fbpx
GameFever ID
Review

[Review] Ghost of Tsushima – Petualangan Sang Samurai

Game ini direview menggunakan PlayStation 4 Pro

Setelah merilis inFamous Second Son dan expansionnya inFamous First Light di tahun 2014, developer Sucker Punch Productions ingin membuat sebuah IP game open world baru. Pada tahun 2017 akhirnya diumumkan secara resmi Ghost of Tsushima, game open world terinspirasi dengan fantasi menjadi seorang pendekar samurai.

Sebuah Kisah Fiksi Dari Sejarah Asli

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai

Kamu adalah Jin Sakai, satu-satunya yang selamat dari 80 samurai saat pulau Tsushima diinvasi oleh bangsa Mongol di tahun 1274. Kublai Khan mengirim sepupunya Khotun Khan sebagai jendral utama untuk menguasai negara Jepang, dimulai dengan pulau Tsushima. Khotun Khan menyandera Lord Shimura, pemimpin (Jito) pulau Tsushima dan paman Jin Sakai untuk memastikan suksesnya invasi. Jin diselamatkan oleh Yuna, seorang rakyat jelata dengan ketrampilan bertahan hidup yang cukup tinggi. Dengan bantuan Yuna dan para sekutu tersisa lainnya, Jin berjanji akan membebaskan Lord Shimura dan pulau Tsushima dari bangsa Mongol.

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai
Ryuzo, teman kecil dan salah satu sekutu tersisa Jin
Perjalanan Jin membebaskan pulau Tsushima terbagi menjadi 3 jenis misi: kisah utama bernama “Jin’s Journey“, “Tales of Tsushima” yang merupakan side quest, dan misi spesial “Mythic Tales“. Di awal game kita akan diberikan 2 Jin’s Journey sebagai tutorial dan untuk mendapatkan 2 Technique dasar. Setelah menyelesaikan kedua Journey tersebut akan mulai terbuka beberapa Tales of Tsushima. Mengerjakan tiap Tales akan membantu para sekutu Jin menyelesaikan masalah mereka masing-masing agar mereka setuju membantu membebaskan Lord Shimura. Tiap Tales berbentuk cerita bersambung dan patut dikerjakan dari awal karena memberikan berbagai hadiah yang cukup berguna. Contoh: membantu seorang Blacksmith bernama Taka akan menghadiahkan kita sebuah Grapple untuk menggapai area tertentu yang tidak dapat dicapai dengan cara biasa. Mythic Tales merupakan misi spesial yang memberikan hadiah unik, sangat berguna untuk membuat Jin menjadi lebih gampang memenangkan setiap pertarungan.

Tsushima adalah Pulau yang Indah dan Penuh Misteri

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai

Dengan tampilan dari sudut pandang ketiga, kita dapat melihat detilnya armor Jin Sakai dan karakter NPC lainnya di dalam game. Pulau Tsushima sendiri terlihat cukup luas dan penuh dengan detil yang sangat beragam. Setiap area dibagi menjadi propinsi dengan suasana yang berbeda satu dengan lainnya. Saat kita berjelajah akan melewati banyak padang Pampas Grass yang dapat digunakan oleh Jin sebagai tempat berlindung dari musuh, atau untuk menyelinap/menyerang musuh secara stealth. Dan juga banyak area hutan yang memiliki pohon Maple, memberikan nuansa warna merah. Terdapat juga area hutan bambu yang lebat, area sawah luas penuh dengan petak-petak dan berbentuk bukit. Jika kita sedang melewati area pantai akan terdengar suara burung camar dan ombak laut yang sangat otentik.

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai

Namun suasana perang juga menghiasi pemandangan pulau Tsushima. Terkadang kita melewati perumahan yang kosong dan berantakan, bahkan terbakar hangus. Di pinggir jalan kita suka melihat para mayat rakyat Tsushima yang tergeletak atau digantung di pohon. Para pasukan Mongol berpatroli dan bermarkas di berbagai lokasi strategis, dan para bandit juga suka terlihat menjarah para penduduk Tsushima yang tidak berdaya. Dan juga hewan-hewan liar seperti beruang dan babi hutan berkeliaran bebas dan menyerang siapapun yang mendekatinya.

Menjelajahi pulau Tsushima tidak terasa membosankan, karena banyak hal yang membuat kita tertarik untuk menghampirinya, baik untuk sekedar menikmati pemandangan, memeriksa isi rumah demi mencari supply, atau berbicara dengan NPC untuk mendapatkan informasi atau side quest terbaru.

Open World Tanpa Waypoint

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai
Perhatikan arah hembusan angin untuk mencapai tujuan
Open world yang luas dan beragam ini dibuat dengan detil oleh Sucker Punch agar para pemain dengan mudah membedakan setiap area. Karena di Ghost of Tsushima tidak disediakan “waypoint” seperti game open world lainnya. Waypoint digantikan dengan Guiding Wind, hembusan angin yang dapat kita panggil dengan menggeser ke arah atas di touchpad DualShock 4. Guiding Wind akan berhembus ke arah tujuan misi yang sedang Jin jalankan saat itu. Jika kalian merasa tersasar atau takut melenceng dari arah tujuan dapat memanggil Guiding Wind kapanpun saat sedang mengeksplorasi pulau Tsushima.

