fbpx
GameFever ID
List

Setelah FFVII, 5 Game Square Enix Ini Juga Layak Dapat Remake

5 tahun penantian para pecinta Final Fantasy VII (FFVII) akhirnya terjawab sudah. Square Enix akhirnya secara resmi merilis Final Fantasy VII Remake yang sudah lama dinantikan. Menurut kami pun yang sudah sempat memainkannya, versi remake ini berhasil menawarkan yang pengalaman baru. Melihat ekskusi yang baik untuk versi remake FFVII, kami rasa ada game RPG lain dari Square Enix yang layak mendapatkan remake juga.

Maka dari itu, inilah 5 game dari Square Enix yang menurut kami layak mendapatkan remake setelah mereka sukses dengan Final Fantasy VII!

Parasite Eve

Bisa dibilang Parasite Eve adalah usaha Square Enix yang ingin mencoba game horor seperti apa yang dilakukan Capcom dengan Resident Evil-nya. Meski terbilang singkat bila dibandingkan dengan franchise Resident Evil, Parasite Eve masih menjadi game yang menarik sampai saat ini. Hal yang paling menonjol di game ini tentu gameplay-nya yang cukup unik. Parasite Eve hadir sebagai game horor yang dipadukan dengan mekanik RPG. Senjata yang dapat di-upgrade atau luasnya eksplorasi menjadi daya tarik tersendiri. Kami rasa, Square Enix bisa mempertimbangkan untuk me-remake Parasite Eve, mungkin dengan elemen horor tradisional atau dengan perubahan elemen RPG agar lebih menarik.

Drakengard

Melihat suksesnya Nier: Automata, kami merasa Drakengard juga layak dibuat versi remake oleh Square Enix. Sekedar informasi singkat, Drakengard dan Nier masih dalam satu universe atau dunia. Bahkan cerita utama datang dari Drakengard dan kemudian seri Nier muncul sebagai cerita spin-off. Apalagi Yoko Taro juga terlibat langsung dengan kedua game ini. Drakengard mengusung cerita fantasi yang cukup gelap, mengeksplorasi berbagai tema dewasa dalam narasi yang bisa dibilang yang terkuat di zamannya. Square Enix seharusnya bisa mempertimbangkan untuk me-remake Drakengard dengan aspek permainan dan visual yang istimewa mengingat di 2004 lalu game ini dinilai mempunyai visual yang buruk.

Xenogears

Jika ada game yang pantas mendapatkan perlakuan yang baik Square Enix seperti apa yang mereka kerjakan di Final Fantasy VII, maka jawabannya adalah Xenogears. Meski sempat bertahan melalui seri Xenoblade Chronicles, Xenogears yang rilis di 1998 masih menjadi judul terbaik di franchise-nya, menawarkan pengalaman JRPG murni yang memadukan pengembangan karakter, cerita, gameplay yang mudah diakses tetapi dalam, dan mecha (robot) secara sempurna. Versi remaken dapat membuat keajaiban tersendiri bagi Xenogears. Apalagi alasan presentasi yang merupakan salah satu aspek yang cukup lemah di Xenogears waktu itu.

Brave Fencer Musashi

Bila melihat Square Enix yang tampaknya memprioritaskan game-game RPG dalam beberapa tahun terakhir, versi remake dari Brave Fencer Musashi seharusnya masuk akal. Dengan cerita yang lebih ringan dan elemen petualangan yang kental, Brave Fencer Musashi disambut baik oleh gamer karena Square (sebelum menjadi Square Enix) berhasil mencoba hal baru dari seri-seri ciptaan mereka sebelumnya. Sistem pertarungan di Brave Fencer Musashi juga hampir bisa dilihat sebagai pendahulu dari Kingdom Hearts dan seri-seri Final Fantasy selanjutnya, dan itu bisa dibilang lebih baik daripada beberapa game itu.

Vagrant Story

Meskipun menjadi salah satu JRPG terbaik di PlayStation, perilisan Vagrant Story dinilai terlambat bila menginginkan reaksi postif seperi apa yang didapat dari Final Fantasy VII. Berada di dunia abad pertengahan yang suram di tengah perang saudara. Vagrant Story memberikan pengalaman yang sangat berbeda dengan JRPG Square lainnya. Ini juga tercermin dalam sistem pertarungan dan progression yang lebih mengutamakan efisiensi daripada gaya. Vagrant Story sudah menjadi mahakarya, tetapi sebuah remake bisa memperkenalkan game ini ke pemain baru.

***

Itulah game dari Square Enix yang layak mendapatkan remake setelah sukses dengan Final Fantasy VII. Adakah game dari Square Enix yang kalian inginkan sekali versi remake-nya?

Related posts

Patch Pertama Outriders Berikan Item Gratis Dan Nerf Beberapa Skill

clauscj

Ninjala Siap Kolaborasi dengan Monster Hunter Rise

MongJi

Jadwal Resident Evil Showcase April 2021 Akhirnya Diumumkan

MongJi

Leave a Comment