fbpx
GameFever ID
Review

[Review] Fall Guys: Ultimate Knockout – Battle Royale Untuk Segala Umur

Game ini direview menggunakan PlayStation 4 Pro

Seminggu lalu tanggal 4 Agustus 2020 sebuah game Indie bergenre battle royale telah rilis di PC via Steam dan PlayStation 4. Game berjudul Fall Guys: Ultimate Knockout ini memiliki sistem gameplay yang unik dan berbeda dengan battle royale lainnya. Kita tidak harus buru-buru mengumpulkan senjata, peluru dan item lainnya sambil saling membunuh pemain lain untuk menjadi juara pertama. Melainkan kita harus pandai berlari, melompat, terjun dan melewati berbagai rintangan dalam sebuah game show.

Takeshi’s Castle x American Ninja Warrior x Wipeout

[Review] Fall Guys: Ultimate Knockout - Battle Royale Untuk Segala Umur

Jika kalian melihat gameplay Fall Guys maka akan merasa seperti melihat sebuah acara game show last man standing di tv. Itu sangatlah benar, karena tim developer Mediatonic terinspirasi oleh Takeshi’s Castle dan Wipeout, dimana para pemain harus melewati beberapa ronde penuh rintangan yang sulit dan menantang. Selama ini kita hanya dapat menonton sambil menertawakan para peserta yang gagal, namun saatnya kita menjadi peserta tersebut. Tiap match (atau Show) akan mengadu maksimum 60 orang pemain, dengan memainkan total 6 ronde, tergantung berapa banyak yang lolos kualifikasi per ronde. Dan karakter kita bukanlah manusia, melainkan berbentuk Jelly Bean, atau permen kacang yang biasa jadi jajanan masyarakat Amerika Serikat. Dengan pilihan desain karakter ini maka kita sudah mengetahui bahwa Fall Guys bukanlah game bernuansa serius, tapi memiliki nilai kompetisi yang sangat tinggi jika kalian ingin menjadi juara pertama di tiap Show.

Lompat, Terjun dan Tangkap untuk Menang

[Review] Fall Guys: Ultimate Knockout - Battle Royale Untuk Segala Umur

Dengan desain karakter Fall Guys berbentuk Jelly Bean, maka gerakannya pun cukup unik juga. Saat berlari karakter kita akan bergoyang kiri kanan, dan memiliki suara yang khas dan sedikit menyebalkan. Untuk memainkannya kita hanya diberikan 3 tombol: Lompat, Terjun dan Menangkap. Tombol analog kiri digunakan untuk menggerakkan karakter kita, dan analog kanan untuk memutar sudut pandang kamera. Sesederhana itu cara memainkan Fall Guys, namun terdapat 24 ronde di Season 1 saat ini, dibagi menjadi 4 kategori: Race, Survival, Team, dan Final. Tiap Show akan selalu dimulai dengan Race, dilihat berapa peserta yang lolos kualifikasi, lalu game akan menentukan ronde berikutnya. Dalam 1 Show paling sedikit kalian akan memainkan total 3 ronde atau paling banyak total 6 ronde, termasuk ronde Final. Dengan terdapat 21 macam ronde kualifikasi maka kalian akan selalu menebak-nebak ronde apakah berikutnya sebelum masuk Final. Kategori Team saat ini paling kurang diminati oleh para pemain, karena tidak adanya fitur chat dalam game. Kalian akan sangat mudah lolos kualifikasi atau tereliminasi, karena memiliki unsur keberuntungan. Ronde kategori lainnya juga memiliki unsurkeberuntungan, tapi setidaknya kita tidak bergantung kepada pemain lain tak dikenal untuk menang. Jika kalian mencapai ronde Final, disinilah keahlian dan keberuntungan kalian diuji apakah layak jadi juara.

Musik yang Selalu Memacu Semangat

[Review] Fall Guys: Ultimate Knockout - Battle Royale Untuk Segala Umur

Dengan gameplay yang cukup singkat tiap ronde dan penuh kekacauan dan terkadang dikejar waktu, Fall Guys memiliki soundtrack yang sangat cocok. Dengan jenis musik seperti EDM dengan tempo cukup cepat, saat kita memasuki lobby utama akan sudah terbawa suasana ingin segera memulai show. Dan saat memainkan tiap ronde kita juga akan terbawa suasana untuk selalu bergerak terus. Oleh karena itu seringkali terlihat banyak pemain lawan suka lompat dan terjun walau sedang memainkan ronde Roll Out atau Block Party, dimana kita hanya cukup bergerak sedikit. Jiwa kita akan selalu bersemangat untuk segera memainkan show baru, saat kita tereliminasi atau menjadi juara pertama. Patut diacungi 4 jempol untuk komposer soundtrack Fall Guys: Ultimate Knockout.

