fbpx
GameFever ID
Fun Thread

5 Virus Penyakit yang Jadi Cerita Utama Video Game

5 Virus Penyakit yang Jadi Cerita Utama Video Game

Di awal 2020 ini dunia memang dikejutkan dengan pemberitaan soal coronavirus yang mengancam kesehatan manusia di bumi. Penyebarannya yang cukup cepat, membuat umat manusia harus siaga dengan ancaman coronavirus. Tidak hanya di dunia nyata, di video game pun kerap menggunakan virus penyakit untuk menjadi latar belakang cerita utama.

Dalam kesempatan kali ini, GameFever ID ingin membagikan judul game yang menggunakan virus penyakit menjadi cerita utama. Simak ya.

Dying Light

5 Virus Penyakit yang Jadi Cerita Utama Video Game
Zombie di Dying Light.

Virus menjadi biang ancaman di game garapan Techland ini. Cerita utama yang diangkat oleh Dying Light adalah sebuah virus yang menyerang kota padat penduduk bernama Harran. Padatnya kota menjadi salah satu faktor virus tersebut menyebar dengan cepat dan membuat sebagaian penduduk berubah menjadi seperti zombie yang sangat agresif.

Menurut cerita dalam permainan, virus yang akhirnya juga disebut Harran Virus ini merupakan mutasi dari virus rabies. Harran Virus sangat tidak suka dengan cahaya dan bakal mati bila terkena sinar ultraviolet secara langsung.

The Division

5 Virus Penyakit yang Jadi Cerita Utama Video Game
Dollar Flu menjadi penyebab kekacauan yang terjadi di The Division.

Meskipun wabah virus yang biasanya diceritakan dalam video game adalah sebuah fantasi, namun contoh paling mengerikan adalah yang sebenarnya bisa terjadi dalam kenyataan. The Division berkisah tentang kota Manhattan dan beberapa kota lainnya di dunia yang diserang oleh wabah virus cacar.

Uniknya, virus ini ditularkan melalui uang kertas yang terkontaminasi dan tersebar ketika event belanja terbesar, Black Friday, berlangsung. Virus yang kemudian disebut “Green Poison” atau “Dollar Flu” ini membuat penduduk panik dan menimbulkan kekacauan di mana-mana.

Resident Evil

5 Virus Penyakit yang Jadi Cerita Utama Video Game
Virus yang disebarkan lewat senjata biologis mengubah manusia menjadi zombie.

Resident Evil merupakan salah satu waralaba terlaris dari Capcom dan juga disebut-sebut sebagai “bapaknya” game horor. Benang merah dari Resident Evil sendiri adalah wabah virus yang mengubah sebagian populasi menjadi zombie. Virus tersebut diyakini sebagai senjata biologis yang diam-diam dikembangkan oleh perusahaan farmasi bernama Umbrella.

Namun seiringnya seri ini berjalan, ceritanya pun berkembang dan tidak hanya satu virus saja yang jadi latar belakang cerita. Selain virus-virus yang mengubah manusia menjadi zombie, Resident Evil juga pernah memakai parasit mengerikan sebagai cerita.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Mengenai The Last of Us

The Last of Us

5 Virus Penyakit yang Jadi Cerita Utama Video Game
Penampilan Infected yang disebabkan oleh jamur Cordyceps.

Sama seperti The Division, kejadian di The Last of Us sangat bisa terjadi di kehidupan nyata. Game ini bercerita tentang wabah virus yang berasal dari jamur Cordyceps dan menyerang Amerika Serikat. Virus tersebut bermutasi, menjadikan manusia sebagai inangnya dan mengubahnya menjadi makhluk agresif yang disebut Infected.

Sekedar informasi, jamur Cordyceps ini sebenarnya ada di kehidupan nyata. Bahkan cara kerjanya pun mirip di mana virus ini juga mengendalikan otak inangnya.

Plague Inc. Evolved

5 Virus Penyakit yang Jadi Cerita Utama Video Game
Di game ini pemain dapat menciptakan virus penyakit dan menyebarkannya.

Dari semua game yang disebut di atas, game ini bisa dibilang yang sangat nyata. Plague Inc. Evolved adalah versi remake dari Plague Inc. dan merupakan sebuah game simulator yang memungkinan pemain menciptakan dan mengembangkan penyakit untuk menghancurkan dunia dengan wabah mematikan.

Maraknya kasus coronavirus saat ini juga mendongkrak penjualan Plague Inc. Alasannya banyak orang yang penasaran dengan peta penyebaran coronavirus. Padahal sang developer, Ndemic Creations, mengingatkan bahwa game mereka bukanlah simulasi akurat. Mereka juga mengingatkan untuk mendapatkan informasi yang akurat dari pihak yang berwenang.

***

Itulah judul game yang memakai virus sebagai latar belakang cerita. Semoga kasus coronavirus ini dapat terselesaikan dengan baik dan orang-orang yang terjangkit juga bisa sehat kembali.

Related posts

Screenshot Bocor, Resident Evil 3 Remake Ungkap Musuh Menyeramkan

MongJi

10 Rekomendasi Game Terbaru Rilis Maret 2020

MongJi

5 Proyek Game Shooter Paling Dinantikan di 2020

MongJi