fbpx
GameFever ID
Fun Thread

10 Game JRPG PS2 Terbaik Versi GameFever ID

PlayStation 2 (PS2) merupakan salah satu konsol PlayStation yang dibilang sukses setelah PlayStation (PS). Banyak game bagus dengan peningkatkan grafis dibanding dengan konsol sebelumnya menjadi andil besar atas kesuksesan PS2.

Dalam artikel kali ini GameFever ID ingin mengajak sedikit bernostalgia dengan game-game JPRG yang kami anggap terbaik dan pernah dirilis untuk PS2. Penasaran? Yuk langsung aja kita bernostalgia.

1. Dark Cloud Series

Karya besutan Level-5 yang satu ini selalu dekat dihati GameFever ID. Seri pertama dan kedua Dark Cloud kurang lebih memiliki mekanik yang sama, tetapi dikemas dengan karakter dan cerita yang berbeda. Game action RPG ini punya mekanik unik yang membuat game-nya sangat berkesan, yaitu senjata yang bisa berevolusi, dungeon yang random, serta simulasi membangun gedung. Semua mekanik ini dipadukan dengan apik oleh Level-5 dan menjadikan seri Dark Cloud pilihan pertama kami. Rumor mengenai sekuel ketiga untuk game ini sempat muncul pada 2009 lalu. Sayang rumor ini langsung dibantah oleh CEO Level-5, Akihiro Hino, pada 2017 kemarin.

2. Shadow Hearts Series

Shadown Hearts ikut menghilang bersamaan dengan studio pembuatnya, Nautilus pada 2007 lalu. Game RPG ini terkenal dengan mekanik Judgement Ring-nya yang membutuhkan presisi untuk bisa melakukan semua aksi. Tidak hanya itu, karakter utama dalam game ini memilliki kemampuan unik yang mampu berubah berubah menjadi monster dengan melakukan fusion untuk melawan musuh. Karakter dan komedi jadi salah satu poin utama dalam Shadown Hearts. Walaupun temanya cukup gelap, komedinya yang konyol malah membuat Shadown Hearts ini menyenangkan.

3. Radiata Stories

Satu lagi game yang kental dengan komedinya, Radiata Stories besutan tri-Ace ini adalah game action RPG yang punya cerita cukup pelik. Jak, karakter utama di game ini berada di tengah-tengah perang antara manusia dan non manusia. Ada 176 karakter yang bisa direkrut di Radiata Stories. Masing-masing karakter tersebut juga memiliki cerita yang unik. Meski gameplay-nya terbilang simpel, art, musik dan karakter jadi daya tarik utama di Radiata Stories.

4. Jade Cocoon 2

Game mengoleksi monster ini jadi salah satu game klasik di PS2. Game ini berkutat pada pencarian telur monster dan menggabungkan mereka untuk mendapatkan monster yang lebih kuat lagi. Pertarungan di game ini terbilang unik. Pertarungan berkutat pada 4 elemen dan kemampuan monster-monster ini ditentukan oleh peletakan mereka di medan perang. Monster hanya akan menyerang bila diletakan di area dengan elemen yang sama. Fitur ini membuat Jade Cocoon 2 lebih strategis dari game pertama.

5. Rogue Galaxy

Satu lagi game action RPG karya Level-5 yang terbaik menurut GameFever ID. Rogue Galaxy punya beragam fitur yang benar-benar membuat permainannya tidak membosankan. Selain pertarungannya yang unik dengan boss battle yang beragam, Rogue Galaxy juga mengadaptasi fitur senjata yang dapat berevolusi seperti di Dark Cloud. Level-5 juga menambahkan fitur crafting dengan elemen puzzle yang benar-benar menantang. Elemen komedi juga sangat kental di game ini. Apalagi itu juga digabung dengan ceritanya yang bertema perompak luar angkasa dan ragam karakter yang kalian temui. Itu semua menjadi salah satu alasan kenapa Rogue Galaxy begitu berkesan untuk penggemar game JRPG di zaman PS2 dulu.

