fbpx
GameFever ID
  • Home
  • Review
  • [Review] FIFA 20 – Terselamatkan oleh Volta Football
Review

[Review] FIFA 20 – Terselamatkan oleh Volta Football

Bersamaan dengan dimulainya musim baru sepak bola 2019/2020, EA Sports ikut meramaikannya dengan merilis FIFA 20. Bila dibandingkan dengan musim lalu, tidak banyak perubahan signifikan di FIFA 20. Soal grafis, FIFA 20 tidak banyak mengalami perubahan. Bahkan kami sendiri kesulitan mencari perbedaan dengan seri sebelumnya. Mulai dari presentasi secara general, adegan pembuka tiap pertandingan hingga komentar dalam pertandingan sama dengan FIFA 19.

Tetapi, EA Sports justru menawarkan konten baru dan segar dan salah satunya adalah Volta Football. Apa itu Volta Football dan kenapa FIFA 2020 terselamatkan olehnya? Alasannya akan kami bahas dalam artikel review kali ini.

Angin segar dari Volta Football

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Volta Football hadir seperti angin segar yang hadir untuk FIFA 20. Volta sendiri adalah sebuah mode permainan sepak bola jalanan. Bila pernah memainkan FIFA Streetball, berarti kalian bakal familiar dengan apa yang ditawarkan oleh Volta. Misalnya saja selebrasi heboh dan unik yang ditawarkan, trik-trik ala sepak bola jalanan yang ditampilkan hingga pertandingan 3 lawan 3 di sebuah lahan parkir.

Tidak hanya lingkungannya yang menyenangkan, gameplay di Volta Football pun sangat menghibur juga. Kalian bisa memanfaatkan keadaan lapangan yang bervariasi, seperti memantulkan bola ke tembok untuk mengecoh lawan. Kesulitan yang kami rasakan dari Volta Football adalah ketika ingin mencetak gol. Ukuran gawang yang sangat kecil membuat kami kesulitan untuk menceploskan bola ke gawang. Selain itu untuk menguasai trik kami sedikit kesulitan di awal. Tetapi sekali menguasainya, kami langsung tersenyum dan jadi ketagihan main.

Volta Football sendiri adalah mode pengganti dari The Journey yang hilang di FIFA 20. Tapi buat kalian yang kangen dengan Alex Hunter, Volta Football juga mengimplementasikannya lewat mode Story. Sekarang kalian bisa memilih untuk mengendalikan karakter yang tersedia dan tidak terpaku hanya satu karakter saja.

Layaknya di The Journey, Volta Football juga punya sistem progress. Tiap menyelesaikan pertandingan, ada peningkatan status karakter berdasarkan performa di atas lapangan. Kalian juga bisa menambahkan skill karakter dengan poin yang di dapat. Fitur kustomisasi juga tersedia di Volta Football. Karakter bisa dipercantik menggunakan perlengkapan yang diperoleh. Tak hanya satu karakter saja, tapi seluruh karakter yang ada di dalam tim. Kalian juga bisa merekrut karakter baru untuk bergabung dengan timnya.

Volta Football memang memberikan hal baru ke FIFA 20. Apalagi FIFA Streetball sudah absen sangat lama sekali. Kalian yang bosan dengan permainan sepak bola tradisional, bisa mengekspresikan diri lewat trik-trik sepak bola jalanan di Volta Football. 

Career Mode yang kini juga makin terlihat nyata

Presentasi yang ditawarkan EA Sports untuk Career Mode di game ini sangat baik sekali. Kini pemain bisa memilih turnamen pra musim untuk mengasah tim yang selesai menjalani liburan. Ditambah ada beberapa opsi latihan yang bisa dicoba untuk meningkatkan status pemain

Di FIFA 20, Career Mode kini lebih fokus ke moral tim. Lewat halaman Team Management, kalian bisa melihat moral tiap pemain. Wajah sedih berwarna merah menandakan bahwa pemain itu sedang tidak bahagia. Sedangkan wajah tersenyum berwarna hijau berarti pemain tersebut sedang senang.

Perubahan moral pemain ini bakal tergantung dari performa dan jawaban dari kalian yang bertugas sebagai manager. Jawaban yang dimaksud ketika kalian melakukan segmen wawancara pasca pertandingan. Kalian akan dihadapkan pertanyaan dan harus memilih satu dari tiga opsi pertanyaan yang ada. Tiap jawaban tersebutlah yang bakal memberikan dampak moral pemain atau tim keseluruhan.

Satu hal yang jadi kelemahan dari Career Mode adalah cutscene ketika kami melakukan negosiasi dalam pembelian pemain atau memberikan mereka kontrak baru. Seakan tidak pernah belajar, FIFA 20 masih menggunakan cutscene tanpa dialog. Inilah yang mengurangi bentuk nyata dari Career Mode itu sendiri.

Secara keseluruhan, perubahan di Career Mode yang kini terlihat semakin terlihat nyata sangat kami nikmati. Layaknya manager asli, kalian  akan bertanggung jawab atas sebuah tim profesional. Apalagi adanya sistem moral bisa melatih kalian untuk bisa menjadi manager tim sepak bola asli.

Kesimpulan

FIFA 20 masih menjadi game sepak bola yang indah dan menyenangkan serta adiktif. Penambahan Volta Football menjadi langkah brilian dari EA Sports untuk mengatasi keringnya variasi FIFA 20. Mungkin EA Sports memang harus memberikan inovasi baru untuk FIFA di musim-musim selanjutnya tanpa melupakan detail kecil.

Kami suka juga sebenarnya dengan Career Mode yang disediakan yang kini lebih terlihat nyata seperti mengurusi tim sepak bola profesional. Tetapi, FIFA 20 harus melakukan perubahan di beberapa detail agar Career Mode menjadi aspek adiktif lainnya.

Related posts

Inilah Para Pemenang Ajang The Game Awards 2019

MongJi

Ghost of Tsushima Ungkap Jadwal Rilis!

MongJi

Microsoft Umumkan Senua’s Saga: Hellblade 2 untuk Xbox Series X

Aldurrr

Leave a Comment