fbpx
GameFever ID
News

Animal Crossing: New Horizons Dilarang Secara Tiba-Tiba di Negara Cina

Animal Crossing: New Horizons, game simulation yang rilis secara eksklusif di Nintendo Switch adalah salah satu game terpopuler saat ini. Di dalam gamenya terdapat fitur Custom Designs, dimana para pemain dapat menggambar kreasi sendiri di kanvas, baju dan topi.

Hal ini digunakan oleh beberapa pemain dari Hong Kong untuk melakukan unjuk rasa protes kepada negara Cina, Joshua Wong, salah satu aktifis utama partai demokrasi Hong Kong Demosistō, merupakan pemain aktif di Animal Crossing: New Horizons. Dia menggunakan game tersebut untuk mengaspirasikan unjuk rasa nya, dan disebarkan ke media sosial:

Dan hal ini pun diikuti oleh para pemain Animal Crossing: New Horizons lainnya:

Karena maraknya gambar propaganda tersebut, pemrintah Cina melalui menteri luar negeri memaksa Nintendo untuk mematikan server online Animal Crossing: New Horizons mulai tanggal 10 April pukul 18.00 waktu setempat. Para retailer online lokal terkenal seperti Jingdong (JD) dan Taobao juga telah menghentikan penjualan game Animal Crossing: New Horizons di website mereka.

Analis industri video game ternama Daniel Zhang melalui akun Twitternya menyatakan bahwa para pemain negara Cina dan Hong Kong masih dapat membeli dan memainkan Animal Crossing: New Horizons. Salah satu caranya adalah dengan mengubah region negara di Nintendo eShop, atau membeli melalui toko online secara diam-diam:

Ini bukan pertama kalinya kasus sebuah video game dilarang rilis di negara Cina. Awal tahun 2020 game berjudul Devotion diturunkan dari Steam karena memiliki sebuah “kalimat tersembunyi” yang menghina Xi Jinping, presiden negara republik Cina.

Politikus negara Taiwan, Su Tseng-chang, melalui akun Facebook menyatakan bahwa “Taiwan tidak akan melarang sebuah game “mengumpulkan ranting pohon dan membeli lobak, silahkan teruskan memperolok pemerintahan (Cina). Demokrasi dan kebebasan bersuara adalah nilai-nilai yang sangat penting di negara Taiwan. Semua orang dapat berbicara mengenai apapun melalui media manapun. Mohon menghargai gaya hidup ini, dan mainkan kapanpun kalian bisa”.

台灣不會查禁這種撿樹枝、種大頭菜的遊戲,請玩家放心惡搞政府。民主和言論自由是台灣最重要的價值,大家可以用各種媒材說出自己想說的話,也請大家珍惜這樣的生活方式,盡量玩、沒關係。#可以惡搞我沒關係#但請別開疫情玩笑

Posted by 蘇貞昌 on Friday, 10 April 2020

Related posts

Sejarah Game-Game Sucker Punch Productions

clauscj

Mengenal Kartu Tag Team di Pokémon TCG

MongJi

Pokemon TCG Ekspansi Tag Team Sudah Meluncur di Indonesia!

MongJi