fbpx
GameFever ID
List

5 Penyakit yang Sering Dialami Gamer

Bermain video game adalah hal yang mengasyikan dan sering dilakukan oleh banyak orang. Baik anak-anak hingga orang dewasa rela menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya untuk bermain video game. Apalagi saat ini dengan tren game mobile yang meningkat membuat video game tidak lagi didominasi oleh game komputer.

Meskipun mengasyikan dan menantang, gamer harus bisa mengatur waktunya untuk bermain. Mereka juga harus melakukan aktivitas lain selain duduk di depan gadget-nya memainkan game kesukaannya. Hal ini karena bermain game terlalu lama dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan kita. Berikut ini 5 penyakit yang sering diderita oleh gamer:

Baca Juga: Game Baru Buatan Hideo Kojima Dikabarkan akan Segera Diumumkan

Gangguan Penglihatan

Terlalu lama menatap layar monitor komputer ataupun HP dapat mengakibatkan gangguan penglihatan. Apalagi dengan tingkat kecerahan layar yang bertolak belakang dengan pencahayaan ruangan sekitar. Ini akan membuat mata kita menjadi lelah dan terganggu. Biasanya penyakit ini dinamakan Computer Vision Syndrome.

Gangguan penglihatan yang sering dialami oleh para pemain game ketika menatap layar terlalu lama sangat beragam. Mulai dari tidak bisa melihat dengan jelas dikejahuan (rabun), adanya garis-garis saat melihat sekitar, hingga warna sekitar mata menjadi hitam dan membuat kepala pusing karena efek mata yang kelelahan.

Sakit Punggung

Sebetulnya penyakit punggung atau nyeri punggung ini adalah penyakit yang sering diderita oleh orang yang duduk terlalu lama. Karena bermain game baik game komputer, mobile, maupun konsol PlayStation sering dilakukan dengan kondisi pemain duduk. Lama kelamaan rasa nyeri punggung akan diidap oleh para pemain game jika tidak melakukan aktifitas yang lainnya. Untuk mencegahnya, kalian harus sering-sering minum air putih jika sering duduk.

Sakit Kepala / Migrain

Sakit kepala juga menjadi salah satu penyakit yang sering diderita oleh gamer. Bermain video game secara terus menerus tanpa jeda istirahat atau melakukan aktivitas yang positif lainnya bisa jadi penyebabnya. Pada umumnya, otak dan tubuh akan lelah jika melakukan kerja yang berat secara terus menerus. Bermain video game merupakan aktivitas yang melelahkan juga bagi otak karena harus bekerja secara ekstra.

Rasa sakit kepala yang ditimbilkan dari terlalu sering bermain video game biasanya berlangsung secara perlahan-lahan. Mulai dari tubuh dan kepala menjadi terasa tidak nyaman dan berat, sakit kepala sebagian, hingga sakit kepala yang dapat membuat penderitanya merasa mual, muntah, dan ingin pingsan.

Cidera Tangan (Carpal Tunnel Syndrome)

Carpal Tunnel Syndrome adalah cidera di bagian pergelangan tangan yang sering diderita oleh gamer PC. Hal ini dikarenakan terlalu lama memegang mouse dan membuat pergelangan tangan didekat ibu jari tertekan terus dan mengakibatkan cidera. Gejala awal Carpal Tunnel Syndrome sulit disadari dan biasanya penderita baru merasakannya jika cidera sudah terlalu parah.

Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit yang menjadi momok bagi gamer PC profesional. Beberapa atlet esports yang terkenal di dunia harus memutuskan untuk pensiun dini karena penyakit ini. Contohnya adalah pemain League of Legends Hai “hai” Lam dan Kurtis Lau “Toyz” Wai-kin, serta pemain Dota 2 Clinton  Walker “Fear” Loomis.

Susah Tidur (Insomnia)

Insomnia atau gangguan tidur juga merupakan salah satu penyakit yang diderita oleh gamer. Bermain video game yang berlebihan membuat kinerja otak akan terus terpacu, bahkan saat ingin tidur terkadang otak kita masih memikirkan game yang kita mainkan. Hal ini menyebabkan kita akan kesulitan untuk tidaur meskipun sudah terbaring dan menutup mata di atas kasur.

Gangguan tidur mungkin terlihat sepele bagi kebanyakan orang. Namun karena masalah gangguan tidur tersebut akan menyebabkan beberapa penyakit lainnya kepada tubuh kita. Penyakit atau dampak yang dapat dialami karena insomnia antara lain tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit jantung, dan lain-lain.


Itulah tadi 5 penyakit yang sering diderita oleh gamer. Karena banyaknya bahaya yang ditimbulkan jika terlalu sering bermain video game, alangkah baiknya kita bisa mengatur waktu. Ada baiknya kita berolahraga, makan makanan yang sehat, dan beraktivitas diluar ruangan secara teratur untuk menjaga kondisi tubuh dan kesehatan.

Related posts

5 Fakta Menarik Battlefield 2042 yang Wajib Kalian Ketahui

Roni Istianto

Jujutsu Kaisen akan Segera Diadaptasi Jadi Game Mobile

Roni Istianto

Menangi Duel Filipina, Execration Juara MSC 2021

Roni Istianto

Leave a Comment