fbpx
GameFever ID
eSports List

5 Turnamen Esports dengan Hadiah Terbesar Sepanjang Sejarah

Dunia esports tiap tahun kian berkembang pesat diberbagai belahan dunia. Banyak turnamen-turnamen esports kelas internasional diadakan dan diikuti oleh tim-tim terbaik dari negara-negara peserta. Hadiah yang ditawarkan juga semakin lama semakin menggiurkan karena besarnya meningkat pesat. Mulai dari jutaan hingga ratusan miliar Rupiah diperebutkan oleh para atlet esports.

Berikut ini 5 turnamen esports dengan total hadiah terbesar sepanjang sejarah:

Dota 2 – The International 2019 (USD 34,3 Juta / Rp481 Miliar)

Dota 2 dengan turnamen akbar tahunannya yaitu The International memegang rekor sebagai turnamen esports dengan hadiah terbesar. Hadiah yang diperebutkan dalam turnamen tersebut mencapai Rp481 miliar di 2019. Valve selaku sang publisher menerapkan sistem crowdfunded lewat penjualan item in-game Dota 2 kepada para pemainnya di seluruh dunia yang sebagian dimasukan sebagai prize pool The International.

Tim OG adalah tim Dota 2 yang berhasil menjuarai turnamen The International 2019. Di partai final, OG berhasil mengalahkan musuh bebuyutannya, Team Liquid. Dengan kemenangan tersebut, OG berhasil membawa pulang hadiah hingga Rp218 miliar. Sayangnya, The International 2020 gagal digelar karena pandemi COVID-19.

Fortnite – The 2019 Fortnite World Cup (USD 30,4 Juta / Rp425,9 Miliar)

Turnamen game dengan hadiah terbanyak kedua adalah Fortnite. Dalam turnamen Fortnite World Cup 2019 hadiah yang diperebutkan mencapai Rp425,9 miliar. Hadiah besar tersebut dibagi menjadi beberapa kategori turnamen antara lain solo, duo, creative, dan pro-am. Pemain Fortnite dari Amerika Serikat yaitu Kyle “Bugha” Giersdorf yang berhasil memenangkan turnamen solo Fortnite World Cup 2019 berhasil membawa pulang hadiah sebesar Rp 42 miliar. Sayangnya ditahun 2020 kemarin Epic Games tidak mengadakan turnamen Fortnite World Cup karena pandemi COVID-19.

League of Legends – LoL 2018 World Championship (USD 6,45 Juta / Rp90 Miliar)

League of Legends menjadi game penyelenggara turnamen esports dengan hadiah terbesar ketiga. Total hadiah yang diperebutkan dalam turnamen LoL World Championship 2018 mencapai Rp90 miliar. Riot Games selaku publisher juga menggunakan sistem crowdfunded dalam menyelenggarakan turnamen LoL Wolrd Championship. Sayangnya item yang dijual oleh Riot Games tidaklah terlalu banyak.

Arena of Valor – Honor of Kings World Champion Cup 2020 (USD 4,6 Juta / Rp64,5 Miliar)

Honor of Kings World Champion Cup 2020 menjadi turnamen game mobile dengan hadiah terbesar. Turnamen yang lebih dikenal sebagai di Arena of Valor tersebut memperebutkan total hadiah hingga Rp64,5 miliar. Sayangnya turnamen tersebut hanya diselenggarakan untuk tim-tim Arena of Valor dari negara Tiongkok saja. Sedangkan turnamen Arena of Valor yang diselenggarakan untuk tim-tim AoV dari seluruh dunia yaitu Arena of Valor International Championship 2020 hanya memperebutkan hadiah sebesar Rp7 miliar.

Call of Duty – Call of Duty League Championship 2020 (USD 4,5 Juta / Rp 63 Miliar)

Game Call of Duty menjadi game kelima yang berhasil menyelenggarakan turnamen yang mempersembahkan hadiah besar. Turnamen tersebut merupakan turnamen dengan hadiah terbesar untuk game bergenre FPS. Pada turnamen Call of Duty League Championship 2020 hadiah yang diperebutkan mencapai Rp63 miliar.

Game Call of Duty merupakan salah satu game yang sangat terkenal di Amerika Utara dan sebagian negara di Eropa. Sayangnya game tersebut tidak terlalu populer untuk pemain-pemain di negara Asia dan Amerika Selatan. Meskipun begitu Call of Duty mampu memberikan turnamen spektakuler dengan hadiah yang cukup besar.


Itulah tadi game-game yang berhasil menyajikan turnamen berskala besar dengan jumlah hadiah yang diperebutkan cukup besar. Patut diapresiasi pada developer game dan komunitas dengan menciptakan turnamen-turnamen yang megah dan meriah. KIta lihat saja apakah pada tahun 2021 ini akan ada turnamen dengan hadiah besar yang mencapai ratusan miliar Rupiah.

Related posts

Tidak Didukung Pemerintah Swedia, Turnamen The International Terancam Batal

Roni Istianto

Lewat Pertarungan Sengit, T1 Juarai Dota 2 ESL One Summer 2021

Roni Istianto

5 Game Mobile Buatan Tencent Games yang Populer di Indonesia

Roni Istianto

Leave a Comment