fbpx
GameFever ID
News

Microsoft Pernah Mencoba Akuisisi EA Hingga Nintendo

Akuisisi merupakan bentuk kerja sama yang biasa dilakukan oleh perusahaan termasuk video game. Tahukah kalian bila ternyata Microsoft pernah mencoba mengakuisisi perusahan video game besar? Pada awal peluncuran konsol Xbox generasi pertama, Microsoft dilaporkan pernah ingin mengakuisisi beberapa perusahan video game besar. Mulai dari EA, Square Enix, Midway bahkan Nintendo.

Dilansir dari Bloomberg, beberapa mantan pegawai yang pernah bekerja di Microsoft menjelang peluncuran Xbox membeberkan upaya untuk Microsoft untuk memperoleh Nintendo, EA, dan Square Enix.

Setelah mengumumkan Xbox pada tahun 2000, Microsoft mencari game untuk konsol barunya itu dan developer yang akan membuatnya. Menurut Bob McBreen yang saat itu menjabat sebagai kepala pengembangan bisnis, perusahaan pertama yang Microsoft coba beli adalah EA. Tawaran itu disambut dengan penolakan, jadi Microsoft mengalihkan perhatiannya ke Nintendo.

Menurut Kevin Bachus, mantan direktur hubungan pihak ketiga di Xbox, mantan CEO Microsoft Steve Ballmer mengatur pertemuan dengan Nintendo untuk melihat apakah mereka akan mempertimbangkan untuk diakuisisi. Lagi-lagi tawaran tersebut ditolak mentah-mentah oleh Nintendo. Bahkan penawaran Microsoft ini ditertawakan oleh para petinggi Nintendo saat itu.

“Mereka hanya tertawa lepas. Bayangkan satu jam seseorang hanya menertawakan Anda. Begitulah pertemuan itu, ”kata Bachus.

Dengan penolakan dari Nintendo, Microsoft kemudian mencoba dan mengakuisisi Square Enix, yang sekali ditolak karena tawaran terlalu rendah. Bachus juga mengatakan bahwa Microsoft mempertimbangkan untuk mengakuisisi Midway, tetapi kesepakatan itu juga gagal.

Menarik membaca kisah Microsoft yang berusaha untuk mengkuisisi perusahan video game besar untuk memperkuat line-up game untuk Xbox saat itu.

Related posts

5 Fakta Menarik Battlefield 2042 yang Wajib Kalian Ketahui

Roni Istianto

Control Gratis di Epic Games Store!

MongJi

Death Stranding Director’s Cut Tuju PS5

MongJi

Leave a Comment