fbpx
GameFever ID
List

5 Story Boss Tersulit di Final Fantasy VII

Final Fantasy VII memiliki puluhan boss monster, terbagi menjadi story (cerita utama) dan optional/side quest. Pembahasan kali ini fokus kepada 5 story boss yang menurut tim GameFever ID adalah paling sulit dikalahkan di Final Fantasy VII, diurutkan dari saat bertemu mereka:

Materia Keeper

5 Story Boss Tersusah di Final Fantasy VII

Kalian melawan Boss ini di Disc 1 saat mencapai Mt. Nibel. Materia Keeper memiliki skill bernama Trine, yaitu serangan elemen Lightning yang sangat kuat ke seluruh party. Dan di saat HP dia tinggal sedikit, Materia Keeper dapat menggunakan skill Cura (Cure 2) ke dirinya sendiri dengan waktu casting yang sangat cepat, membuat pertarungan menjadi lama dan menyulitkan. Sebagai persiapan, kalian harus memakai Bolt Ring dan selalu cast MBarrier untuk mengurangi damage Trine yang diterima. Dan juga cast Bio untuk memberikan efek Poison ke Materia Keeper.

Demons Gate

5 Story Boss Tersusah di Final Fantasy VII

Demons Gate adalah boss yang kalian lawan saat mencapai Temple of the Ancients di Disc 1. Dia memiliki attack speed yang tinggi, juga memiliki beberapa serangan dengan damage besar ke seluruh party, jadi kalian harus selalu memperhatikan HP saat melawan dia. Dan dia memiliki magic defense yang sangat tinggi, menyebabkan serangan Magic dan Summon tidak efektif untuk melukai dia. Tips mengalahkan Demons Gate adalah dengan cast Slow dari awal pertarungan untuk mengurangi attack speed dia, dan fokus kepada serangan fisik dan Limit Break tiap karakter. Dan selalu cast Big Guard dan Regen setiap ada kesempatan, dan gunakan Limit Break Aerith untuk memulihkan HP seluruh party.

Schizo

5 Story Boss Tersusah di Final Fantasy VII

Schizo adalah boss pertama di Disc 2, terletak di puncak Gaea’s Cliff, memiliki bentuk seperti naga berkepala dua. Kepala kiri dia mengeluarkan serangan Ice, sedangkan kepala kanannya mengeluarkan serangan Fire. Dan kedua kepalanya dapat mengeluarkan serangan Double Breath berkali-kali jika tidak cepat dihancurkan salah satunya. Dan juga tiap kepala dapat memberikan counter attack skill Tremor (setara Quake 2) setelah setiap serangan ke-5 dan ke-6 ke seluruh party. Saat salah kepala dikalahkan akan mengeluarkan serangan Lightning sebesar 1,500 damage ke seluruh party sebagai Final Attack. Taktik untuk mengalahkan Schizo adalah fokus ke salah satu kepala dahulu, serangan Fire untuk kepala kiri dan Ice untuk kepala kanan. Summon attack seperti Leviathan, Bahamut dan Alexander cukup efektif untuk melukai dia. Jika kalian memakai Dragon Armlet dapat mengurangi serangan elemental darinya, dapat kalian farm dari Blue atau Red Dragon di area sebelum melawan Schizo.

Carry Armor

5 Story Boss Tersusah di Final Fantasy VII

Kalian melawan Carry Armor di Junon Underwater Reactor, digunakan oleh Reno untuk menghambat kalian. Carry Armor memiliki serangan Arm Grab, dimana dia menangkap salah satu karakter dari party kalian, dan terus melukainya jika tidak dihancurkan secepatnya. Dan serangan Lapis Laser dia cukup mematikan jika tidak diantisipasi dengan skill MBarrier, atau memakai Talisman atau Circlet. Cara lain agar Carry Armor tidak dapat menggunakan Lapis Laser adalah dengan cast skill Magic Hammer ke dirinya berkali-kali untuk menghabiskan MP miliknya. Carry Armor lemah terhadap serangan Lightning, karena berbentuk mesin.

Safer Sephiroth

5 Story Boss Tersusah di Final Fantasy VII

Merupakan final story boss Final Fantasy VII, dan asal mula lagu “One-Winged Angel” menjadi populer. Sephiroth memiliki jumlah HP yang beragam, tergantung dari level tiap karakter dan kondisi saat kalian mengalahkan 2 boss sebelumnya:

  • Untuk tiap karakter mencapai level 99, 30,000 HP + 2 Attack + 20 Defense + 5 Magic Attack + 16 Magic Defense akan ditambahkan ke stats Safer∙Sephiroth
  • Jika kalian menggunakan Knights of the Round saat melawan Jenova∙SYNTHESIS, Safer∙Sephiroth akan menerima tambahan 80,000 HP
  • Untuk tiap kepala Bizarro∙Sephiroth yang dihancurkan, maksimum HP Safer∙Sephiroth akan diturunkan sebanyak 100, dengan maksimum penurunan sebanyak 24,900 HP

Safer Sephiroth memiliki jumlah MP yang tidak terbatas, akan terus pulih di awal giliran dia untuk menyerang. Saat battle dimulai, dia akan menggunakan Wall, Barrier dan MBarrier kepada dirinya sendiri, maka kalian perlu menggunakan DeBarrier secepatnya untuk meningkatkan damage. Saat HP Sephiroth dibawah 25%, dia akan menggunakan Heartless Angel, menyebabkan HP seluruh party menjadi 1, namun dapat kalian block. Skill dia yang paling ikonik tentunya Supernova, yang memiliki animasi skill terlama dan memberikan efek status secara acak ke seluruh party. Strategi melawan dia adalah memakai Ribbon, dan selalu menggunakan Wall dan Big Guard jika ada kesempatan. Kenakan materia terbaik kalian, khususnya Knights of the Round yang dapat menghabisi Sephiroth dengan cukup cepat.

Apakah kelima story boss tersulit Final Fantasy VII pilihan GameFever ID sesuai dengan kalian, atau kalian memiliki daftar tersendiri?

Related posts

DualShock 4 “Dapat” Digunakan Di Konsol PlayStation 5

clauscj

Final Fantasy XVI Dirumorkan Bakal Diungkap Dalam Waktu Dekat

MongJi

5 Rekomendasi Game Indie untuk Bulan Agustus 2020

clauscj