6. Arc The Lad: The Twilight of Spirit

Game ke empat dari Arc The Lad ini melanjutkan cerita dari trilogi yang pernah dirilis di PS. Kalian tidak perlu memainkan trilogi pertama untuk bisa menikmati Arc The Lad: The Twilight of Spirit. Keunikan di game ini terdapat pada sistem pertarungannya yang berbeda dari trilogi sebelumnya. Karakter bergerak dalam area radial dan pertarungan juga banyak dipengaruhi oleh ketinggian, jenis area medan dan juga arah serang. Poin utama di Arc The Lad: The Twilight of Spirit adalah cerita yang dilihat dari dua sudut pandang berbeda. Pertama dari sisi manusia dan kedua dari sisi Deimos. Kedua ras ini membenci satu sama lain dan berkutat pada usaha mereka untuk menghancurkan satu sama lain.

7. Suikoden 3

Suikoden bukan nama yang asing untuk penggemar JRPG di dunia. PS2 pun tetap kebagian tiga game utama dari seri ini. Masing-masing game-nya hadir dengan keunikan tersendiri dan penyampaian cerita yang beragam. Suikoden 3 dapat dimainkan melalui tiga karakter dengan sudut pandang tersediri. Suikoden 3 mengijinkan kalian untuk mengumpulkan 108 karakter tanpa harus dikejar oleh waktu dan hanya bergantung dari keputusan-keputusan yang kalian buat.

8. Xenosaga Series

Selain PS, PS2 juga mendapatkan seri “Xeno”. Meski tidak berhubungan, keduanya digarap oleh Tetsuya Takahasi. Di PS2, seri Xenosaga dibagi menjadi tiga episode. Cukup banyak memang, tetapi ini dirasa wajar karena seri Xenosaga memang menyuguhkan cerita yang bagus. Bahkan game pertamanya pernah mendapatkan adaptasi berupa manga dan anime. Gameplay-nya mungkin tidak begitu berbeda dengan game JRPG lainnya yang rilis di PS2. Meskipun begitu, serial Xenosaga masih sangat direkomendasikan buat kalian yang belum pernah mencoba sebelumnya.

9. Front Mission 4 & 5

Buat kalian yang suka mecha, pasti mengenal dua game ini. Front Mission 4 dan Front Mission 5: Scars of the War merupakan dua seri Front Mission yang dirilis untuk PS2. Ceritanya pun masih berkutat dengan mecha atau robot. Gameplay kedua game ini juga masih meminjam beberapa mekanisme dan fitur yang ada di Front Mission 2. Tetapi karena ada perubahan dari sisi grafis menjadikan kedua game ini dicintai penggemar termasuk GameFever ID. Ada yang pernah main Front Mission 4 dan Front Mission 5: Scars of the War di PS2 dulu?

10. Grandia 2 & 3

Grandia 2 memang bukan game JRPG yang benar-benar untuk PS2. Grandia 2 awalnya dirilis untuk konsol Dreamcast. Meski begitu, Grandia 2 dan Grandia 3 masuk dalam daftar JRPG terbaik yang rilis di PS2 bagi GameFever ID. Keduanya menyuguhkan cerita yang wajib sekali kalian ikuti. Gameplay-nya pun mirip dengan seri Final Fantasy yang membatasi gerakan karakter pemain ketika pertarungan. Buat kalian yang penasaran, Grandia 2 dirilis kembali untuk Nintendo Switch pada Agustus lalu.

Itulah 10 game JRPG terbaik yang masuk dalam daftar GameFever ID pribadi. Adakah kalian yang pernah main salah satunya? Atau mungkin kalian bisa menyebutkan seri lainnya di kolom komentar.

Related posts

Inilah Para Pemenang Ajang The Game Awards 2019

MongJi

Ghost of Tsushima Ungkap Jadwal Rilis!

MongJi

Microsoft Umumkan Senua’s Saga: Hellblade 2 untuk Xbox Series X

Aldurrr

Leave a Comment