fbpx
GameFever ID
Review

[Preview] The Last of Us Part II – Harapan Dari Sebuah Penantian

Hanya dalam hitungan hari akhirnya The Last of Us Part II bisa dimainkan oleh semua orang. Game yang seharusnya rilis pada Februari kemarin, justru akhirnya resmi rilis pada 19 Juni 2020. The Last of Us Part II menjadi salah satu game yang paling ditunggu gamer PlayStation 4 berkat kesuksesan seri pertamanya. Seri kedua ini juga menjadi sebuah harapan dari penantian panjang para penggemarnya.

Berbagai aspek baru diperlihatkan oleh Naughty Dog melalui acara State of Play. Mulai dari trailer gameplay dan juga screenshot yang benar-benar menunjukkan banyak perubahan di The Last of Us Part II. Bagi kami, game ini menjadi salah satu game yang wajib dimainkan di 2020 mengingat PlayStation 4 akan digantikan oleh PlayStation 5.

Bisa dikatakan kami merupakan salah satu media beruntung yang bisa menyicipi gamenya sebelum tanggal rilis pada 19 Juni mendatang. Tidak hanya artikel review saja, kami akan berbagi pengalaman dalam artikel preview kali ini. Artikel preview ini tentu bebas dari spoiler dan menjadi kesan pertama kali dalam bermain selama kurang lebih 2 jam permainan. Sayangnya, tidak akan ada screenshot in-game yang boleh dipergunakan saat ini. Sebagai gantinya, kami akan menggunakan aset yang sudah disediakan.

 

Kesan Pertama

Dalam acara State of Play yang disajikan oleh Sony beberapa waktu, ada beberapa hal menarik yang terlihat di The Last of Us Part II. Tidak hanya gameplay yang terlihat berbeda, peningkatan visual juga menjadi persoalan yang tidak bisa dipungkiri lagi. Beberapa bagian dari game benar-benar menunjukkan siapa Naughty Dog yang memang sangat tekun dalam mengerjakan proyek The Last of Us Part II ini. Contoh nyata yang dapat kami rasakan adalah rerumputan yang kini bisa membantu Ellie mengalahkan musuh-musuhnya.

Berbeda dengan seri sebelumnya, pemain kali ini akan menggerakan Ellie sebagai tokoh utama dan pemain akan diajak menikmati keindahan kota Seattle pasca wabah Cordyceps Brain Infection. Sepintas keadaannya memang mengerikan, tetapi tidak sedikit juga kami berhenti sejenak demi menikmati pemandangan yang disediakan oleh Naughty Dog.

Sangat berbeda dengan seri pertamanya, kali ini pemain dapat mengeksplorasi kota Seattle jauh lebih dalam. Mulai dari rumput yang tumbuh sangat liar, hingga bangunan-bangunan besar yang terbengkalai. Keadaan kota Seattle akan membuat pengalaman bermain kalian lebih menegangkan karena rasa takut akan sesuatu dibaliknya. Satu hal yang bisa kami pastikan adalah tidak adanya penurunan kualitas visual di bagian manapun. Segala sesuatu yang ada di trailer, screenshot, ataupun State of Play bisa kalian nikmati ketika The Last of Us Part II rilis 19  Juni mendatang.

Kemampuan Survival Ellie yang Meningkat

Semakin beranjak dewasa dan pengalaman di seri pertamanya, kemampuan Ellie bertahan hidup pun bertambah. Di seri sekuelnya ini, kini Ellie dapat bisa berenang hingga menyelam untuk menjelajah wilayah yang tertutup air. Tidak hanya itu, Naughty Dog juga akhirnya memperkenalkan sistem Stealth yang jauh lebih dalam apabila dibandingkan dengan game lain. Tidak ketinggalan, hadirnya anjing benar-benar akan membuat kalian merasa kesulitan ketika menghadapi manusia karena mereka memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Kemampuan AI di The Last of Us Part II juga benar-benar akan membuat kalian cukup memutar otak berkat kemampuannya yang meningkat.

Mekanisme stealth di The Last of Us Part II benar-benar berbeda dari game lain. Hal ini juga sempat dikonfirmasi ketika di acara State of Play. Ketika kalian berbaur dengan rumput, kalian tidak akan 100% aman dari pandangan musuh. Namun semakin dekat musuh ke arah kita, mereka pasti akan menyadari ada yang mengintai di balik rumput yang tinggi. Hal ini benar-benar berhasil membuat saya sangat terpukau, Naughty Dog berhasil memaksimalkan kemampuan engine mereka dengan baik di The Last of Us Part II.

Kesimpulan

Sejauh pengalaman kami, The Last of Us Part II tetap menjadi game yang wajib untuk dimainkan di PS4 maupun versi PS5 bila memang Naughty Dog punya rencana ke sana. Terlepas dari masalah yang menimpanya, kami yakin The Last of Us Part II mampu memberikan kesan dan pengalaman yang luar biasa. Usaha keras Naughty Dog dalam mengembangkan game ini benar-benar terasa dan sayang bila dilewatkan. Apalagi buat kalian yang telah memainkan seri pertamanya. Kejutan-kejutan yang disediakan Naughty Dog lainnya akan kami bahas lebih lanjut pada artikel review yang akan dirilis pada 12 Juni mendatang.

Related posts

[Genshin Impact] Tips Maksimalkan Serangan Lewat Elemen

MongJi

Tanggal Peluncuran Yakuza: Like a Dragon Maju 3 Hari, PS5 di 2021

MongJi

Animal Crossing: New Horizons Jadi Game of the Year Versi Tokyo Game Show 2020 Online

MongJi