fbpx
GameFever ID
News

Info Mengenai Fitur Backward Compatibility PlayStation 5

PlayStation 5 akan rilis satu bulan lagi untuk beberapa negara terdahulu, dan untuk seluruh dunia satu minggu setelahnya. Para gamer yang mengkoleksi dan memainkan game-game PlayStation 4 akan dapat memainkannya juga di konsol generasi berikut milik Sony ini. Namun bagaimana kita mengetahui game-game PlayStation 4 mana saja milik kita yang dapat dimainkan?

PlayStation 5 Disc Edition dan PlayStation 5 Digital Edition

Saat rilis PlayStation 5 akan langsung memiliki 2 jenis edisi: edisi dengan disc drive Ultra HD Blu-ray, dan edisi digital (tanpa disc drive). Untuk jenis game yang dapat dimainkan di kedua edisi ini adalah:

PlayStation 5 Disc Edition:

  • Kalian dapat memainkan game-game fisik PlayStation 4 di konsol PlayStation 5
  • Kalian dapat memainkan game-game digital PlayStation 4 yang sudah kalian beli dari PlayStation Store (dari menu PS4 dan PS5, website dan aplikasi), terletak di bagian Library.
  • Seluruh koleksi game PlayStation Plus yang sesuai dapat dimainkan di PlayStation 5.
  • Seluruh koleksi game PlayStation Now yang sesuai dapat dimainkan di PlayStation 5.

PlayStation 5 Digital Edition:

  • Kalian dapat memainkan game-game digital PlayStation 4 di konsol edisi digital PlayStation 5. Game-game digital PlayStation 4 kedepan yang sesuai dengan PlayStation 5 akan dapat dimainkan juga (membeli dari menu PS4 dan PS5, website dan aplikasi).
  • Seluruh koleksi game PlayStation Plus yang sesuai dapat dimainkan di PlayStation 5.
  • Seluruh koleksi game PlayStation Now yang sesuai dapat dimainkan di PlayStation 5.

Saat kalian masukkan PSN ID di konsol PlayStation 5, kalian dapat langsung mengakses konten Library game-game PlayStation 4 milikmu. Jangan lupa untuk mengupdate software konsol PlayStation 5 terdahulu, dan lakukan patch untuk tiap game PlayStation 4 yang akan dimainkan jika tersedia.

Sony Interactive Entertainment (SIE) menjelaskan bahwa game-game PlayStation 4 yang dimainkan di konsol PlayStation 5 akan memiliki peningkatan kecepatan loading. Dan juga akan mendapatkan Game Boost, seperti peningkatan frame rate (fps) dan kualitas resolusi grafik hingga 4K.

Apakah koleksi game PlayStation VR (PS VR) dapat dimainkan di PlayStation 5?

Seluruh game PS VR akan dapat dimainkan di konsol PlayStation 5. Namun untuk memainkannya tetap menggunakan peralatan milik PlayStation 4:

  • PS VR headset
  • DualShock 4
  • PlayStation Move
  • PS Camera (untuk PS4)

PS5 HD Camera tidak dapat digunakan untuk memainkan game-game PS VR. Sebuah alat PS Camera Adaptor akan tersedia untuk dapat menggunakan PS Camera PS4 di konsol PlayStation 5.

Bagaimana cara memindahkan save game dan data game dari PlayStation 4 ke PlayStation 5?

  • Kalian dapat memindahkan game digital, data game fisik dan save game dari PS4 ke PS5 dengan 2 cara: menggunakan kabel LAN, atau menggunakan koneksi WiFi.
  • Jika kalian sudah menyimpan data game PS4 di external storage device, kalian dapat hubungkan ke konsol PlayStation 5 untuk memindahkannya.
  • Jika kalian pelanggan PlayStation Plus, kalian dapat memindahkan save game PS4 milik kalian melalui online storage. Harap periksa tiap game yang dapat dipindahkan save game nya ke PS5 , karena merupakan keputusan tiap developer.

Bagaimana cara kita mengetahui game-game PlayStation 4 yang tidak sesuai dengan PlayStation 5?

Cara mengetahuinya adalah dengan masuk ke PlayStation Store dan membaca tulisan “Playable On: PS4 Only”. Saat ini baru ada 2 judul game yang sudah dikonfirmasi tidak sesuai dengan konsol PlayStation 5:

  • Shadwen
  • TT Isle of Man – Ride on the Edge 2

Naughty Dog, developer seri game Uncharted dan The Last of Us menginformasikan bahwa seluruh game PlayStation 4 mereka dapat dimainkan di konsol PlayStation 5 nanti.

Related posts

Masuk Indonesia, Inilah Harga Resmi Dua Varian Warna DualSense PS5

MongJi

Developer Days Gone Tengah Mengerjakan IP Game Open-World Baru

clauscj

Seri Baru God of War Ditunda ke 2022, Rilis di PS4

MongJi

Leave a Comment