fbpx
GameFever ID
Opini

[Opini] Alasan Tren Game Remake/Remaster Meroket

Tidak bisa dipungkiri lagi bila tren game versi remake atau remaster sedang meroket akhir-akhir ini. Contoh terbaru hadirnya game remake ada The Legend of Zelda: Link’s Awakening dari Nintendo. Game ini mendapatkan apresiasi positif dari para pemain termasuk saya. Namun apa sebenarnya yang melatarbelakangi meroketnya tren game remake dan remaster di pasar video game akhir-akhir ini?

Dalam artikel opini ini, saya ingin memberikan alasan kenapa tren game versi remake atau remaster bahkan reboot sedang menjamur akhir-akhir ini. Sebagai penekanan, alasan ini murni opini saya.

Kemajuan Teknologi

Di era canggih seperti saat ini, kemajuan teknologi memang sangatlah pesat. Untuk video game sendiri biasanya ini ditandai oleh hadirnya engine-engine baru. Engine-engine baru ini merupakan pondasi utama developer ketika menggarap game buatannya. Kemajuan teknologi pastinya juga mengubah performa engine menjadi lebih baik.

Macam-macam engine yang menjadi pondasi pembuatan sebuah game.

Menurut saya, developer ingin mencoba penggunaan engine lama ke baru. Lewat aset-aset dari game yang sudah ada, developer mencoba menerapkannya lewat engine baru. Dengan cara inilah mereka dapat “melahirkan” kembali game-game lawas dengan wajah baru.

Memenuhi Permintaan Penggemar

Meroketnya tren game versi remake dan remaster juga didorong oleh banyaknya permintaan para penggemar itu sendiri. Ya mungkin para penggemar ini memang ingin bernostalgia dengan game favorit mereka terdahulu, termasuk saya. Terkadang saya ingin kembali memutar memori indah ketika bermain game. BIla dulunya hadir dengan grafis pas-pasan, saya ingin kembali memainkanya sekarang dengan tampilan yang rupawan. Semua ini sudah banyak yang bisa saya rasakan kembali lewat game-game remake yang sudah ada termasuk yang akan datang seperti Final Fantasy 7 Remake di 2020 mendatang.

Final Fantasy 7 Remake menjadi salah satu game remake yang saya tunggu di 2020

Alasan nostalgia digunakan developer atau publisher sebagai pemicu untuk membuat ulang game-game mereka. Tidak hanya itu, mereka juga bisa mencoba fitur-fitur atau konten yang dulu tidak bisa dibuat karena keterbatasan sumber daya. Biasanya di game-game versi remake tidak hanya menawarkan perubahan grafik, namun juga adanya konten atau fitur baru di dalamnya.

Konten baru ini bisa menjadi nilai jual tambah untuk sebuah proyek game remake. Pemain jadinya tidak hanya mendapatkan perasaan nostalgia, tapi juga pengalaman baru yang tidak bisa didapat dari game original.

Ikutan pasar

Game-game remake dan remaster memang menjadi salah satu pesaing bisnis di pasar video game. Eksistensi mereka menjadi pesaing keras dari game-game baru. Melihat peluang bisnis yang bagus bisa menjadi alasan selanjutnya kenapa game-game remake dan remaster menjamur di pasaran.

Bagi saya tidak masalah sebenarnya bila para publisher mengikuti tren ini. Karena dengan kehadiran game-game remake dan remaster bisa menjadi variasi penggemar ketika memilih game. Selain itu penggemar juga bisa kembali bernostalgia kembali dengan memori dengan game favorit di jaman dulu.

Game versi remake dan remaster memang tidak selamanya berujung sukses besar. Namun menurut saya keberadaan mereka memberikan alternatif pilihan ke gamer. Lewat game versi remake, gamer bisa mendapatkan rasa nostalgia dan mungkin pengalaman baru dari konten segar yang dulu belum ada.

Sekian dulu artikel opini dari saya. Kalian juga bisa berkomentar atau menyampaikan pendapat lainnya di kolom komentar.

Related posts

God of War Ragnarok Akhirnya Resmi Diumumkan!

MongJi

Horizon Forbidden West Tawarkan Update Gratis Versi PS4 ke PS5

MongJi

Bandai Namco Umumkan Little Nightmares II Enhanced Edition

MongJi

Leave a Comment