fbpx
GameFever ID
Mobile Legends Opini

[OPINI] Perilisan Project Next Mobile Legends, Update Tepat Disaat yang Tidak Tepat

Bulan kemarin Moonton selaku developer Mobile Legends memberikan udpate terbaru bertajuk “Project Next”. Dalam Project Next tersebut terdapat beragam pembaharuan yang diberikan dan membuat Mobile Legends berubah. Mulai dari tampilan in-game hingga gameplay yang diperbaharui oleh Moonton.

Menanggapi terhadap perubahan tersebut banyak pemain Mobile Legends yang mengeluhkan dan terkesan memberi respon negatif. Mereka menganggap beragam masalah kini mereka temui. Mulai dari aplikasi game yang mulai berat, server yang kurang stabil, hingga meta yang berubah. Namun apakah perubahan yang dilakukan oleh Moonton tersebut salah?

Update Hero Lawas dan Gameplay yang Berubah

Bila dilihat lebih jauh lagi, kini kualitas dari grafik Mobile Legends telah meningkat pesat. Revamp hero-hero lawas juga menjawab keraguan pemain terhadap buruknya content balance dari Moonton. Hero-hero lawas sebelumnya dianak tirikan oleh Moonton karena terkesan tidak berguna. Kini setelah update yang baru, kita bisa menjumpai lagi hero-hero lawas untuk tampil dalam pertandingan Mobile Legends.

Kemudian Moonton juga mengubah gameplay dari Mobile Legends. Mulai dari Turret yang kini lebih susah untuk dihancurkan hingga item jungle yang hanya bisa dibeli oleh pengguna Retribution. Kini role pemain dalam game Mobile Legends mulai jelas. Jika sebelumnya pemain bisa dibebaskan untuk menggunakan role sesuai dengan hero-nya, kini pemain dituntut untuk mengikuti role yang ada. Penggunaan role tersebut dirasa tepat untuk game yang bergenre MOBA yang membutuhkan strategi lebih dalam permainannya.

Game yang Menjadi Lebih Berat dan Server yang Masih Labil

Sayangnya update yang dilakukan oleh Moonton ini terasa begitu berat. Sehingga pemain-pemain yang menggunakan smartphone dengan spek mini mengalami lag dan patah-patah saat memainkan Mobile Legends yang baru ini. Selain itu server dari Mobile Legends juga dianggap tidak stabil membuat para pemain tidak dapat menikmati permainan lagi seperti biasanya. Padahal saat ini kompetisi-kompetisi profesional Mobile Legends juga masih berjalan dan membuat para pemain profesional harus siap menghadapi server yang tidak stabil dan perubahan gameplay yang terkesan instan. Lebih baik lagi jika Moonton lebih memfokuskan dahulu untuk memperbaiki server dan memberikan update Project Next ini pada akhir kompetisi profesional Mobile Legends.

Datangnya Pesaing Baru

Selain itu saat ini publik masih dalam hype game MOBA baru yang dipublikasikan oleh Riot Games yaitu League of Legends: Wild Rift. League of Legends: Wild Rift saat ini masih dalam tahap closed beta dan akan memulai tahap open beta pada 27 Oktober mendatang. Pemain MOBA khususnya di mobile sepertinya akan mencoba dan hijrah ke League of Legends: Wild Rift saat open beta nanti.

Dapat dikatakan Moonton terlihat terburu-buru untuk memberikan update kali ini. Apakah tekanan pemain lama yang mengatakan Mobile Legends saat ini terkesan monoton dan hadirnya game pesaing membuat Moonton gelisah. Namun yang jelas saat ini Project Next sudah resmi dirilis oleh Moonton dan para pemain sudah merasakan dampaknya.

Kita lihat saja natinya manuver-manuver baru dari Moonton dalam memperbaruhi Mobile Legends. Tentu saja ada banyak pro-kontra dari update terbaru yang dilakukan oleh Moonton tersebut. Banyak yang menganggap bahwa pembaharuan tersebut sangat berguna dan menjadikan Mobile Legends lebih baik lagi,. Namun juga banyak yang berfikir bahwa Moonton melakukan kesalahan dalam update terbaru yang mereka lakukan.

Apakah nantinya Mobile Legends masih menjadi game MOBA Mobile paling populer dengan pembaharuan Project Next ini. Mengingat penantang baru yaitu League of Legends: Wild Rift akan segera datang dan tentunya kemungkinan akan banyak pemain melakukan migrasi kedalam League of Legends: Wild Rift.

Related posts

Siap Nostalgia! Game Mobile Slam Dunk Resmi Rilis Secara Global

MongJi

[Genshin Impact] Barang yang Harus Dipersiapkan Untuk Zhongli

MongJi

Dota 2 Bakal Kedatangan Hero Baru?

MongJi

Leave a Comment