fbpx
GameFever ID
News

Wawancara Eksklusif Dengan CD Projekt Red (Cyberpunk 2077)

GameFever ID mendapat kesempatan langka untuk wawancara bersama Andrzej Zawadzki, RPG Lead dari CD PROJEKT RED (CDPR). Tentu dalam wawancara eksklusif ini kami akan membahas tentang Cyberpunk 2077. Lewat email kami memberikan beberapa pertanyaan seputar Cyberpunk 2077 yang sayang sekali jika kalian lewatkan. Penasaran seperti apa wawancara kami dengan Mr. Andrzej Zawadzki?

GameFever: Anda telah membahas ini di livestream Night City Wire episode terakhir. Bagaimana anda yakin bahwa setiap pilihan pemain di skenario-skenario tertentu Cyberpunk 2077 akan tercatat dalam game? Dapatkah anda berikan satu contoh? 

Andrzej Zawadzki (RPG Lead, CD PROJEKT RED): Ini merupakan suatu topik yang sulit untuk dibahas tanpa memberikan spoiler. Sejujurnya, kami percaya bahwa agar kisah Cyberpunk 2077 memiliki dampak yang berarti kepada tiap pemain, kisah itu harus berdasarkan dari kisah nyata. Dan seperti kehidupan, kita tidak dapat meramalkan apapun sehingga kita sering mendapatkan sebuah kejutan setiap harinya.

Mencapai sesuatu di dalam game ini sangatlah sulit karena kalian harus mempertimbangkan berbagai macam situasi. Bagaimana tiap pemain akan lakukan dan skenario tertentu yang akan terjadi. Saat menciptakan sebuah storyline, baik cerita utama atau cerita sampingan, kami mencoba memikirkan semua kemungkinan yang dapat terjadi. Hal yang paling penting untuk diingat adalah dalam video game kita sering membuat suatu pilihan bukan hanya dengan menekan tombol dan memilih antara A atau B.

Kami terkadang merasa terganggu dan dapat memilih untuk tidak meneruskan pembicaraan atau memilih untuk meninjua orang tersebut saat dia masih berbicara. Menurut kami ini tidaklah cukup untuk mencapai tingkat kedalaman game-game buatan CDPR. Kami ingin merasakan skenario ini sebagai para pemain dan membangun dari pondasi ini. 

Sebagai contoh, terdapat suatu misi dalam permainan yang meminta kamu harus menyelamatkan seseorang dari suatu geng. Orang ini adalah dokter dan sedang ditawan dalam sebuah klinik. Saat kamu menemukannya, dia sedang mencoba untuk menyelamatkan hidup seseorang. Orang tersebut adalah anggota geng yang menawan dia dan dokter tersebut hendak mengoperasi anggota geng tersebut saat kalian menemukannya.

Kamu akan memaksa dokter tersebut untuk segera pergi, tapi si dokter tersebut tidak ingin meninggalkan pasiennya hingga mati. Dalam kondisi ini kamu diberikan suatu pilihan: bantu dia menyelamatkan anggota geng dengan mengorbankan dirimu dan sang dokter, atau mungkin saja tidak. Tapi bagaimana jika kamu merasa cemas dan tidak sabar? Bagaiman jika kamu memutuskan untuk mematikan nyawa anggota gang saat itu juga, membuat keputusan untuk sang dokter? Apakah itu memungkinkan? Kamu harus mencari tahu sendiri. 

Seperti kalian lihat, terkadang terdapat lebih banyak cara yang dapat dimainkan dalam suatu situasi tertentu dari yang terlihat pada pandangan pertama. Kami menginginkan para pemain untuk bereksplorasi dan bermain dengan pilihan-pilihan tersebut. Saat membuat setiap misi beserta solusi-solusinya, kami mencoba berpikir tidak hanya skenario-skenario yang jelas tapi juga skenario-skenario yang tidak terlihat di depan mata, sambil berpikir “oke, apakah yang dipikirkan oleh saya sebagai seorang manusia dalam situasi seperti ini?”

Ini berlaku ke keseluruhan Cyberpunk 2077. Terdapat banyak sekali pilihan-pilihan yang dapat diputuskan oleh kalian sebagai pemain saat menjalankan misi dan gameplay yang tidak hanya terhimpun menuju ending game, tapi juga membentuk karakter yang kalian mainkan. Walau beberapa keputusan tidak memiliki dampak ke jalan cerita, mereka akan tetap menempel dengan karakter kalian untuk waktu yang lama karena membuat game tersebut mengerti pilihan-pilihan kalian. 

GF: Seberapa luas kita dapat memodifikasi badan V? Dapatkah kita merubah karakter kita menjadi sebuah cyborg yang utuh? Dan apa sajakah peralatan cyber favorit para tim CDPR? 

AZ: Mengubah badan karakter kalian merupakan hal penting saat menjadi seorang cyberpunk. Terdapat banyak sekali peralatan cyber yang dapat dipasang ke dalam badan karakter, dari modifikasi kulit hingga penggantian organ tubuh dan juga penggantian badan secara keseluruhan. Beberapa dapat merubah penampilan karakter sementara lainnya lebih ke fungsi dan dapat memberikan tambahan kekuatan. Mantis Blade yang sangat unik adalah jenis melee weapon terbaru yang dapat digunakan oleh para karakter, dan peralatan cyber lainnya akan merubah dan meningkatkan keahlian yang sudah dimiliki oleh para pemain seperti health atau stamina regeneration.

