fbpx
GameFever ID
News

Steam China Resmi Rilis, Tidak Memiliki Fitur Komunitas

Minggu ini para gamer di negara Tiongkok dapat menikmati game-game PC di Steam melalui Steam versi Tiongkok (https://store.steamchina.com/). Walau Steam versi internasional telah tersedia di pasaran Tiongkok bertahun-tahun, namun pemerintah Tiongkok hendak merilis versi tersendiri untuk pasaran lokal. Game-game yang rilis di Steam China sudah lulus izin dari pemerintah Tiongkok, dan menggunakan bahasa lokal tentunya.

Kesan pertama saat membuka Steam China terlihat seperti Steam versi internasional, dengan semua bahasa menggunakan Simplified Chinese. Game-game e-sport andalan Valve seperti Counter-Strike: Global Offensive dan Dota 2 langsung tersedia untuk dimainkan. Terdapat juga opsi seperti rekomendasi game, game terpopuler dan game yang akan datang.

Dua hal yang terlihat sangat berbeda dengan Steam versi internasional:

1. Jumlah game Steam China saat rilis hanya memiliki 53 game + DLC tersedia

Selain CS:GO, Dota 2 dan beberapa game Indie seperti Human Fall Flat dan Wallpaper Engine, tidak terdapat banyak game versi internasional. Mayoritas game tersedia adalah buatan lokal, seperti trilogi Gujian, yang disebut-sebut sebagai The Witcher III versi Tiongkok. Jika ditotalkan terdapat 53 game ditambah DLC tersedia di Steam China saat ini, berbanding terbalik dengan versi internasional saat ini yang lebih dari 10 ribu judul game diluar DLC. Ditambah dengan tidak hadirnya PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) yang membuat Steam versi internasional sangat populer di Tiongkok. Hal ini nampaknya akan sulit untuk menarik pasar game lokal untuk beralih dari Steam versi internasional ke Steam China.

2. Tidak adanya fitur Message Board dan Community Forums dan lainnya

Steam dikenal dimana para gamer dan komunitas dapat saling bertukar pesan melalui fitur Message Board, dan membahas game-game melalui Community Forums. Namun kedua fitur tersebut saat ini tidak tersedia di Steam China saat rilis. Steam Workshop dan Guides pun tidak tersedia juga, namun fitur User Reviews tersedia dan berisi sama persis seperti versi internasional. Nampaknya khusus untuk fitur User Reviews diperbolehkan karena game Dyson Sphere Program dibuat oleh developer lokal, Youthcat Studio. Tentunya game buatan lokal akan dipromosikan dan direkomendasikan secara besar-besaran agar laku keras.


Yang cukup menarik dan nyaman adalah kalian dapat login Steam China menggunakan akun Steam versi internasional. Dan juga game-game yang telah kalian beli di Steam internasional dapat dimainkan langsung di Steam China. Contoh: jika kalian sudah membeli trilogi Gujian dari Steam versi internasional, dapat langsung diinstal dan dimainkan di Steam China.

Namun dengan hadirnya Steam China secara resmi di Tiongkok dapat membuat Steam versi internasional akan dimatikan/block oleh pemerintah Tiongkok di masa depan. jika ini terjadi, maka banyak developer game internasional yang akan kehilangan pembeli dan akses para komunitas dari negara Tiongkok.

Related posts

Valheim Sukses Geser Dota 2 di Jumlah Pemain Aktif Bersamaan

MongJi

Invoker dan Luna Juga Akan Hadir di DOTA: Dragon’s Blood

MongJi

Selidiki Masalah Match-Fixing, Tim Meta4Pro Mengundurkan Diri dari Dota 2 Pro Circuit

Roni Istianto

Leave a Comment