fbpx
GameFever ID
List

5 Game Kartu Online Paling Populer di Indonesia Tahun 2021

Digital Card Game atau yang lebih dikenal sebagai game kartu adalah salah satu genre yang cukup populer di Indonesia. Meskipun begitu kepopuleran game-game kartu masih kalah dibandingkan dengan genre esports lainnya seperti Battle Royale dan MOBA. Padahal game kartu juga mempunyai ekosistem esports-nya sendiri yang cukup menarik dan seru.

Digital Card Game juga sering disebut sebagai Trading Card Game (TCG) ataupun Collectible Card Game (CCG) yang diadaptasi dari game kartu di dunia nyata. Banyak pemain yang loyal dan memainkan game tersebut bertahun-tahun. Itulah faktor utama game ber-genre kartu masih tetap eksis di Indonesia.

Berikut ini 5 game kartu paling populer di Indonesia tahun 2021:

Baca Juga: Mau Menang? 4 Role di Free Fire ini Wajib Kalian Kuasai

Hearthstone

Hearthstone adalah game yang dirilis oleh Blizzard Entertainment di tahun 2014. Meskipun sempat menuai banyak kendala di awal perilisannya, namun kepopuleran Hearthstone semakin melesat. Salah satu alasannya adalah sedikitnya kompetitor dan keseriusan Blizzard dalam mengembangkan game ini pada waktu itu. Oleh karena itu semakin lama game ini semakin diminati oleh para pemain di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Hearthstone juga secara rutin menyelenggarakan turnamen-turnamen besar. Selain turnamen Grandmaster, Blizzard juga menyelenggarakan Hearthstone World Championship setiap tahunnya. Hadiah yang diperebutkan juga mencapai USD 500.000 atau sekitar Rp 7,2 miliar. Hearthstone juga pernah masuk sebagai cabang eksebisi esports di Asian Games 2018 saat berlangsung di Indonesia.

Legends of Runeterra

Legends of Runeterra merupakan game yang dikembangkan oleh Riot Games pada tahun 2020. Sejak awal perilisannya, Legends of Runeterra sudah mempunyai banyak pengikut dari seluruh dunia. Hal ini karena para pemain meyakini nantinya Legends of Runeterra akan menjadi pesaing terberat dari Hearthstone.

Selain itu Riot Games juga sudah mempunyai kualitas dalam mengembangkan game-game buatannya. League of Legends dan Teamfight Tactics yang dirilis lebih dahulu mempunyai basis pemain yang cukup tinggi. Terlebih lagi Riot Games juga merencanakan turnamen esports bersakala besar ke depannya.

Yu-Gi-Oh! Duel Link

Yu-Gi-Oh! Duel Links adalah game kartu online yang diadaptasi dari serial anime Jepang berjudul Yu-Gi-Oh!. Publisher yang merilis Yu-Gi-Oh! Duel Links sendiri adalah Konami di tahun 2016. Yu-Gi-Oh! Duel Links langsung mempunyai basis pemain yang tinggi karena kepopuleran seri anime-nya.

Konami juga mempunyai komitmen yang tinggi dalam mengembangkan Yu-Gi-Oh! Duel Links. Game ini mempunyai kartu-kartu yang up-to-date dan sistem permainan yang sesuai dengan seri anime-nya. Oleh karena itu game kartu Yu-Gi-Oh! yang lainnya tidak mampu menyaingi Yu-Gi-Oh! Duel Links ini.

Shadowverse

Shadowverse merupakan salah satu game kartu yang juga populer di Indonesia. Pertama kali dirilis di tahun 2016 oleh developer asal Jepang, Cygames. Shadowverse menawarkan permainan kartu bernuansa anime dengan karakter-karakternya. Oleh karena itu Shadowverse sangat populer di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, Cygames juga telah melakukan berbagai kolaborasi dengan beberapa serial anime terkenal. Mulai dari Fate/Stay Night hingga Love Live yang membuat kepopulerannya bertahan lama dan para pemain loyal terhadap game ini. Gameplay dari Shadowverse juga mudah untuk dipelajari dan hampir sama dengan gameplay Hearthstone.

Pokemon Trading Card Game Online

Game Pokemon TCG Online merupakan game yang populer baru-baru ini di Indonesia. Pokemon TCG Online sebetulnya sudah dirilis sejak lama yaitu sejak tahun 2011. Kepopuleran dari Pokemon TCG Online menanjak karena hadirnya Game Kartu Pokemon di Indonesia pada tahun 2019.

Pokemon TCG Online menjadi alternatif para pemain untuk mengasah kemampuannya bermain Game Kartu Pokemon. Selain itu para pemain juga bisa menyusun dan menjajal deck yang mereka miliki melalui game Pokemon TCG Online.


Itulah tadi 5 game kartu online paling populer di Indonesia. Kepopuleran dari game-game ber-genre kartu tersebut tidak lepas dari gameplay yang disajikan, developer, ekosistem esports, hingga kolaborasi yang dijalankan oleh game tersebut. Kita lihat saja bagaimana perkembangan game ber-genre kartu tersebut nantinya di Indonesia.

Related posts

Riot Games Umumkan Legends of Runeterra World Championship 2021

Roni Istianto

Free Fire akan Gantikan Dota 2 dalam Ajang SEA Games 2021

Roni Istianto

5 Game Mobile Baru untuk Menemani Puasa Ramadan 2020

MongJi

Leave a Comment