fbpx
GameFever ID
News

Sony Menuntut Penjual PS4 “Jailbroken”

Dikarenakan permasalahan Copyright.

Sony Interactive Entertainment atau lebih dikenal Sony baru-baru saja mengajukan gugatan terhadap seorang pria yang tinggal di California karena menjual konsol PS4 yang sudah di jailbreak dengan berisikan game yang dibajak. Pria yang dituntut karena permasalah hak cipta tersebut mendorong setiap pemain untuk berhenti membeli game original.

Walaupun terlihat sulit untuk menanggulangi pemain yang ingin bermain dengan murah, Sony kali ini tidak tinggal diam saja seperti PS3 sebelumnya. Kali ini Sony mengajukan gugatan yang di laporkan pada pemerintahan setempat terhadap pria yang menjual PS4 dengan pirated game.

Menurut Sony, pria bernama Eric Scales dengan menggunakan nama “Blackcloak13” menjual PS4 yang dijailbreak dengan berisikan 60 game yang sudah dibajak di situs jual beli eBay.

“Terdakwa merupakan seorang individu yang menawarkan, menjual, dan mendistribusikan PS4 yang sudah di jailbreak dengan berisikan: (a) mengandung ‘pirated’ kopi game PS4 yang PS4-compatibles, dan (b) diproduksi dan didesign untuk tujuan, atau/dan dipasarkan terdakwa unntuk mengakali proteksi digital”

Sony sendiri mencoba membeli dua buah konsol tersebut dan mendapatkan konsol tersebut sesuai dengan yang di pasarkan. PS4 tersebut sudah dimodifikasi untuk bisa memainkan game-game bajakan. Selain di eBay, pria terebut juga membuat website jual beli (yang sekarang sudah tidak berjalan) dimana dia memasarkan produk dan jasa dari jailbreak PS4. Website itu sendiri juga sudah berdiri dari tahun 2006 hingga sekarang dimana website tersebut bergerak dibidang mod dan jailbreak, dan mengajak setiap orang untuk berhenti membeli game original.

Hal ini bukanlah yang pertama kalinya terjadi di industri video game. Nintendo juga melakukan hal yang sama terhadap website yang menyediakan game-game bajakan tersebut dan menuntut jumlah yang tidak tanggung-tanggung.

Kalian bisa membaca complaint penuh dari Sony disini pdf.

Sumber: Torrent Freak

Related posts

God of War Ragnarok Akhirnya Resmi Diumumkan!

MongJi

Horizon Forbidden West Pamer Gameplay Perdana yang Menawan

MongJi

Virtua Fighter 5 Remaster Rilis Sebagai Eksklusif PlayStation Plus Juni

clauscj

Leave a Comment