fbpx
GameFever ID
List

5 Game yang Ditunda Lebih Lama Dari Cyberpunk 2077

Penundaan kembali jadwal perilisan Cyberpunk 2077 memang sempat ramai dibicarakan oleh gamer seluruh dunia. Pasalnya, game racikan CD Projekt Red ini sudah beberapa kali mengalami penundaan. Padahal, mereka sempat membuat pernyataan bahwa Cyberpunk 2077 sudah “gone gold” alias rampung. Namun nyatanya, Cyberpunk 2077 kembali mengalami penundaan hingga akhir tahun.

Selain Cyberpunk 2077, banyak game-game populer yang mengalami penundaan. Bahkan waktu penundaannya lebih lama ketimbang Cyberpunk 2077. Berikut 5 game yang perilisannya ditunda lebih lama dari Cyberpunk 2077.

Legend Of Zelda: Breath Of The Wild

Game favorit gamer Switch ini juga mengalami penundaan yang cukup lama. Legend Of Zelda: Breath Of The Wild pertama kali diperkenalkan di 2014 dan akan dirilis di 2015 untuk Nintendo Wii U. Sayangnya Nintendo memutuskan untuk menundanya untuk 2016. Namun nyatanya, di 2016, Legend Of Zelda: Breath Of The Wild kembali ditunda karena ada masalah di engine.

Pada akhirnya, Nintendo memutuskan untuk merilis Legend Of Zelda: Breath Of The Wild sebagai launch game Nintendo Switch di 2017. Jadi setidaknya Legend Of Zelda: Breath Of The Wild ditunda selama setahun lebih.

Final Fantasy XV

Final Fantasy XV pertama kali diumumkan sebagai Final Fantasy Versus XIII di tahun 2006. Setelah bertahun-tahun dengan beberapa update dan trailer kecil di sana-sini, Square Enix menggantinya judulnya menjadi Final Fantasy XV di 2013. Sempat dijadwalkan rilis di September 2016, Final Fantasy XV akhirnya resmi dirilis hingga November 2016.

Pergantian tim inti dan perpindahan generasi platform, membuat Square Enix merombak kembali Final Fantasy XV termasuk menulis ulang cerita. Dari pertama kali diumumkan sebagai Final Fantasy XV, game ini baru dirilis secara penuh setelah 3 tahun lamanya.

Persona 5

Mengingat suksesnya Persona 5 yang sangat mengesankan bagi gamer, tidak mengherankan bila game ini dikembangkan selama lebih dari empat tahun. Seri kelima franchise Persona ini seharusnya meluncur di tahun 2014, sebelum akhirnya mengalami penundaan yang tidak terbatas. Persona 5 akhirnya dapat keluar dari “oven” di tahun 2016 dan menghasilkan kesuksesan. Persona 5 dipandang sebagai seri terbaik dari franchise Persona.

Developer P-Studio juga belum selesai dengan Persona 5 sampai pada akhirnya mereka merilis Persona 5 Royal yang menambahkan sekitar dua puluh jam konten ke cerita di tahun 2019.

Mighty No. 9

Keiji Inafune merupakan desainer Mega Man dan menjabat sebagai produser game Mega Man Legends. Dia mengumpulkan dana untuk membuat game baru dengan studio barunya setelah meninggalkan Capcom berjudul Mighty No. 9. Awalnya Mighty No. 9 dijadwalkan rilis di April 2015, namun mengalami beberapa penundaan dan baru dirilis secara penuh di Juni 2016.

Sayangnya, Mighty No. 9 tidak begitu mendapatkan respon yang cukup baik. Sebagian besar keluhan yang datang dari para pemain adalah desain level yang tidak menarik dan gameplay yang janky.

Max Payne 3

Setelah Max Payne 2 rilis, serial ini diteruskan ke Rockstar Games dan mereka mengumumkan game ketiga. Max Payne 3 dijadwalkan rilis pada 2009, namun sayangnya terus mengalami penundaan bahkan sempat menjadi tidak jelas. Baru akhirnya Max Payne 3 kembali dua tahun kemudian dengan lebih banyak trailer dan screenshot yang dibagikan.

Bahkan setelah sekian lama ditunda, Max Payne 3 dapat dirilis secara penuh pada Mei 2012. Penantian panjang tersebut juga pada akhirnya tidak sia-sia karena Max Payne 3 adalah salah satu game third person shooter terbaik yang pernah dibuat.

***

Itulah 5 judul game yang mengalami penundaan rilis lebih lama ketimbang Cyberpunk 2077. Semoga dengan mengalami penundaan beberapa kali, Cyberpunk 2077 dapat memenuhi ekspektasi gamer yang sudah lama menantikannya.

Related posts

Jadi Konsol Dengan Peluncuran Tersukses, Sony Bakal Tambah Stok PS5

MongJi

[Genshin Impact] Barang yang Harus Dipersiapkan Untuk Zhongli

MongJi

Dota 2 Bakal Kedatangan Hero Baru?

MongJi

Leave a Comment