Party dengan Teman-Teman untuk Menang atau Kalah Sambil Tertawa Bersama

[Review] Fall Guys: Ultimate Knockout - Battle Royale Untuk Segala Umur

Fall Guys saat ini memiliki fitur untuk kita main bersama maksimum 3 teman lainnya secara berbarengan. Dengan bermain bersama teman-teman maka akan membuat setiap Show kalian menjadi lebih seru dan lucu. Kalian tidak akan berhenti tertawa melihat aksi teman-teman yang kesusahan mencapai garis akhir atau mendapatkan sebuah Tail agar tidak tereliminasi. Dan dengan bermain dengan teman-teman terkadang dapat memudahkan kita untuk memenangkan ronde-ronde Team… ingat, “terkadang”. Paling seru adalah kalo kalian berempat mencapai ronde Final, makanya kalian harus beradu untuk menjadi juara pertama. Di sini Fall Guys terlihat seperti Mario Kart, dimana game yang dapat “merusak” pertemanan, tapi hanya hingga saat kita memulai Show berikutnya. Namun tetap seru dan menyenangkan melihat teman yang menjadi juara pertama, dibandingkan pemain lain tidak dikenal.

Kustomisasi Karakter yang Menyenangkan

[Review] Fall Guys: Ultimate Knockout - Battle Royale Untuk Segala Umur

Karakter kita di Fall Guys dapat kita dandan dengan kostum bagian atas-bawah, warna dan pola kulit, hingga warna mukanya. Untuk para pemain di PC saat pre-order akan mendapatkan kostum Gordon Freeman dari Half-Life, dan akhir minggu lalu memiliki kostum Alyx yang dapat dibeli menggunakan Crown. Untuk para pemain di PlayStation 4 akhir minggu lalu memiliki kostum Hotline Miami, dapat dibeli menggunakan Crown juga. Dan setiap 2 hari di bagian Shop akan menampilkan kostum set terbaru, dan beberapa item lainnya akan dirotasi tiap hari, agar para pemain selalu ingin main dan menjadi juara jika ingin mengkoleksi semuanya. Terdapat 2 DLC Pack juga yang dapat dibeli langsung di store Steam atau PlayStation yaitu Fast Food Pack dan Collector’s Pack. Seperti game genre battle royale lainnya, Fall Guys memiliki Fame Level (sejenis Season Pass) dari level 1 hingga 40, memberikan berbagai macam item gratis tiap levelnya. Para pemain akan selalu ingin login setiap hari antara untuk membeli item baru atau menaikkan Fame Level. Dengan beberapa item dijual menggunakan Crown yang hanya dapat didapat dengan menjadi juara pertama, model ini sangatlah bagus, karena kalian akan selalu ingin berusaha sebaik-baiknya di tiap Show.

Kesimpulan

Fall Guys: Ultimate Knockout merupakan game “angin segar” untuk saat ini, dimana genre battle royale lainnya rata-rata berjenis shooter. Dengan desain karakter dan permainan yang sederhana dan lucu, merupakan game yang ramah untuk seluruh anggota keluarga dan segala umur. Dan tiap permainan selalu membuat kita bersemangat dengan soundtrack yang sangat sesuai. Namun developer Mediatonic harus cepat-cepat menambah ronde-ronde tiap kategori agar tidak membosankan atau menjadi “hapalan” bagi beberapa pemain. Atau bahkan membuat beberapa ronde menjadi mode tersendiri, seperti Fall Ball yang sangat seru dimainkan berulang-ulang. Merupakan salah satu game terbaik di tahun 2020, kita lihat apakah akan memenangkan beberapa penghargaan di ajang game awards di akhir 2020 dan awal 2021.

Related posts

Netmarble Resmi Umumkan A3: Still Alive untuk Global, Padukan MMORPG dan Battle Royale

MongJi

Sony Perkenalkan Playstation Plus Collection

MongJi

Fall Guys Update 1.07 Luncurkan Anti-Cheat

clauscj