fbpx
GameFever ID
News

Rilis 1 Tahun lalu, Tencent Nintendo Switch Baru Terjual 1 Juta Unit

Berkat publisher game Tiongkok terbesar, Tencent, Nintendo Switch akhirnya dijual secara resmi per tanggal 10 Desember 2019 untuk pasaran Tiongkok. Untuk versi perdana konsol hybrid Nintendo ini dibundle dengan game New Super Mario Bros. U Deluxe versi trial. Ini merupakan gebrakan baru dimana konsol game import “dilokalisasi” agar dapat dijual di negara dengan penduduk terbanyak no.1 di dunia.

Setelah 1 tahun rilis, beberapa hari lalu perwakilan dari Tencent mengumumkan bahwa konsol Tencent Nintendo Switch telah terjual sebanyak 1 juta unit. Menurut Tencent ini adalah “awal yang baik” dan “game-game Nintendo Switch region Tiongkok diterima cukup baik di pasaran lokal”. Namun, angka ini di bawah perkiraan perusahaan analis Niko Partners yang memprediksi penjualan tahun pertama akan mencapai angka 1,3 juta.

Hal ini terjadi dikarenakan para gamer Tiongkok masih memilih untuk membeli Nintendo Switch versi internasioal dibanding versi Tiongkok sendiri. Game-game Switch internasional memiliki region bebas dan jauh lebih banyak pilihan dibandingkan dengan versi Tencent. Dan juga sangat mudah membeli konsol dan game-game Switch versi internasional dari luar Tiongkok, dengan harga relatif murah dan jasa pengiriman yang sangat cepat.

Hingga saat ini beberapa game eksklusif Nintendo Switch seperti The Legend of Zelda: Breath of the Wild dan Animal Crossing: New Horizons belum rilis versi lokalnya. Tencent Switch telah merilis 13 game dalam 1 tahun semenjak rilis, dengan region khusus Tiongkok, Hong Kong dan Taiwan.

Trend game konsol di Tiongkok masih masuk kategori terbatas atau kecil, dimana game mobile masih mendominasi pasaran lokal. Jika Tencent Nintendo Switch ingin meningkatkan penjualan tentunya harus memperbanyak merilis game-game buatan developer lokal untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar.

Nintendo memprediksikan akan menjual konsol Switch hingga 24 juta unit di seluruh dunia di akhir bulan Maret 2021. 2 game eksklusif telah dipersiapkan untuk rilis: Bravely Default 2 tanggal 26 Februari, dan Monster Hunter Rise tanggal 26 Maret.

Related posts

God of War Ragnarok Akhirnya Resmi Diumumkan!

MongJi

Horizon Forbidden West Tawarkan Update Gratis Versi PS4 ke PS5

MongJi

Bandai Namco Umumkan Little Nightmares II Enhanced Edition

MongJi

Leave a Comment