Guiding Wind juga berguna untuk mempermudah mencari item collectibles yang tersebar di sekeliling pulau. Item collectibles di Ghost of Tsushima tidak hanya untuk dikoleksi, tapi memberikan efek yang berguna untuk Jin. Menemukan setiap Inari Shrine akan membuka slot Weapon Charm yang baru. Dengan menyelesaikan setiap tantangan mini-game Bamboo Strikes akan menambah jumlah Resolve. Dengan menemukan berbagai Hot Spring akan menaikkan jumlah maksimum HP. Dan juga ada item Headband dan lainnya yang dapat dikoleksi dan dikenakan oleh Jin. Semua item collectibles tersebar memenuhi pulau Tsushima, sehingga open world nya terasa padat.

Sistem Pertarungan yang Memerlukan Presisi

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai
Saat Standoff sukses langsung dapat menggunakan Photo Mode
Bergenre action-adventure, Ghost of Tsushima dapat dimainkan dengan 2 pilihan: bertarung secara terbuka seperti layaknya seorang pendekar Samurai, atau membunuh musuh tanpa terlihat seperti sebuah hantu (Ghost). Di saat kita sedang eksplorasi akan berpapasan dengan pasukan Mongol yang sedang patroli atau menyandera rakyat Tsushima, sehingga kita harus melawan mereka secara terbuka. Dengan opsi “Standoff” saat kita sedang mendekati mereka, akan membuat kita memasuki kondisi duel dengan salah satu pasukan Mongol tersebut. Standoff akan sukses atau gagal tergantung dari reaksi mata kita membaca gerakan musuh sedang menggertak atau saat mereka akan menyerang kita. Jika Standoff sukses maka musuh tersebut akan langsung mati dalam 1 sabetan pedang Jin, mengurangi jumlah musuh yang harus dilawan secara normal. Namun jika Standoff gagal maka Jin akan terkena damage critical dari musuh tersebut, mengakibatkan resiko yang sangat tinggi untuk kalah di pertarungan jika kita tidak cepat mengisi HP Jin.

Sistem pertarungan Ghost of Tsushima memerlukan koordinasi mata dan jari yang cukup cepat dan presisi jika untuk memenangkan tiap pertarungan. Dengan melakukan tangkisan (parry) di saat yang tepat, maka kita dapat memberikan damage yang besar ke musuh, dan terkadang juga membuat mereka menjadi stagger. Namun karena kita tidak dapat mengunci/memilih musuh mana untuk kita serang terdahulu, maka kita harus sangat memperhatikan sekeliling Jin. Mayoritas kondisi pertarungan adalah Jin melawan pasukan musuh dengan jumlah antara 3 hingga diatas 10 secara bersamaan, dibagi menjadi pasukan melee dan archer. Oleh karena itu kita harus memperhatikan gerakan dan suara musuh yang akan menyerang kita, agar kita dapat menangkis atau menghindari serangan mereka.

Sword Stance, Ghost Technique, Mystic Arts

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai
Tampilan technique Samurai, Mythic Arts dan Exploration
Walau weapon utama kita hanyalah sebuah katana, Jin memiliki 4 macam Stance saat sedang bertarung. Untuk awal kita hanya memiliki Stone Stance yang efektif melawan musuh-musuh awal. Water Stance efektif untuk melawan musuh berpedang dan mengenakan shield. Wind Stance efektif untuk jenis musuh bersenjata tombak. Moon Stance efektif untuk melawan musuh yang berbadan dan menggunakan weapon ukuran besar. Selain Stone Stance yang sudah dimiliki dari awal, ketiga Stance lainnya harus dibuka terdahulu dengan mengalahkan para pemimpin pasukan Mongol.

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai

Sesuai dengan pilihan pertarungan, pemain dapat meningkatkan technique Samurai dan Ghost. Dengan meningkatkan technique Samurai, Jin dapat menangkis dan menghindar dengan lebih lihai. Terdapat juga Mythic Arts yang didapat dengan menyelesaikan Mythic Tales, masing-masing memiliki skill yang sangat unik. Technique Ghost memiliki beberapa weapon tambahan untuk membantu dalam pertarungan, seperti Kunai, Smoke Bomb dan lainnya. Seiring jalan cerita, technique Ghost juga akan berkembang dan memiliki beragam skill berguna seperti Archery, Assassination.

Walau tidak ada sistem level, namun kita harus menaikkan “Legend” milik Jin. Setiap Legend akan memiliki titik-titik dan garis semacam EXP bar. Setiap garis mencapai 1 titik, maka Jin akan mendapatkan 1 Technique (skill) point. Technique point ini digunakan di Samurai, Stance dan Ghost untuk membuka dan meningkatkan technique yang kita inginkan. Menyelesaikan Journey dan Tales akan memberikan EXP terbesar dibandingkan jika kita mengalahkan musuh di tengah jalan saat eksplorasi.

