fbpx
GameFever ID
List

Daftar Tim-Tim Juara League of Legends World Championship

Pagelaran turnamen tahunan terbesar game League of Legends yaitu World Championship 2020 akan segera bergulir akhir bulan ini. 24 tim League of Legends terbaik dari seluruh dunia akan berpartisipasi memperebutkan titel tim League of Legends terbaik. Pada tahun 2020 ini merupakan edisi yang ke 10 World Championship sejak pertama kali digelar pada tahun 2011 lalu. Lalu tim mana sajakah yang pernah menjuarai turnamen World Championship tersebut? Berikut daftarnya:

RIOT Championship Season 1 (2011) – Fnatic

Turnamen pembuka World Championship dahulu bernama RIOT Championship. Tim-tim yang mengikuti turnamen edisi perdana World Championship tersebut ada sebanyak 8 tim. Tim-tim tersebut merupakan hasil kualifikasi dari 8 tim terbaik diseluruh dunia. Tim asal Eropa yaitu Fnatic berhasil menjuarai turnamen RIOT Championship Season 1 tersebut dengan mengalahkan Against All Authority di partai final. Dengan kemenangan itu maka Fnatic berhak atas hadiah juara pertama sebesar USD 50.000 atau sekitar lebih dari Rp700 juta.

RIOT Championship Season 2 (2012) – Taipei Assassin

Turnamen edisi kedua World Championship berlangsung sangat meriah dengan memperebutkan total hadiah sebesar USD 2 juta atau sekitar Rp30 miliar. Tim-tim yang bertanding pun juga lebih banyak yaitu 12 tim. Pada tahun kedua ini tim-tim dari Asia mulai mendominasi. Hingga akhirnya tim asal Taiwan yaitu Taipei Assassin berhasil menghentikan perlawanan Azubu Frost dari Korea Selatan dipartai grand final.

RIOT Championship Season 3 (2013) – SK Telecom T1

Pada RIOT Champiomship Season 3 ini kedigdayaan tim-tim dari Korea Selatan mulai terlihat. Mereka tampil tanpa kesalahan dengan mengalahkan tim-tim League of Legends dari negara lainnya. 14 tim berpartisipasi dalam turnamen RIOT Champiomship Season 3 ini dan memperebutkan total hadiah sebesar USD 2 juta atau sekitar Rp30 miliar. Tim SK Telecom T1 berhasil memenangkan turnamen dengan mengalahkan wakil dari China yaitu Royal Club dipartai final.

League of Legends World Championship 2014 – Samsung White

Pada edisi yang keempat ini turnamen ini kini bernama World Championship. Jumlah tim yang berpartisipasi juga bertambah menjadi 16 tim LoL terbaik dari seluruh dunia. Total hadiah yang diperebutkan juga masih sama seperti musim sebelumnya yaitu USD 2 juta atau sekitar Rp30 miliar. Tim dari Korea Selatan menunjukan dominasinya dengan menjadi juara yaitu Samsung White setelah mengalahkan tim asal China Star Horn Royal Club dipartai terakhir.

League of Legends World Championship 2015 – SK Telecom T1

Lagi-lagi tim asal Korea Selatan berhasil menguasai turnamen World Championship. Pada Worlds edisi tahun 2015 SK Telecom T1 berhasil menjuarai turnamen untuk yang kedua kalinnya. Duel sesama tim Korea Selatan tersaji di partai final. Dimana SK Telecom T1 berhasil mempecundangi KOO Tigers dengan skor 3-1. Dengan kemenangan tersebut maka SK Telecom berhasil memenangkan hadiah sebesar USD 1 juta atau sekitar Rp14,7 miliar.

League of Legends World Championship 2016 – SK Telecom T1

Dinasti SK Telecom T1 dan tim asal Korea Selatan masih berjaya ditahun 2016. Untuk ketiga kalinya SK Telecom T1 berhasil memenangkan turnamen Worlds dan menjadi tim pertama yang melakukannya. Midlaner SK Telecom T1 yaitu Faker dinobatkan sebagai legenda karena berhasil membawa tim tersebut sejak pertama kali memenangkan World Championship tahun 2013 lalu. Turnamen World Championship 2016 ini diikuti oleh 16 tim dengan total hadiah mencapai USD 5 juta atau sekitar Rp73 miliar.

League of Legends World Championship 2017 – Samsung Galaxy

Turnamen League of Legends World Champioship 2017 menjadi ajang balas dendam bagi Samsung Galaxy. Setelah beberapa tahun terakhir berada dalam bayang-bayang rival abadinya yaitu SK Telecom T1. Kini Samsung Galaxy berhasil menjungkalkan dinasti SK Telecom T1 dan menjadi juara Worlds untuk kedua kalinnya. Pada partai grand final Samsung Galaxy berhasil mengalahkan SK Telecom T1 dengan skor 3-0 langsung. League of Legends World Champioship 2017 sendiri diikuti oleh 24 tim dengan total hadiah lebih dari USD 4,5 juta atau sekitar Rp66 miliar.

League of Legends World Championship 2018 – Invictus Gaming

Turnamen World Championship 2018 diikuti oleh 24 tim peserta dengan total hadiah sebesar USD 6,4 juta atau sekitar Rp94 miliar. Pada edisi yang kedepalan ini World Championship berlangsung cukup menarik. Pertarungan antara tim seperti “South Korea vs The Worlds”. Diaman semua tim berlomba-lomba untuk menghentikan dinasti Korea Selatan yang selama ini menguasai ajang World Championship. Akhirnya juara baru tercipta setelah wakil dari China yaitu Invictus Gaming berhasil mengalahkan Fnatic dipartai final.

League of Legends World Championship 2018 – FunPlus Phoenix

Kisah perjalanan FunPlus Phoenix dalam menjuarai World Championship 2019 ini bak cinderella. Mereka merupakan tim baru yang dibentuk tahun 2018 dan menjadi tim papan bawah di Liga League of Legends China. Namun dengan kerja keras dan kekompakan tim mereka berhasil menjadi penguasa LPL dan World Championship tahun 2019. Mereka berhasil mengalahkan G2 Esports dengan skor 3-0 dipartai final. League of Legends World Championship 2019 diikuti oleh 24 tim dengan total hadiah sebesar USD 2,2 juta atau sekitar Rp32 miliar.


Itulah tadi daftar tim-tim yang berhasil memenangi turnamen League of Legends World Championship. Meskipun edisi tahun ini sempat terhalang dengan pandemi COVID-19, namun para pencinta game League of Legends diseluruh dunia sudah menantikan acara tersebut. Kita lihat saja tim manakah yang akan menjadi juara untuk edisi Worlds Championship yang ke sepuluh ini.

Related posts

Dota 2 Perkenalkan Hero Baru Bernama Dawnbreaker!

MongJi

Jalin Kerjasama dengan Tim-Tim Esports Besar, BMW Garap Manga Bertemakan Esports

Roni Istianto

Langgar Aturan, Tim yang Diperkuat InYourDream Didiskualifikasi dari DPC Season 2

Roni Istianto

Leave a Comment