fbpx
GameFever ID
List

5 Game yang Dibatalkan Karena Alasan Konyol

Terkadang, perilisan sebuah game memang tidak selalu mulus. Meski sudah direncanakan matang-matang, namun justru berakhir pembatalan yang pastinya membuat para penggemarnya kecewa. Alasan pembatalan perilisan game juga terkadang tidak masuk akal dan dianggap konyol oleh komunitas atau penggemarnya itu sendiri.

Dalam artikel kali ini, GameFever ID ingin membagikan kepada kalian semua game-game yang perilisannya terpaksa dibatalkan karena alasan yang konyol. Berikut daftarnya.

Star Fox 2

Star Fox sebenarnya salah satu judul andalan Nintendo pada saat itu. Seri pertamanya sendiri sukses di tahun 1993 dan kesuksesannya tersebut mendorong Nintendo untuk menggarap seri keduanya, yaitu Star Fox 2. Sayangnya, Nintendo terpaksa membatalkan untuk merilis Star Fox 2 di pasaran dan alasannya cukup konyol. Nintendo khawatir nantinya Star Fox 2 akan kalah bersaing karena grafis yang ditawarkan kalah jauh dengan konsol-konsol next-gen di era tersebut (PlayStation dari Sony dan Saturn dari SEGA). Padahal saat itu Star Fox 2 sudah rampung dan siap rilis di 1995.

Di tahun 2017, Star Fox 2 akhirnya bisa dirilis sebagai unlockable game di Super NES Classic Edition dan di 2019 game ini juga tersedia di Nintendo Switch via layanan Nintendo Switch Online.

Silent Hills

Silent Hills merupakan proyek terbaru dari Hideo Kojima dan akan menjadi judul ke-9 dari seri Silent Hill dan disiapkan untuk PlayStation 4. Tidak tanggung-tanggung, untuk mengerjakan proyek ini Hideo Kojima menggandeng Guillermo del Toro. Silent Hills juga sudah sempat diumumkan via P.T. (playable teaser) dan bahkan sudah tersedia di PlayStation Store di tahun 2014. Sayang, proyek ini justru dibatalkan oleh Konami pada April 2015 dan keputusan ini sempat dikritik oleh berbagai pihak. Pembatalan proyek Silent Hills ini karena sang kreator, Hideo Kojima, keluar dari Konami.

Setelah dibatalkan, Konami menghapus P.T. dari PlayStation Store dan menghilangkan kesempatan untuk men-install kembali. Sedangkan Hideo Kojima dan Guillermo del Toro justru bereuni dengan melahirkan Death Stranding di 2019.

Star Wars: Battlefront III

Sukses dengan dua seri Battlefornt di pasaran, LucasArt menggandeng Radical Design untuk menggarap seri ketiganya. Radical Design pun segera mengerjakannya dan sempat mengumumkan proyek ini ke publik di tahun 2006. Setelah sempat digarap, proyek Star Wars: Battlefront III justru dibatalkan di 2008. Alasan pembatalan Star Wars: Battlefront III karena tidak adanya kesepakatan internal dengan pihak LucasArt sendiri sebagai pemegang hak cipta Star Wars.

Prey 2

Kesuksesan seri pertamanya membuat Bethesda langsung memutuskan untuk membuat sekuelnya. Prey 2 diumumkan pertama kali di 2006 dan dikerjakan oleh Human Head Studios. Namun hingga 2009 ternyata penggarapan proyek ini masih juga belum dikerjakan dan di 2011 baru diperkenalkan secara resmi oleh Bethesda. Namun Bethesda justru membatalkan proyek Prey 2 di 2014.

Setelah dikonfirmasi, langkah pembatalan ini diambil oleh Bethesda sebab kualitas Prey 2 tidak sesuai standar mereka. Sebelum resmi dibatalkan, sebenarnya muncul rumor bahwa Bethesda akan mengganti tim developer Prey 2 dari Human Head Studios ke Arkane Studios.

Super Mario RPG 2

Kerja sama apik antara Square dan Nintendo sempat melahirkan game populer berjudul Super Mario RPG di tahun 1996 untuk konsol SNES. Franchise ini kemudian sangat populer dan membuat keduanya berencana membuat Super Mario RPG 2 di Nintendo 64 (N64). Proyek ini juga sudah sempat dikerjakan hingga tahun 1999. Namun proyek Super Mario RPG 2 ini justru dibatalkan. Alasan pembatalan ini terjadi karena Square lebih memilih bekerja sama dengan Sony untuk membuat game di konsol baru mereka, PlayStation.

Kegagalan Super Mario RPG 2 ternyata tidak membuat Nintendo menyerah. Mereka justru merombak ulang proyek ini dan lahirnya Paper Mario. Malahan Nintendo merilis seri terbaru Paper Mario berjudul Origami King yang rilis di Switch di Juli 2020 kemarin.

***

Itulah lima game yang dibatalkan karena alasan yang bagi kami cukup konyol. Padahal, banyak penggemar yang menantikan kehadirannya. Adakah di antara kalian yang menantikan salah satu game di atas?

Related posts

[Genshin Impact] Build Keqing Terbaik Jadi DPS Electro

MongJi

Rekomendasi Game Terbaru Rilis November 2020

MongJi

Ditunda Lagi, Cyberpunk 2077 Rilis Desember 2020

MongJi

Leave a Comment