fbpx
GameFever ID
List

5 Game Mobile Esports Paling Populer Di 2020 via Escharts

Perkembangan video games dan esports tiap tahun terus berkembang pesat. Meskipun di 2020 dunia dilanda pandemi COVID-19, namun jumlah penggemar esports tetap bertambah tinggi. Hal tersebut sudah termasuk dengan esports di game-game mobile populer. Beberapa turnamen offline maupun online sukses diadakan di tahun 2020 dengan merebutkan jumlah hadiah hingga milyaran Rupiah.

Jumlah penonton yang meningkat menadakan kepopuleran game-game mobile yang menjadi pesaing besar game PC ataupun game konsol. Berikut ini lima game mobile esports paling populer di 2020 kemarin versi Escharts:

Clash Royale

Game yang diproduksi oleh Supercell ini menjadi game mobile esports nomor 5 yang paling populer. Clash Royale dirilis pada tahun 2016 dan tahun kemarin sukses menyelenggarakan turnamen Clash Royale League World Finals 2020. Turnamen yang diadakan pada Desember 2020 di Tiongkok ini mempertandingkan 8 tim terbaik dari seluruh dunia. Total waktu yang dihabiskan untuk menyaksikan Clash Royale League World Finals 2020 disaksikan bahkan hampir 7 juta jam dengan 112 ribu penonton aktif bersamaan.

Arena of Valor

Arena of Valor (AoV) menjadi game mobile esports paling populer nomor 4 dunia di 2020 kemarin. Padahal di 2019 lalu, AoV menjadi game mobile paling populer di dunia. Penurunan jumlah pemain yang signifikan terjadi di wilayah Asia Tenggara. Meskipun begitu, Arena of Valor International Championship 2020 mampu menarik cukup banyak penonton. Turnamen yang memperebutkan hadiah hingga Rp 7 miliar ini ditonton hingga 670 ribu penonton di waktu bersamaan dengan jumlah jam tayang hampir 94 juta.

Mobile Legends

Di nomor ada game MOBA buatan Moonton, Mobile Legends. Di 2020 kemarin, jumlah pemainnya mengalamin peningkatan. Selain itu, AoV yan menjadi rival dengan genre serupa juga mengalami penurunan pemain yang cukup drastis. Sayangnya, kedua hal tersebut belum mampu menggangkat Mobile Legends untuk menggusur game ber-genre battle royale yang sangat populer di pasar game mobile. Turnamen MPL ID Season 6 yang dijadikan rujukan ditonton hingga 1,4 juta penonton di waktu bersamaan dengan total jam tayang mencapai 106 juta.

Free Fire

Game besutan Garena ini sepertinya mengalami peningkatan setiap tahunnya. Meskipun saat ini masih dalam bayang-bayang game PUBG Mobile, Free Fire mempunyai prospek yang besar di masa depan. Jumlah pemain Free Fire mengalami peningkatan yang sangat drastis di wilayah Amerika Selatan dan India.

Turnamen besar seperti Free Fire Continental Series EMEA 2020 juga sukses digelar pada November 2020 kemarin. Turnamen tersebut dibagi menjadi 3 wilayah dengan masing-masing memperebutkan total hadiah mencapai Rp 4,2 miliar. Free Fire Continental Series EMEA 2020 berhasil ditonton hingga 2,5 juta penonton di waktu bersamaan dengan jumlah jam tayang mencapai 132 juta.

PUBG Mobile

PUBG Mobile masih menjadi game mobile esports paling populer di dunia. Game garapanTencent ini dimainkan oleh jutaan pemain di seluruh dunia tiap harinya. Meskipun di 2020 kemarin masih banyak masalah, namun game PUBG Mobile sepertinya akan sulit dikalahkan dari puncak game mobile esports paling populer di dunia.

PUBG Mobile World League East menjadi turnamen yang paling banyak ditonton tahun lalu. Turnamen yang merupakan ajang kualifikasi untuk memperebutkan slot ke turnamen PUBG Mobile World Championship menarik banyak penonton. PUBG Mobile World League East disaksikan hingga 1,1 juta penonton di waktu yang bersamaan dengan jumlah jam tayang mencapai 134 juta.


Itulah tadi lima game mobile esports paling populer di 2020. Game-game di atas merupakan hasil survey dari Escharts, salah satu website statistik yang mengulas dunia esports. Di 2021 ini sepertinya persaingan akan semakin ketat lagi. Melihat banyaknya game baru yang sepertinya akan menjadi pesaing ketat, seperti seperti League of Legends: Wild Rift ataupun Apex Legends Mobile.

Related posts

Juara MSC 2021 Execration Dirumorkan Berusaha Jual Semua Pemainnya

Roni Istianto

Squad PUBG Mobile Indonesia di SEA Games 2021 Nantinya Berasal dari 1 Tim Esports

Roni Istianto

5 Game Mobile Buatan Tencent Games yang Populer di Indonesia

Roni Istianto

Leave a Comment