fbpx
GameFever ID
Review

(Review) Blade & Soul Revolution – Masih Menawan

Setelah meraih kesuksesan di Korea dan Jepang, Blade & Soul Revolution akhirnya dirilis untuk wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Saat membuka tahap pra-registrasi pun, game ini mendapatkan respon hangat dari para penggemar game MMORPG. Hal ini terbukti lewat jumlah pendaftar di masa pra-registrasi tersebut yang menembus lebih dari 2 juga pemain. Kini Blade & Soul Revolution akhirnya sudah bisa dimainkan di smartphone kesayangan kalian.

GameFever ID pun sudah sempat membahas Blade & Soul Revolution lewat artikel preview setelah mendapatkan akses untuk menjajal game-nya langsung sebelum rilis. Buat kalian yang masih ragu dan penasaran dengan game ini, simak ulasannya dalam artikel review Blade & Soul Revolution ini.

Balas Dendam Jadi Cerita Utama

Tidak hanya game konsol, MMORPG pun kerap menawarkan jalan cerita utama yang sangat menarik. Sehingga para pemainnya dapat menikmati permainan yang seru sambil mengetahui setiap cerita di balik kejadian di dalam permainan. Seperti game MMORPG kebanyakan, Blade & Soul Revolution juga menawarkan cerita yang cukup menarik, yaitu tentang balas dendam.

Di awal permainan atau tutorial, pemain akan memainkan seorang karakter yang merupakan murid baru di perguruan dari klan Hongmoon. Awalnya, proses belajar bela diri pun terasa aman dan damai semuanya terasa aman dan damai. Drama pun dimulai setelah salah satu murid senior bernama Lusung berkhianat dan berkerja sama dengan kelompok iblis bernama Black Rose. Mereka berniat mencuri kekuatan rahasia klan Hongmoon, yaitu Twilight’s Edge.

Jinsoyun dari kelompok jahat bernama Black Rose.

Perguruan klan Hongmoon pun diserang oleh kelompok Black Rose demi mencuri Twilight’s Edge. Seluruh murid di perguruan tersebut pun dihabisi, termasuk guru besar mereka. Di sini, karakter yang dimainkan pun dikalahkan dan bertekad akan balas dendam ke kelompok Black Rose. Di sepanjang permainan, pemain akan mencari keberadaan sang otak penyerangan kelompok Black Rose, Jinsoyun, dan anggota inti lainnya.

Cerita motif balas dendam di Blade & Soul Revolution ini sangat menarik. Selain seru, cerita utama ini juga bisa mempengaruhi emosi pemain. Ikut marah karena klan karakter kalian dikhianati dan sedih ketika seluruh anggota perguruan dihabisi oleh kelompok Black Rose.

 

Petarungan Bela Diri Jadi Ciri Khas

Meski sebagian besar masih mengusung elemen game MMORPG kebanyakan, Blade & Soul Revolution masih punya ciri khas di dalamnya. Petarungan yang diusung Blade & Soul Revolution adalah petarungan bela diri yang terinspirasi dari Wuxia, kisah bela diri Tiongkok kuno. Gaya bela diri Tiongkok kuno ini pun dikombinasikan dengan empat class dan empat ras berbeda yang tersedia di Blade & Soul Revolution.

Pertarungan bela diri yang terinsipirasi dari Wuxia.

Setiap ras hanya menyediakan dua class yang bisa dipilih. Misalnya, ras Jin hanya menyediakan class Blade Master dan Kung Fu Master, sedangkan ras Lyn hanya meyediakan class Force Master. Sayangnya pemilihan ras hanya menentukan bentuk dasar dari karakter yang pemain dapat buat dan class yang bisa dipilih. Tidak ada keistimewaan apapun. Setiap class pastinya memiliki kelemahan dan kekuatan yang berbeda satu sama lain. Pemain bebas menentukan class yang ingin dipilih sesuai dengan gaya permainan.

Pemiliah class dan ras di Blade & Soul Revolution.

Setiap class juga memiliki skill set yang berbeda dan tingkatan kombinasi yang bisa dibuka menggunakan skill point. Satu gerakan atau skill dasar memiliki tiga skill tambahan yang bercabang. Maka dari itu, pemain bisa melancarkan serangan dengan menekan tombol-tombol skill dan menciptakan kombinasi mematikan untuk mengalahkan musuh.

 

Grafis Indah yang Memanjakan Mata

Sejak rilis di PC, Blade & Soul memang sudah terkenal dengan kualitas grafis papan atas. Di Blade & Soul Revolution pun pengembang masih menghadirkan grafis yang bakal memanjakan mata para pemainnya. Blade & Soul Revolution menampilkan dunia bernuansa oriental ala negara Tiongkok yang menawan. Keindahan tiap lokasi di Blade & Soul Revolution disajikan dengan menawan berkan kekuatan Unreal Engine 4. Kualitas visual yang ada di Blade & Soul Revolution memang membuat mata pemainnya betah menatap layar dalam waktu lama. Setidaknya itu yang kami rasakan dalam beberapa hari ini memainkan Blade & Soul Revolution.

