fbpx
GameFever ID
Opini

[OPINI] Cuma Buat Survei Tanpa Niatan Kolaborasi, Begini Strategi Moonton Pasarkan Mobile Legends?

Seperti yang kita ketahui bersama, beberapa waktu lalu Moonton melakukan survei tentang anime Jujutsu Kaisen di Mobile Legends. Survei tersebut menjadi sebuah indikasi bahwa Moonton akan melakukan kolaborasi dengan serial anime tersebut. Beberapa waktu kemudian terbukti bukannya Mobile Legends yang bekerja sama Jujutsu Kaisen, namun malah game MOBA lainnya yaitu Onmyoji Arena yang justru melakukannya.

Dengan adanya kolaborasi dengan pesaingnya tersebut, tentu saja peluang Mobile Legends berkolaborasi dengan Jujutsu Kaisen hampir mustahil. Alasannya karena jarang ada kolaborasi dengan dua game yang mempunyai genre yang sama. Karena karakter ataupun skin yang dibuat nantinya akan menjadi mirip satu sama lainnya.

Baca Juga: [OPINI] Perilisan Project Next Mobile Legends, Update Tepat Disaat yang Tidak Tepat

Kejadian serupa juga lagi-lagi terjadi. Moonton menanyakan kepada para pemain Mobile Legends, skin bertema anime apa yang mereka inginkan masuk ke dalam permainan. Banyak yang beranggapan akan adakolaborasi dengan anime Bleach. Nyatanya malah Arena of Valor yang langsung mempublikasikan kolaborasi mereka dengan Bleach.

Survei Doang

Survei Moonton di Mobile Legends

Tercatat hingga saat ini sudah ada beberapa survei yang dilakukan oleh Moonton mengenai serial anime. Mulai dari Bleach, Demon Slayer, Inuyasha, Sword Art Online, dan yang terbaru Jujutsu Kaisen. Namun belum ada satu pun kolaborasi yang terealisasikan. Kolaborasi terakhir Moonton malah justru dengan King of Fighters.

Banyak yang berspekulasi bahwa survei yang dilakukan oleh Moonton hanyalah betujuan untuk strategi marketing. Apalagi Mobile Legends sangat populer di Asia Tenggara. Begitu halnya beberapa serial anime yang juga sangat populer di luar Jepan. Hal ini tentu sangat cocok untuk membantu Moonton mengaet para pemain baru di Mobile Legends.

Selain itu media-media juga sudah banyak yang membuat berita mengenai rumor ataupun isu rencana kolaborasi dari survei yang dibuat Moonton. Hasilnya responden semakin banyak serta popularitas dari Moonton meningkat.

Padahal Moonton juga tidak menuliskan satupun kata akan melakukan kolaborasi. Diyakini inilah faktor utama Moonton memberikan survei serial anime tanpa ada embel-embel kata kolaborasi.

Tak Terealisasi

Jikapun Moonton benar-benar ingin merealisasikan survei kolaborasi mereka menjadi nyata, pasti juga akan timbul beberapa pertanyaan baru. Apakah mereka sebelumnya tidak atau belum pernah menghubungi dan mendiskusikan kepada pihak terkait mengenai rencana kolaborasi? Supaya mereka tidak kecolongan dengan game pesaing yang justru berkolaborasi lebih dahulu.

Selanjutnya, patokan Moonton dalam merealisasikan kolaborasi dengan hasil survei juga tidaklah jelas. Seberapa banyak responden yang diperlukan agar kolaborasi benar-benar terealisasikan. Apalagi setelah melihat game-game MOBA rival macam Arena of Valor dan Onmyoji Arena melakukan kolaborasi dengan serial anime Jepang dengan mudah.

Baca Juga: Kolaborasi dengan McLaren, PUBG Mobile Hadirkan Mobil McLaren 570S Coupé

Tentu saja hal ini sebetulnya bukanlah sesuatu yang sulit bagi Moonton mengingat kepopulerannya di Asia Tenggara dibandingkan dengan rivalnya tersebut. Tapi nyatanya Moonton juga tak kunjung melakukan kolaborasi.

Patut dicatat bahwa game-game mobile yang eksis di Asia Tenggara sering kali melakukan kolaborasi. Seperti tokoh populer, brand terkenal, film, serial anime, atau pun dengan game lainnya. Contohnya adalah Free Fire yang sudah melakukan banyak kolaborasi seperti dengan Demon Slayer, Attack on Titan, hingga One Punch Man. Onmyoji Arena juga mempunyai banyak kolaborasi dengan serial anime seperti Inuyasha, Demon Slayer, dan Bleach.

Baru-baru ini Moonton dirumorkan akan mengadakan event sekaligus rencana kolaborasi terbarunya. Kolaborasi yang akan mereka lakukan dengan serial film ternama dunia yaitu Star Wars dan Transformers. Semoga saja kolaborasi ini nantinya akan benar-benar terwujud. Tidak seperti survei-survei sebelumnya yang selalu membuat para pemain ter-PHP oleh Moonton.

Related posts

Kolaborasi Ragnarok X: Next Generation dengan Anime “That Time I Got Reincarnated as a Slime” Sudah Dimulai!

MongJi

Genshin Impact Rilis Update 2.1 di September 2021

MongJi

Sistem Pet Ragnarok X: Next Generation Kini Sudah Hadir

MongJi

Leave a Comment