fbpx
GameFever ID
List

5 Perbedaan Dasar Game League of Legends: Wild Rift dengan Mobile Legends

Game besutan Riot Games yaitu League of Legends: Wild Rift kini sudah memasuki masa closed beta. Hal itu menandakan bahwa game yang diadaptasi dari versi PC-nya tersebut akan dirilis secara resmi oleh Riot Games dalam waktu dekat.

Banyak pemain MOBA Mobile seperti Mobile Legends, Arena of Valor, dan Vainglory mununggu-nunggu kedatangan game Wild Rift. Namun patut diketahui bahwa game Wild Rift sangat berbeda dengan game Mobile Legends yang saat ini tenar di Indonesia. Lalu perbedaan apa sajakah diantara Wild Rift dan Mobile Legends? Berikut daftar 5 perbedaan atara League of Legends: Wild Rift dengan Mobile Legends:

Item yang Tidak Dapat Dibeli di Jalan

Mungkin ini adalah perbedaan mendasar dan kesalahan yang paling sering pemain Mobile Legends lakukan saat memainkan game Wild Rift. Untuk membeli sebuah item dalam game Wild Rift maka pemain harus kembali menuju base-nya. Berbeda dengan game Mobile Legends yang mana dapat membelinya kapan saja dan di mana saja.

Pada awal dimulainya pertempuran pemain Wild Rift harus membeli item dahulu di dalam base. Jika pemain keluar base maka pemain tidak dapat membeli item dan harus kembali lagi ke dalam base. Oleh karena itu pemain harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan recall dan membeli items di dalam base. Dengan begitu maka kesempatan untuk melakukan comeback masih terbuka untuk tim yang kalah karena dibutuhkan waktu lebih bagi tim musuh untuk melakukan recall ke base dan membeli items.

Adanya Objektif Rift Herald, Baron, dan Dragon

Sama seperti dengan Mobile Legends yang mempunyai objektif monster, Wild Rift juga mempunyai objektif monsternya sendiri. Mereka adalah Rift Herald, Baron, dan Dragon. Rift Herald dan Baron Nashor berada di lane Baron. Rift Herald akan muncul lebih dahulu dan apabila berhasil dibunuh oleh tim maka dapat dipanggil untuk membantu melakukan push sama seperti Lord. Sedangkan Baron Nashor akan muncul di mid game untuk menggantikan Rift Herald. Baron Nashor akan memberikan efek buff kepada para pemain dan minion di dekatnya untuk mempercepat push yang dilakukan.

Sementara itu Dragon adalah objektif monster yang berada pada lane Dragon. Ada 4 tipe Dragon yang ada dalam Wild Rift dan mempunyai efek buff berbeda. Sementara itu pada late game akan ada Elder Dragon untuk mengantikan Dragon. Elder Dragon akan memberikan buff berlipat bagi pemain yang sudah pernah membunuh Dragon sebelumnya.

Role Champions yang Sudah Ditentukan

Berbeda dengan game Mobile Legends yang hero-nya dapat dimainkan sesuai kebutuhan tim. Dalam Wild Rift hampir setiap Champions atau hero sudah mempunyai role khusus. Role para Champions Wild Rift antara lain Toplaner (Baron Lane), Jungler, Midlaner, ADC (Marksman), dan Supports.

Selain itu setiap Champions biasanya juga mempunyai build item yang sudah ditentukan pula. Mulai dari Mage atau Ability Damage, ADC atau Physical Damage, Supports Healer, hingga Tank. Pemain harus menyesuaikan tipe Champions yang mereka gunakan untuk build item yang ingin mereka beli.

Hadirnya Ward dan Sistem Last Hit

Sistem Ward dan Last Hit dalam game Wild Rift ini diimplementasikan dari game versi PC-nya yaitu League of Legends. Berbeda dengan Mobile Legends yang tidak mempunyai Fog of War (area tersembunyi) selain di dalam semak-semak, di Wild Rift pemain tidak bisa melihat area dibalik dinding yang ada. Oleh karena itu hadir Ward yang dapat digunakan untuk memberikan vision di dalam map.

Selanjutnya Wild Rift juga mempunyai sistem Last Hit. Minion dan objektif yang berhasil dibunuh oleh pemain akan memberikan gold lebih banyak jika yang membunuh terakhir tersebut adalah sang pemain. Dengan melakukan Last Hit maka gold yang didapat juga akan lebih banyak dan item yang akan dibeli bisa didapatkan dengan cepat pula.

Munculnya Sistem Rune

Jika Mobile Legends mempunyai sistem Emblem maka Wild Rift mempunyai sistem Rune. Sistem Rune hampir sama dengan Emblem, perbedaanya adalah pada sistem Rune sudah dapat digunakan dan dipilih pemain sejak awal tanpa perlu menaikan level Emblem mereka. Jadi pemain lama dan pemain baru mempunyai Rune yang sama.

Perbedaan lainnya adalah Rune dalam Wild Rift dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan tipe permainan yang akan digunakan oleh setiap pemain. Jadi pemain lebih bebas untuk menggunakan Rune yang tersedia sesuai dengan gaya permainan dari Champions yang ingin mereka gunakan


Itulah tadi 5 perbedaan dasar dari League of Legends: WIld Rift dengan Mobile Legends. Dengan mengetahui perbedaan-perbedaan diatas semoga saja para pemain Mobile Legends yang ingin mencoba Wild Rift sedikit mengetahui game baru yang akan mereka mainkan tersebut. Selanjutnya mereka tidak akan terkejut dengan banyaknya perbedaan yang ada dan siap memainkan game League of Legends: Wild Rift.

Related posts

[Genshin Impact] Rute Farming Crystal Chunk

clauscj

[LoL: Wild Rift] Tips Bermain Nami Sebagai Supports Dragon Lane

Roni Istianto

[Genshin Impact] Build Keqing Terbaik Jadi DPS Electro

MongJi

Leave a Comment