fbpx
GameFever ID
News

Tencent Telah Mengakuisisi 31 Perusahaan Game Selama Tahun 2020

Tencent, perusahaan game terbesar nomer satu di dunia tidak pernah berhenti untuk mengembangkan sayap dominasi mereka dari tahun ke tahun. Sebut saja Fortnite, League of Legends, Call of Duty Mobile hingga Valorant; semuanya adalah game-game milik Tencent. Mereka juga menaruh saham di banyak perusahaan game publisher dan developer internasional, seperti Riot Games, Epic Games, Activision Blizzard, Uibsoft. Taktik umum Tencent dengan menanam modal saham di perusahaan game PC dan konsol sambil menawarkan versi mobile kepada mereka.

Baca juga: Tencent Membeli Mayoritas Saham Klei Entertainment

Menurut informasi blog dari perusahaan riset dan konsultan marketing Niko Partners, di tahun 2020 lalu Tencent telah mengakuisisi 31 perusahaan game. Ini tiga kali lipat lebih besar dari yang telah Tencent lakukan selama tahun 2019. Di tahun 2011 mereka membeli mayoritas saham Riot Games, sebelum akhirnya di akhir tahun yang sama membeli seluruh sisa sahamnya. Di tahun 2012 mereka membeli minoritas saham Epic Games, developer Gears of War, Infinity Blade dan Fortnite. Dan di tahun 2013 mereka menjadi investor pasif perusahaan Activision Blizzard.

Berikut adalah daftar perusahaan game yang telah diakuisisi oleh Tencent di tahun 2020:

Untuk membaca lebih lanjut informasi akuisisi PlatinumGames dan Marvelous Inc. dapat kalian baca di sini dan di sini.

Walau saat ini masih nomer satu di dunia, Tencent sendiri memiliki persaingan yang cukup sengit di tahun 2020 dari kompetitor lokal seperti Bytedance dan Alibaba. Dan juga dari developer game skala sedang seperti Lilith (AFK Arena), dan miHoYo (Genshin Impact) yang saat ini sedang naik daun. Tencent ingin tetap menjaga agar game-game milik mereka tetap berada di jajaran peringkat 10 teratas di market dunia, terutama di negara Tiongkok sendiri.

Related posts

5 Game Mobile Buatan Tencent Games yang Populer di Indonesia

Roni Istianto

Tanggal Perilisan Game MOBA Pokemon Unite Akhirnya Diumumkan

Roni Istianto

Tim Aerowolf Limax Dibanned dari Seluruh Kompetisi Resmi PUBG Mobile

Roni Istianto

Leave a Comment