Saat mendesain para peralatan cyber, kami menginginkan untuk dapat memberikan pilihan sebanyak mungkin kepada para pemain. Yang terpenting bagi kami adalah menjaga kebebasan untuk dapat membuat karakter apapun yang kalian inginkan. Jika kalian ingin menjadi seorang assassin dingin dan mematikan, ada beberapa peralatan cyber yang meningkatkan kecepatan gerakan dan refleks saat terlihat musuh hingga kalian merasa waktu berjalan lambat di sekitarmu, atau peralatan yang dapat menghilangkan suara saat kalian berjalan dan berlari. Jika kalian ingin menjadi sebuah benteng berjalan, pasang Subdermal Armor untuk mengurangi serangan diterima secara signifikan. Peralatan cyber merupakan salah satu cara para pemain menjadi sebuah cyberpunk, dan jika kalian ingin dapat pasang berbagai macam peralatan kuat ke badan karakter milik kalian.  

Tapi yang ingin saya tekankan disini bahwa Cyberpunk 2077 memperlakukan modifikasi badan seperti bagian natural dari Night City. Kalian akan melihat banyak penduduk cyber-enhanced di dalam kota. Tapi tidak semua orang melakukannya juga, jadi tidak mengubah badan kalian juga sama layaknya. Kami ingin para pemain untuk membuat fantasi dari karakter yang mereka mainkan, termasuk bagaimana mereka menggunakan peralatan cyber.  

Mengenai peralatan cyber favorit, saya tidak dapat berbicara mewakili para tim, karena mereka memiliki favorit masing-masing. Saya pribadi sangat suka Sandevistan Cyberware, implan yang mengganti seluruh sistem saraf dengan teknologi peningkat refleks yang sangat kuat seperti yang saya jelaskan di atas. Hal terpenting adalah sebuah impan yang sesekali mengeluarkan ledakan EMP saat V menerima serangan. Hal ini membuat karakter milik saya menjadi lebih agresif saat sedang bertarung, sambil memberikan suatu ruang untuk kabur saat situasi menjadi sulit. Satu cyberware lagi, Gorilla Arms; dapat membuat kalian menjadi sebuah monster, meningkatkan kekuatan melee dan dapat menghancurkan musuh menjadi pecahan. Kalian akan melihat sendiri saat kalian memainkan Cyberpunk 2077, dan saya yakin para pemain akan memiliki peralatan cyber favorit masing-masing sepanjang perjalanan mereka! 

GF: Anda pernah menyebut mengenai ‘street cred’ karakter atau atribut ‘style’ milik mereka, walau kita belum pernah melihat sebuah contoh di dalam gameplay hingga saat ini. Dapatkah anda menjelaskan mengenai sistem ini secara detil, dan bagaimana dapat mempengaruhi pengalaman bermain para pemain? 

AZ: Pertama, kita perlu membedakan antara dua hal terdahulu. Street Cred merupakan mekanik gameplay dan Style, yang merupakan sesuatu yang para pemain gunakan untuk karakter milik mereka. Gampangnya, Street Creed adalah ketenaran yang kalian miliki di jalanan. Bukan seperti sistem reputasi yang membuat para pemain menjadi seorang yang ‘baik’ atau ‘jahat’. Moralitas adalah sesuatu yang sebagai pemain kalian menjadi terikat dengan membuat keputusan-keputusan di dalam game, baik melalui aksi dan dialog. Street Cred didapat dari menyelesaikan kontrak dan mengalahkan para penjahat di kota. Semakin banyak Street Cred yang kalian dapatkan, semakin banyak pemberi kontrak yang ingin bekerja sama dengan kalian, memberikan bermacam-macam pekerjaan yang menguntungkan dan hal lain yang perlu diurus.

Para vendor akan mulai memperlakukan kalian dengan rasa hormat lebih tinggi saat kalian mendapatkan Street Cred lebih banyak, memberikan akses ke pilihan senjata, pakaian, modifikasi senjata, dan cyberware yang lebih bagus. Beberapa cyberware paling kuat hanya akan tersedia setelah kalian mencapai batas Street Cred tertentu. Lagipula, cukup masuk akal jika hanya para cyberpunk ternama yang mengenakan dan menggunakan implant yang paling kuat. 

Mengenai Style, singkatnya adalah cara kalian berpakaian, bagaimana kalian berperilaku, dan bagaimana kalian bermain adalah sangat personal dan penting bagi pengalaman tiap orang. Semakin banyak kebebasan pilihan yang kita berikan adalah semakin bagus. Itu merupakan prinsip panduan kami. Setiap orang ingin membangun karakter dan kisah latar belakang miliknya sesuai pemikiran mereka, menambah kepribadian yang sangat luas kepada karakter milik mereka. Tidak ada mekanik tertentu mengenai style, kami berpikir tidak adil untuk memberikan penghargaan hanya dengan memilih baju-baju tertentu, karena akan membatasi berbagai macam kemungkinan mengenai siapa saja yang dapat kalian pilih.

Ada tempat untuk semua orang dalam Night City. Kalian dapat mengenakan hoodie, suit, vest, dan memilih warna sangat cerah atau pilih hitam dan putih. Kalian juga dapat mengenakan dress, rok, pilih setengah telanjang atau pakaian tertutup. Sangat banyak pilihan bagi para pemain untuk mengekspresikan karakter miliknya dan kami menyukainya. Style setiap pemain pilih bukanlah yang kita paksakan, tapi lebih ke cara tiap orang menunjukkan siapa diri mereka atau siapa yang mereka ingin menjadi di dunia masa depan yang kelam.  

Related posts

5 Fakta Menarik Battlefield 2042 yang Wajib Kalian Ketahui

Roni Istianto

Control Gratis di Epic Games Store!

MongJi

Death Stranding Director’s Cut Tuju PS5

MongJi

Leave a Comment