fbpx
GameFever ID
News

Fantasian, Turn-Based JRPG Terbaru Dari Pencipta Final Fantasy

Buat kalian para penggemar game JRPG dengan tifur Turn-Based tentunya tidak asing dengan seri Final Fantasy. Game ciptaan Hironobu Sakaguchi ini pertama kali rilis di tahun 1987, sebagai proyek “terakhir” dia saat SquareSoft sedang mengalami kebangkrutan. Di luar dugaan Final Fantasy pertama sukses besar di negara Jepang, membalikkan kondisi keuangan SquareSoft. Dengan ini Squaresoft (sebelum menjadi Square Enix) menjadikan Final Fantasy menjadi salah satu IP utama perusahaan tersebut.

Setelah 9 seri Final Fantasy, akhirnya Hironobu Sakaguchi mengundurkan diri dari SquareSoft dan mendirikan studio baru bernama Mistwalker di tahun 2004. Berawal membuat game untuk konsol, Mistwalker beralih fokus menjadi developer game-game mobile untuk iOS dan Android. Terra Battle adalah judul game Mistwalker yang sukses hingga mengghasilkan sequel Terra Battle 2 dan Terra Wars.

Seiring rilisnya layanan video game Apple Arcade di tahun 2019, Mistwalker membuat game eksklusif bernama Fantasian, sebuah JRPG bernuansa klasik Turn-Based. Yang unik dari Fantasian adalah setiap area petualangan dalam game tersebut menggunakan lebih dari 150 set diorama buatan tangan. Setelah seluruh set diorama ini telah jadi, lalu diorama tersebut dibuat ulang di dalam game, digabungkan dengan karakter-karakter desain 3D.

Fitur utama Fantasian yang menarik adalah Dimengeon, dimana kalian dapat memindahkan para musuh yang kalian temui dalam game dipindahkan ke dimensi lain. Dengan ini kalian dapat menjalankan kisah game, menuju lokasi tertentu tanpa harus terganggu dengan random battle. Kalian dapat berpindah ke dimensi lain kapan saja untuk melawan seluruh monster yang kalian pindahkan sekaligus.

Jika kalian perhatikan, lagu-lagu Fantasian terdengar seperti game-game Final Fantasy umumnya. Dikarenakan komposer legendaris Nobuo Uematsu mengkomposisi semua lagu-lagu Fantasian, lebih dari 60 track. Beberapa mantan karyawan dari Final Fantasy VI juga ikut bergabung dalam pembuatan mahakarya terbaru “bapak” Final Fantasy ini.

Fantasian direncanakan rilis di tahun 2021, merupakan game eksklusif untuk Apple Arcade, akan rilis dalam bahasa Jepang dan Inggris.

Related posts

Final Fantasy VII Remake Intergrade Tambahkan Berbagai Fitur Baru

clauscj

Resmi Diumumkan, Final Fantasy XVI Bakal Tersedia di PS5 dan PC

MongJi

Final Fantasy XVI Dirumorkan Bakal Diungkap Dalam Waktu Dekat

MongJi

Leave a Comment