fbpx
GameFever ID
List

10 Film Hollywood Adaptasi Video Game Yang Menghibur

Menjelang rilisnya Marvel’s Avengers yang berdasarkan dari seri film Marvel Cinematic Universe (MCU) di bulan September ini, merupakan hal yang terbalik dari biasanya. Semenjak tahun 1993 dimana Hollywood mengadaptasi Super Mario Bros. ke layar lebar yang bisa dibilang gagal, para publisher game dan studio film tidak berhenti mengeluarkan film adaptasi dari franchise video game.

Beberapa film berusaha setia dan menyesuaikan dengan visual dan dunia video gamenya, seperti Street Fighter, Hitman, dan Doom. Beberapa film terkadang hanya mengambil judul dan membuat cerita baru, seperti Dungeon Siege dan rata-rata film garapan Uwe Boll lainnya. Hal ini memberikan stigma terhadap penilaian para fans terhadap film bioskop yang mengadaptasi suatu video game.

Namun tidaklah semua adaptasi selalu gagal, beberapa film mendapatkan review yang lumayan bagus dan menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Nama aktor-aktor terkenal terkadang membantu kesuksesan ini, dan film-film tersebut memiliki cerita yang menarik bagi non fans video game pun. Tim GameFever ID telah memilih 10 film Hollywood adaptasi video game yang menghibur hingga saat ini, berdasarkan dari tahun rilis:

1. Mortal Kombat (1995)

Setelah Double Dragon dan Street Fighter di tahun 1994, film bioskop Mortal Kombat pun dibuat saat genre fighting sedang naik daun. Bersumberkan dari Mortal Kombat dan Mortal Kombat II, kita dapat melihat Liu Kang, Johnny Cage, Sonya Blade, Sub-Zero, Scorpion dan karakter lainnya menjadi nyata. Dan juga beberapa gerakan fighting dan Fatality juga diperlihatkan, membuat para fans bernostalgia dan sangat terhibur.

2. Lara Croft: Tomb Raider (2001)

Lara Croft: Tomb Raider merupakan film adaptasi video game dengan biaya produksi termahal di masa itu, lebih dari 100 juta USD. Dengan menggunakan aktris Angelina Jolie yang sedang naik daun, Tomb Raider menjadi film adaptasi video game tersukses di pasaran di awal dekade 2000. Tapi sayangnya penggambaran karakter utama Lara Croft dan aksi petualangan di film kurang mirip dengan seri game nya. Kalian juga dapat melihat aktor Daniel Craig sebelum menjadi agen 007 di film ini.

3. Resident Evil (2002)

Film Resident Evil adalah film adaptasi video game dari sutradara film Mortal Kombat pertama, menggunakan sumber dari Resident Evil, Resident Evil 2 dan Resident Evil 3: Nemesis. Dengan menciptakan karakter utama baru bernama Alice dan juga kisah yang berbeda dengan seri game nya, Resident Evil terasa segar dengan tetap mempertahankan atmosfir survival horror. T-Virus, zombie, dog zombie, licker semua ada untuk menakutkan kalian saat menonton film ini.

4. Silent Hill (2006)

Dengan kesuksesan seri franchise film Resident Evil milik Capcom, maka kompetitor Konami juga tertarik untuk merilis film layar lebar seri horror mereka. Dengan menggunakan suara original dari seri game, penampakan Pyramid Head dan Nurse yang akurat, dan nuansa kota yang penuh kabut abu, film Silent Hill sangat mirip dengan video game nya.

5. Prince of Persia: The Sands of Time (2010)

Setelah film Far Cry gagal di pasaran, Ubisoft mencoba kembali dengan seri game Prince of Persia. Walau memiliki judul yang sama dengan gamenya, film Prince of Persia: The Sands of Time menceritakan petualangan yang baru dan berbeda. Menggunakan aktor-aktor Hollywood terkenal seperti Jake Gyllenhaal, Gema Aterton, Ben Kingsley dan lainnya, Prince of Persia: The Sands of Time merupakan film adaptasi video game tersukses di permulaan dekade 2010.

6. Warcraft (2016)

Warcraft III: Reign of Chaos, Warcraft III: The Frozen Throne dan game MMORPG World of Warcraft merupakan salah satu franchise game tersukses di dunia dan memiliki fans yang sangat setia. Oleh karena itu saat film Warcraft rilis langsung menjadi film adaptasi tersukses hingga saat ini, mengalahkan Prince of Persia: The Sands of Time yang sebelumnya memegang rekor. Dengan kisah asal mula perang antara Human dengan Orc, film Warcraft menceritakan bahwa kedua sisi memiliki sisi baik dan buruk masing-masing. Hingga saat ini belum ada informasi mengenai film lanjutannya.

7. Assassin’s Creed (2016)

Melihat kesuksesan Prince of Persia: The Sands of Time, Ubisoft ingin meneruskan adaptasi franchise seri game milik mereka lainnya. Menceritakan karakter dan kisah baru, film Assassin’s Creed ingin menarik fans non seri gamenya. Menggunakan deretan aktor terkenal Michael Fassbender, Marion Cotillard, Jeremy Irons dan lainnya membuat film ini cukup layak ditonton terlepas kalian memainkan gamenya atau tidak.

8. Tomb Raider (2018)

Mengikuti kesuksesan reboot Tomb Raider di tahun 2013 hingga menjadi seri trilogi, maka Square Enix ingin me”reboot” film bioskop nya juga. Mengikuti tema dan dunia gamenya, petualangan Lara Croft versi baru terlihat lebih realistis dan bukan sekedar muka cantik belaka. Dengan hasil yang cukup memuaskan di pasaran, film lanjutan sudah diumumkan dan akan rilis di tahun 2021.

9. Detective Pikachu (2019)

Merupakan film live-action layar lebar pertama, Detective Pikachu (atau Pokémon Detective Pikachu) menggunakan ketenaran aktor Ryan Reynolds (Deadpool) untuk mensukseskan film ini. Dan strategi ini sangat sukses, Detective Pikachu mendapatkan review yang cukup bagus dari media dan meraup keuntungan di bawah sedikit dari film Warcraft. Bagi para fans seri game Pokémon tentunya akan tersenyum nostalgia sepanjang menonton film. Film lanjutan telah diumumkan tanpa menyebut tahun yang pasti.

10. Sonic the Hedgehog (2020)

Merupakan film adaptasi dari video game terbaru di tahun 2020 ini, film Sonic the Hedgehog telah direncanakan jauh dari tahun 1993. Namun dengan kegagalan film Super Mario Bros. dan Street Fighter maka proyek film sang landak kilat ini diundur terus. Dengan desain yang lebih berbentuk mirip manusia, Sonic sempat mendapat reaksi yang sangat buruk dari para fans, menyebabkan tanggal rilis film diundur. Saat rilis bulan Februari lalu, Sonic the Hedgehog mendapatkan review yang bagus dari para media dan sukses meraup keuntungan. Para fans dan non fans seri game akan terhibur melihat kelucuan Sonic, Dr. Robotnik dan karakter lainnya. Kesuksesan ini menghasilkan pengumuman film lanjutannya yang direncanakan akan tayang di tahun 2022.

Sudahkah kalian menonton semua 10 film adaptasi dari video game di atas? Atau kalian memiliki daftar favorit tersendiri?

Related posts

Kartu dan Plush Toys Pikachu Berkemeja Batik Hadir di Bali

MongJi

Prince of Persia: The Sands of Time Remake Siap Rilis di 2022

MongJi

Kerja Sama dengan Street Fighter, Free Fire Bawa Chun-Li dan Ryu

Roni Istianto

Leave a Comment