Grafis menawan yang ditawarkan oleh Blade & Soul Revolution.

Jadi bila berbicara grafis, Blade & Soul Revolution kami berikan sebagai rekomendasi bila kalian tengah mencari game MMORPG baru buat dimainkan.Khususnya buat kalian yang memang mencari game MMORPG mobile dengan kualitas grafis layaknya game-game yang ada di konsol.

Game Berat yang Lumayan Ramah

Sama seperti game MMORPG mobile yang memiliki kualitas grafis tinggi, Blade & Soul Revolution bisa digolongkan sebagai game yang berat, baik dari segi spesifikasi dan penyimpanan. Untuk penyimpanan sendiri, Blade & Soul Revolution membutuhkan ruang sekurang-kurangnya 4GB. Hal ini sebenarnya masih masuk akal mengingat kualitas yang ditawarkan game ini, khususnya dari segi visual.

Secara garis besar, smartphone atau device yang disiapkan memang harus dengan spesifikasi yang cukup agar pengalaman yang bisa didapatkan maksimal. Untungnya smartphone yang kami gunakan untuk menjajal Blade & Soul Revolution cukup kuat untuk memainkannya di kualitas gambar hingga Very High. Dan kualitas yang kami terima di kualitas Very High memang tidak main-main. Visual yang halus dengan detail tinggi sangat memanjakan mata. Memang dengan bermain di kualitas Very High, akan menghabiskan daya batere device dengan cepat. Namun hal itu lagi-lagi wajar melihat kualitas Unreal Engine 4 yang ada di Blade & Soul Revolution.

Pengaturan Custom bisa kalian gunakan untuk menyesuaikan spesifikasi device yang digunakan.

Buat kalian yang mungkin meragukan spesifikasi smartphone atau device kalian, jangan bersedih karena Blade & Soul Revolution punya solusinya. Di dalam permainan terdapat pengaturan Custom yang bisa kalian gunakan untuk menyesuaikan dengan smartphone yang digunakan.

 

Fitur Auto Play yang Masih Jadi Sahabat

Fitur Auto Play memang sudah menjadi fitur yang lumrah untuk game di smartphone era ini. Fitur ini memang dibuat agar pemainnya bisa tetap bermain sambil melakukan kegiatan lainnya, seperti bekerja misalnya. Di Blade & Soul Revolution, fitur Auto Play (Auto Battle) masih bisa kalian temukan. Pemain pun bisa memanfaatkan fitur ini ketiak mendapatkan misi untuk mengalahkan musuh dalam jumlah tertentu. Atau ketika sedang mengumpulkan barang tertentu sehingga tidak membutuhkan waktu dan tenaga untuk bermain manual.

Gunakan mode Auto Battle dengan bijak bila ingin mendapatkan pengalaman bermain yang beda.

Namun tetap saja, fitur ini sedikit membuat ketergantungan yang mengurangi kenikmatan bermain. Apalagi Blade & Soul Revolution menyuguhkan cerita, visual hingga permainan yang seru. Meski begitu, game ini masih menghadirkan mode permainan yang mewajibkan pemainnya bermain secara manual. Contohnya saja Dungeon atau misi dengan tingkat kesulitan tinggi atau Dungeon Party.

Maka dari itu, kami sendiri menyarankan untuk memakai fitur AutoPlay di mode yang tepat. Seperti sedang farming barang atau leveling karakter dan mengurangi memakainnya ketika menjalankan misi utama. Rasanya sangat sayang saja melihat visual atau gaya pertarungan ala bela diri yang harus dijalankan otomatis. Keseruan bermain dapat meningkat drastis rasanya bila kalian bermain dengan kendali penuh. Apalagi sambil menyaksikan cutscene yang berasal dari cerita utama, dijamin kalian akan puas dengan apa yang disuguhkan oleh tim developer.

 

Kesimpulan

Grafis menawan, pertarungan ala bela diri, plot cerita balas dendam yang dapat mengatur emosi menjadi daya tarik utama Blade & Soul Revolution. Apalagi masih banyak fitur mode multiplayer yang bisa kalian nikmati di dalam permainan. Belum lagi event-event yang sedang diadakan yang membuat pemainnya betah bermain di kala masa karantina mandiri seperti saat ini.

Salah satu daya tarik dari Blade & Soul Revolution adalah grafis yang menawan.

Makin tertarik untuk main? Blade & Soul Revolution sudah bisa kalian download gratis di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS). Kalian juga bisa mengunjungi fanpage resmi Blade & Soul Revolution di Facebook untuk mendapatkan informasi event atau yang lainnya.

Related posts

5 Alasan Kenapa Kalian Harus Main Dragon Raja

MongJi

Detasemen 9, Game Shooter Karya Developer Dari Indonesia!

MongJi

Lokapala, Game Moba Pertama Karya Anak Bangsa Akhirnya Resmi Diluncurkan!

MongJi