adalah sistem pertarungan yang bisa dibilang sama. Apalagi untuk pemain seperti saya yang sangat banyak menghindar, hal tersebut sangat membantu karena kemudahan dalam menghindar di permainan.

Square Enix memastikan beberapa hal di Nier Replicant ver. 1.22474487139 tetap sama dengan versi yang rilis di 2010. Mulai dari bercocok tanam layaknya game Harvest Moon, memancing dengan beberapa jenis ikan yang memiliki tingkat kesulitannya masing-masing dan juga perspektif yang tidak melulu 3D.

Berikut review saya untuk Nier Replicant ver. 1.22474487139.

Di Review menggunakan PlayStation 4 versi Slim dan game yang di berikan oleh Square Enix.

Baca Juga: [Review] Marvel’s Avengers – Fanservice MCU Yang Cukup Potensial

Grafis Lebih Nyata Apalagi Dari Sisi Design Karakter

Permainan dimulai ketika Nier sang tokoh utama pergi mencari makanan untuk adiknya Yonah yang sedang sakit. Dengan cepat Square Enix akan menempatkan pemain dalam posisi bertarung dengan segerombolan monster yang diberi nama Shades. Dari sini saya benar-benar merasa bahwa Square Enix tidak ingin pendahulu Nier: Automata terlupakan begitu saja. Alasannya karena setiap design karakter dan juga latar tempat benar-benar diubah ke level yang sangat indah.

Design karakter yang jauh lebih High Definition dan juga latar belakang tempat yang diubah jauh lebih detail apabila dibandingkan dengan pendahulunya. Soal detail juga sangat terasa saat jejak darah yang akan menempel di sepatu Nier dan akan meninggalkan jejak apabila dia berlari atau berjalan.

Grimoire Weiss, alasan saya betah main berjam-jam!

Untuk urusan combat, menurut saya Toylogic benar-benar berhasil. Setiap gerakan Nier benar-benar dibuat sangat luwes layaknya 2B, 9S, dan juga A2 di Nier: Automata karya PlatinumGames. Kemudahan dalam menghindar, mengatur tombol shortcut untuk Magic, senjata, dan juga penggunaan healing items benar-benar lebih mudah. Cukup dengan menekan tombol D-pad yang ada di Dualshock 4, kalian bisa mengaksesnya dengan cepat dan mudah.

Jadi saya berani jamin kalau kalian akan senang dengan mekanisme combat di Nier Replicant ver. 1.22474487139. Apalagi kalau kalian termasuk pemain yang sering menghindar seperti saya saat boss meluncurkan serangan yang sangat sakit. Kalian pasti akan dengan mudah menguasai setiap fitur pertarungan yang ada agar tidak mudah terkalahkan.

Berbicara soal Magic, Nier dibantu oleh sebuah buku yang bernama Grimoire Weiss. Misi mereka adalah mencari semua sihir (Sealed Verse) yang tersebar di beberapa bagian di dunia Nier ini. Sihir-sihir yang dimaksud bisa mempunya banyak fungsi mulai dari tipe bertahan untuk menahan serangan-serangan proyektil musuh atau sihir-sihir menyerang seperti melemparkan tombak bisa memberikan damage cukup besar ke musuh.

Hal yang menjadi daya tarik saya sendiri adalah pengisi suara dari Grimoire Weiss ini, yaitu Liem O’Brien. Menurut saya pribadi, dia berhasil membuat Grimoire Weiss benar-benar hidup. Hal ini sangat terasa karena Grimoire Weiss sempat beberapa kali membuat saya tertawa kecil karena leluconnya. Ditambah lagi saat dialognya dengan Kaine yang membuat suasana permainan tidak begitu menegangkan.

Sistem Combat yang Repetitif

Walaupun setiap gerakan dari Nier jauh dibuat lebih luwes layaknya di Nier: Automata, ada hal yang tidak bisa terhindarkan. Hal itu adalah kemungkinan akan munculnya rasa bosan saat berbicara soal combat. Beberapa kali saya merasa setiap musuh yang menghampiri seperti tidak sepadan untuk saya lawan karena tidak memiliki tantangan. Hal ini juga akan terbawa ketika kalian ingin mengerjakan misi sampingan.

Misi sampingan di Nier Replicant ver. 1.22474487139 benar-benar tidak diubah oleh Square Enix. Kalian akan tetap diberikan misi untuk mengalahkan monster tertentu, atau mencari barang tertentu dari musuh tertentu. Jadi kalau kalian ingin Nier menggunakan senjata yang bagus, saya sangat menyarankan kalian untuk mengerjakan misi-misi sampingan tersebut agar bisa mendapatkan Gold untuk kalian belikan senjata. Meskipun senjata tersebut bisa kalian upgrade ke tingkat yang lebih bagus.

Kalau kalian hanya ingin mengetahui jalan ceritanya saja, meng-upgrade senjata hingga level menengah saja sudah lebih dari cukup untuk bisa mengalahkan musuh-musuh besar.

Walaupun misi sampingan yang menurut saya tidak begitu menyenangkan untuk dikerjakan, hal yang membuat saya bisa bertahan berjam-jam memainkan game ini adalah inti dari cerita yang disajikan. Cerita di Nier Replicant ver. 1.22474487139 berhasil membuat perasaan saya bercampur. Untuk soal cerita, tentu saya tidak akan bercerita banyak agar kalian bisa menikmatinya sendiri.

Sentuhan tidak terlupakan yang dijamin akan menambah rasa sedih maupun senang adalah background musik yang digunakan oleh Square Enix. Saya merupakan salah satu fans berat dari OST-nya Nier: Automata. Ketika saya sadar bahwa lagu-lagu di Nier: Automata menggunakan lagu dari Nier Replicant yang dirilis di 2010, saya langsung jatuh hati pada game ini.

Kesimpulan

Nier Replicant ver. 1.22474487139 bisa benar-benar membosankan karena sifatnya yang repetitif. Namun apabila kalian seorang Trophy Hunter, hal tersebut mau tidak mau harus kalian hadapi. Tapi apabila kalian hanya seorang penikmat game dengan cerita yang mencampur adukan perasaan, Nier Replicant ver. 1.22474487139 bisa membuat kalian sedikit mewek di beberapa bagian.

Grafis dan juga combat merupakan aspek terbesar yang paling banyak berubah dari versi sebelumnya. Hal ini membuat saya semakin yakin bahwa Nier Replicant ver. 1.22474487139 merupakan game yang seharusnya dirilis untuk PS4 maupun Xbox One. Kalau kalian memainkan Nier: Automata dan suka dengan game tersebut, Nier Replicant ver. 1.22474487139 menjadi game yang harus kalian mainkan agar kalian tidak memiliki banyak pertanyaan tentang mengapa bisa terlahir Nier: Automata.

Nier Replicant ver. 1.22474487139 sudah dirilis dan bisa kalian mainkan di PS4, Xbox One serta PC via Steam

Related posts

Kolaborasi, Genshin Impact Hadirkan Aloy dari Horizon Zero Dawn

MongJi

Genshin Impact Umumkan Update 2.0, Akhirnya Ayaka Datang!

MongJi

5 Fakta Menarik Battlefield 2042 yang Wajib Kalian Ketahui

Roni Istianto

Leave a Comment