fbpx
GameFever ID
News

WarCraft III: Reforged Mendapat User Review Terburuk

WarCraft III: Reign of Chaos rilis tahun 2002, merupakan game ketiga dari seri fantasi WarCraft. Bergenre real-time strategy (RTS), WarCraft III merupakan gebrakan pertama kalinya Blizzard Entertainment memasuki game visual 3 dimensi. Kesuksesan ini menghadiahkan berbagai penghargaan, seperti “Best Real-time Strategy Game of the Year”, “Game of the Year” di tahun 2002. Hingga tahun 2018 lalu WarCraft III masuk jajaran sebagai salah satu “Best PC Game of All Time” di beberapa media luar. Setahun kemudian WarCraft III: The Frozen Throne rilis, merupakan kisah lanjutan dari WarCraft III.

Akhir tahun 2015 lalu Blizzard mengumumkan bahwa mereka membuat “Classic Games Division”, fokus menghidupkan kembali game-game lama mereka. Yang sudah diumumkan adalah StarCraft, Diablo II dan WarCraft III. Bahkan World of WarCraft, MMORPG mereka pun diremastered karena sudah berumur lebih dari 10 tahun. Tahun 2017 StarCraft: Remastered dirilis dan mendapatkan review yang bagus, karena peningkatan visual tapi tidak mengubah inti game originalnya.

WarCraft III: Reforged, remaster yang tidak sesuai janji

WarCraft III: Reforged Mendapatkan User Review Terburuk
Skor user Metacritic di hari rilis WarCraft III: Reforged

Tanggal 28 Januari lalu WarCraft III: Reforged rilis, merupakan remaster dari WarCraft III: Reign of Chaos dan ekspansionnya WarCraft III: The Frozen Throne. Tidak seperti StarCraft: Remastered yang sukses besar, WarCraft III: Reforged menerima review yang sangat buruk dari para fans. Saat rilis hari Selasa minggu lalu, WarCraft III: Reforged sudah mendapatkan skor para user Metacritic di bawah angka 2, dari maksimum angka 10 untuk nilai tertinggi. Diumumkan tahun 2018 di BlizzCon, Blizzard menjanjikan peningkatan grafis, UI, cutscene, dan suara game. Namun menurut para fans yang sudah membeli dan memainkannya, tidak ada perubahan yang signifikan dari semua yang dijanjikan. Ditambah banyak masalah teknis seperti gagal terhubung ke game, berbagai bug dan glitch.

WarCraft III: Reforged Mendapatkan User Review Terburuk
Cutscene yang dipromosikan Blizzard (kiri) dan saat gamenya rilis (kanan)

Banyak fitur dari WarCraft III yang dihilangkan pada saat WarCraft III: Reforged rilis, seperti: custom map, custom campaign, LAN games. Dikarenakan saat WarCraft III: Reforged rilis, para pemain yang memiliki WarCraft III original diharuskan mendownload tambahan file sebesar 30Gb, dan tidak dapat memainkan WarCraft III lama mereka kembali. Ini membuat para fans sangat marah dan kecewa, karena fitur custom itu salah satu yang membuat mereka masih memainkan game tahun 2002 hingga saat ini. Ditambah lagi Blizzard mengupdate di peraturan EULA mereka bahwa mulai sekarang custom map yang dibuat oleh para pemain akan menjadi hak milik Blizzard. Jadi jika para pemain hendak membuat semacam DotA baru menggunakan engine dan aset WarCraft III: Reforged, maka mereka tidak dapat mempublish mod tersebut secara mandiri kedepannya.

WarCraft III: Reforged Mendapatkan User Review Terburuk
Skor user Metacritic WarCraft III: Reforged per tanggal 3 Februari 2020

WarCraft III: Refunded?

Dengan kekecewaan ini, para pemain yang sudah membeli WarCraft III: Reforged sudah mulai meminta untuk dikembalikan uangnya kepada Blizzard. Namun menurut info terakhir, dari pihak Blizzard belum mengabulkan permintaan ini. Malah tersebar informasi bahwa beberapa pemain terkena block akun Battle.net nya jika berusaha membantu pemain lain untuk meminta refund.

WarCraft III: Reforged Mendapatkan User Review Terburuk
Chat salah satu pemilik akun Blizzard melaporkan akunnya di blok

Ini merupakan pukulan terbesar kedua untuk Blizzard akhir-akhir ini, setelah pengumuman Diablo Immortal yang disambut dengan sangat negatif oleh para fans. Melihat kasus ini, semoga Blizzard memikirkan baik-baik saat hendak merilis Diablo II Remastered. Dan juga Diablo Immortal yang kabarnya sudah jadi, dan Diablo IV yang baru diumumkan pada saat BlizzCon 2019.

 

Related posts

Masters Tour Indonesia Terpaksa Pindah Karena Kasus Corona

MongJi

Diablo dan Overwatch Akan Dibuat Seri Animasi

clauscj

Call of Duty: Modern Warfare Season 2 Telah Dimulai

clauscj