fbpx
GameFever ID
  • Home
  • News
  • Berbincang Dengan Yongmin Cho – Visi Black Desert Mobile Untuk Pasar Global
News

Berbincang Dengan Yongmin Cho – Visi Black Desert Mobile Untuk Pasar Global

Black Desert Online bisa dibilang salah satu game MMORPG yang cukup ambisius. Kualitas grafisnya yang menawan, kustomisasi karakter yang mumpuni serta petarunganyan yang penuh dengan efek visual yang indah berhasil dipadukan dengan baik oleh Pearl Abyss.

Kini pasar game mobile menjadi ambisi baru mereka demi menjerat penggemar baru diseluruh dunia dengan proyek barunya, Black Desert Mobile. Kami Gamefever ID diberi kesempatan untuk berbincang langsung dengan Yongmin ‘Jayden’ Cho, Lead Producer untuk proyek ini. Kira-kira apa sih tantangan yang mereka hadapi dan visi untuk game Black Desert Mobile.

Kami dengar anda adalah bagian dari tim yang menggarap C9. Bagaimana anda menggunakan pengetahuan anda dalam pengembangan game tersebut untuk Black Desert Mobile?

Saya mendapatkan posisi senior pertama saat mengembangkan C9. Posisi ini memberikan saya kesempatan untuk mempelajari banyak hal. Mulai dari desain karakter sampai animasi. Semua yang saya dapatkan di C9 sangat membantu dalam mengembangkan Black Desert Mobile.

Beberapa informasi bermunculan saat soft launch untuk server global bahwa beberapa konten tidak bisa di akses, sedangkan server lain sudah memiliki akses ke konten tersebut. Apakah akan pembaharuan konten di open beta nanti?

Setelah perilisan server Korea dan Taiwan, kami menemukan beberapa isu. Ini mengharuskan kami untuk memoles beberapa hal di server global sebelum kami bisa merilis gamenya secara penuh. Untuk konten, kami memilki beberapa hal yang bisa dinantikan para pemain server global.

Pertama, kami akan membuka semua area sampai Mediah. Akan tetapi kami tidak bisa menjanjikan pengembangan sampai sana saat gamenya rilis. Tapi kami akan terus berusaha untuk mencapai Mediah.

Kedua, kami menahan beberapa konten seperti senjata dan armor karena kami ingin para pemain menikmati semua konten yang ada sambil megumpulkan set senjata dan armor. Kami akan terus menambah senjata dan armor kedepannya.

Terakhir kami juga membuka kesempatan pre-load karena ukuran gamenya cukup besar. Kami juga membuka akses kepada semua pemain untuk menggunakan pembuatn karakter supaya mereka bisa langsung bermain.

Apakah ini artinya para pemain server global akan terus ketinggalan konten-konten baru?

Kami akan terus merilis konten secara bertahap agar para pemain server global bisa mengejar server lain secepat mungkin. Alasan kenapa kami tidak langsung memberikan semua konten dari awal adalah untuk mencegah bug atau error. Apabila kami menyajikan semua konten dari awal, para pemain akan kesulitan menikmati gamenya.

Seberapa tinggi ekspektasi anda untuk server global? apakah ada rencana khusus untuk menarik pemain baru?

Sejak kami mengumumkan soft launch, kami mendapatkan 3 juta pre-registrasi. Ini sangat bagus. Saya sangat senang milihat bagaimana para pemain dari berbagai daerah menikmati game-nya. Kami bisa membuat konten yang cocok dengan setiap daerah dimasa depan

Mengenai menarik pemain baru, kami merencanakan untuk menjalankan kampanye marketing besar besaran untuk mempromosikan game ini. Jadi kami berharap lebih banyak pemain mengetahui game ini kedepannya.

Apakah ada kemungkinan untuk kolaborasi dengan game atau developer lain?

Kami mendapatkan beberapa permintaan untuk kolaborasi, tapi untuk saat ini, kami ingin menfokuskan diri agar para pemain untuk menikmati dan terbiasa dengan gamenya. Kolaborasi pasti akan datang, tapi itu nanti.

Apakah Black Desert Mobile nantinya akan memiliki konten e-Sports?

Sejujurkan, game bergenre MMORPG seperti Black Desert Mobile cukup sulit untuk disisipi konten esports. Maka dari itu kami belum memiliki rencana untuk hal itu. Ini tentu saja akan dibahas, tapi kami masih belum yakin akan seperti apa kedepanny. Apakah perlu mengadaptasi konten yang sudah ada atau membuat konten yang baru sepenuhnya.

Apakah anda bisa memberikan kami rekomendasi spesifikasi perangkat untuk memainkan game ini dengan setting maksimal?

Saat ini kami masih terus mencoba mencari spesifikasi perangkat yang direkomendasikan dan juga perangkat apa yang paling cocok. Ada sangat banyak jenis dan model smartphone yang sudah beredar di seluruh dunia. Jadi kami ingin meminta semuanya untuk bersabar karena kami masih terus mencoba mencari pengaturan dan spesifikasi yang terbaik.

Seberapa besar kemungkinan para pemain dengan smartphone spesifikasi rendah bisa memainkan Black Desert Mobile versi ringan?

Sejujurnya, kami sudah berusaha untuk mengoptimalkan performa game ini untuk smartphone yang cukup tua seperti iPhone 7 atau 6. Akan tetapi cukup sulit bagi kami untuk memperkecil ukuran file game ini dengan tetap mempertahankan kualitas. Maka dari itu, saya secara pribadi harus mengatakan bahwa kecil kemungkinan versi lite atau ringan akan dibuat. Tetapi kami akan tetap terus memikirkan para pemain dengan smartphone yang lebih tua.

Apa anda punya pesan untuk para penggemar BIack Desert di seluruh dunia?

Saya ingin berterima kasih dari lubuk hati yang terdalam untuk para penggemar khususnya Black Dessert Mobile yang sudah menunggu cukup lama. Saya dan tim akan menggunakan semua ilmu dan data yang kami dapatkan dari soft launch kemarin sebagai acuan untuk membuat gamenya lebih baik sebelum OBT nanti. Kami juga ingin menegaskan bahwa akan memberikan izin ke para pemain untuk mengakses pembuatan karakter sebelum tanggal perilisan agar semuanya bisa siap sebelum OBT berjalan.

Black Desert Mobile akan dirilis secara global pada 11 Desember 2019 untuk iOS dan Android.

Related posts

Pendaftaran INDOESPORTS League Mobile x Gamely Mobile Legends: Bang Bang Sudah Dibuka!

MongJi

(Guide) Warrior – Informasi Skill, Rekomendasi Skill PVP & PVE

MongJi

Ragnarok Tactics Resmi Buka Tahap Pre-Registrasi

MongJi

Leave a Comment