Jin memiliki HP dan Resolve yang dinaikkan dengan cara eksplorasi dan mengikuti jalan cerita. Resolve adalah suatu point berbentuk bulatan diatas HP Jin, berguna untuk mengisi HP Jin yang hilang dengan menekan bawah tombol D-Pad. Seiring jalan cerita Resolve juga digunakan untuk beberapa technique tertentu. Cara mengisi ulang Resolve adalah dengan mengalahkan musuh dan memenangkan Standoff.

Armor dan Charm Memiliki Beragam Efek Support

Ghost of Tsushima memiliki berbagai pilihan Armor yang beragam dan unik, dari desain dan efek nya. Ada armor yang menaikkan jumlah maksimum HP dan mengurangi damage yang diterima cukup besar. Ada juga armor yang berguna untuk menemukan item Artifact saat bereksplorasi. Kita dapat berganti-ganti armor kapan saja sesuai kebutuhan kita baik saat dalam pertarungan pun.

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai
Berdoa di Inari Shrine akan membuka slot Charm baru
Selain Armor, Jin juga dapat mengenakan Weapon Charm yang memiliki efek yang bermacam-macam. Charm terbagi menjadi 2, Major dan Minor Charm. Major Charm didapat dari menjalankan cerita dan menemukan Shinto Shines di open world. Minor Charm didapat dari menyelesaikan Tales dan membebaskan lokasi-lokasi jajahan pasukan Mongol di open world.

Bagaikan Menonton Film Perang Klasik Jepang

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai

Sucker Punch terinpirasi oleh film-film Samurai buatan Akira Kurosawa, sehingga mereka menginginkan semuanya terlihat dan terdengar otentik dan klasik. Tim mereka sampai pergi ke Jepang untuk merekam berbagai suara, hingga suara burung-burung pun.

Jika kalian memilih audio bahasa Jepang (sangat saya sarankan), maka kalian akan merasa sedang memainkan film Jepang era feudal. Suara dan mimik muka Jin dan karakter lainnya terasa lebih cocok saat berbahasa Jepang dibandingkan berbahasa Inggris. Saat kita sedang mengunjungi rumah penduduk maka akan terdengar dialog mereka yang juga terasa lebih cocok dengan bahasa Jepang.

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai
Golden Bird akan mengarahkan Jin ke collectible
Suara game saat di open world juga terasa sangat unik dan berbeda-beda. Kalian akan mengetahui saat seekor Golden Bird atau Red Fox memanggil Jin untuk mengarahkan dia menuju area atau item tersembunyi. Suara Guiding Wind yang sangat kencang memastikan kita tidak akan nyasar mencari lokasi tujuan. Kita juga dapat mengetahui suara bangsa Mongol yang khas dan berbeda dengan bahasa Jepang saat kita mendekati area markas jajahan mereka.

Dengan ini sangat disarankan untuk memainkan Ghost of Tsushima menggunakan headphone atau headset, agar kalian dapat menikmati berbagai macam suara unik di dalam game dengan puas.

Visual dan Photo Mode yang Menawan

Kalian juga dapat merubah-rubah warna tiap armor dan sarung katana milik Jin jika agar tidak merasa bosan. Beberapa armor pun dapat dirubah tampilannya agar sesuai dengan pilihan tutup kepala dan topeng yang dikenakan Jin.

Seperti yang sudah saya utarakan di atas, pemandangan pulau Tsushima sangat beragam, unik dan tidak membosankan. Dan jika kalian ingin lebih merasa sedang menonton film samurai klasik, disediakan pilihan visual “Kurosawa Mode”. Dengan memilih Kurosawa Mode ini tampilan game akan menjadi hitam putih, seperti layaknya film jaman dulu.

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai

Sucker Punch terkenal sebagai salah satu developer pertama yang memperkenalkan fitur Photo Mode saat merilis inFamous Second Son. Dan mereka menaikkan standar di Ghost of Tsushima dengan memiliki Photo Mode yang dinamis. Photo mode dijadikan wallpaper atau GIF jika kalian inginkan, karena memiliki efak gambar dan suara. Dengan banyaknya opsi fiturnya, bermain Photo Mode di Ghost of Tsushima tidak pernah terasa membosankan.

Kesimpulan

[Review] Ghost of Tsushima - Petualangan Sang Samurai

Ghost of Tsushima menawarkan “evolusi” game open world dengan fitur Guiding Wind, dapat menjadi standar baru untuk video game lainnya kedepan. Memainkan Jin kita merasakan bagaimana menjadi seorang pendekar Samurai yang tidak mengenal rasa takut, dan juga seorang Ghost yang yang ditakuti oleh semua orang yang mendengar kisahnya. Dengan sistem battle menantang, pemandangan yang indah dan beragam, dan juga fitur Photo Mode yang dinamis membuat petualangan kita di Jepang jaman dahulu sangat memuaskan.

Related posts

5 Game Open World yang Dunianya Terasa Hidup

MongJi

DualShock 4 “Dapat” Digunakan Di Konsol PlayStation 5

clauscj

5 Rekomendasi Game Indie untuk Bulan Agustus 2020

clauscj

Leave a review

  • Gameplay
  • Graphic
  • Story
  • Sound